Mengenal Garam Tersembunyi Dalam Makanan yang Bisa Sebabkan Hipertensi


Normalnya, konsumsi garam yang baik menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah 5 gram per hari, setara dengan 1 sendok teh. Namun tanpa disadari konsumsi harian ini bisa bertambah dari makanan yang dianggap tidak asin namun ternyata memiliki kandungan garam.

(0)
28 May 2021|Azelia Trifiana
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
French fries mengandung garam yang tinggiFrench fries mengandung garam yang tinggi
Pernahkah Anda bertanya, berapa banyak rata-rata konsumsi garam Anda per hari? Padahal, batas konsumsi garam yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah maksimal 5 gram per hari atau setara dengan 1 sendok teh saja (sekitar 2300 mg natrium).

Mengapa jumlah garam dibatasi?

Garam yang berlebih erat kaitannya dengan peningkatan resiko hipertensi (tekanan darah tinggi). Di Indonesia sendiri, data hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 menunjukkan bahwa 3 dari 10 orang Indonesia ternyata hidup dengan hipertensi berdasarkan hasil pengukuran tekanan darah.Hipertensi penting diwaspadai karena merupakan salah satu faktor resiko terjadinya serangan jantung, stroke, gagal jantung ataupun gagal ginjal. Oleh karena itu, kelebihan garam memang perlu sekali Anda hindari.

Dari mana kelebihan garam Anda?

Sumber utama kelebihan konsumsi garam bagi negara-negara Asia, termasuk Indonesia, adalah dari garam yang digunakan untuk memasak dan juga ditambahkan saat makan yaitu mencapai 72-76% total asupan garam harian.Sebagai contoh, kandungan garam pada 1 mangkuk mie ayam adalah sekitar 740 mg natrium dan ini sudah mencapai 32% dari batas maksimal konsumsi garam harian Anda.Makanan lain yang tinggi garam dan umum dikonsumsi adalah mie instan, dengan kandungan garamnya bervariasi antara 1110 mg natrium hingga 2400 mg natrium (sekitar 48-100% dari batas konsumsi harian).Selain pada makanan yang dianggap “asin”, ternyata beberapa makanan manis seperti donat juga mengandung garam yang cukup tinggi yaitu sekitar 246 mg natrium (11% dari batas konsumsi harian).Selain itu, 1 sendok makan kecap manis ternyata dapat mengandung 561 mg natrium, dan pastinya jumlah yang Anda tambahkan saat memasak akan lebih dari 1 sendok.  Tabel di bawah menunjukkan berbagai macam makanan dan kandungan garam yang dimilikinya.
Hamburger530 mg sodium per buah
Ikan asin432.5 mg sodium per potong
Sup dengan daging670.5 mg sodium per porsi
Saos tomat217 mg sodium per sendok makan
French fries290 mg sodium per porsi sedang
Roti sosis367.5 mg sodium per buah
Sekarang, kita tahu bahwa banyak sekali “garam yang tersembunyi” pada makanan yang kita konsumsi. Untuk menghindarinya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan memilih makanan yang kandungan garamnya lebih rendah. Tujuannya untuk menjaga kesehatan dan menghindari resiko hipertensi sedari dini.Coba pilih mie instan yang lebih sehat dan lebih rendah garam. Saat ini sudah tersedia di pasaran pilihan mi instan shirataki dengan rasa yang enak dan kalori yang lebih rendah, sehingga cocok untuk diet ataupun yang diabetes.Memilah makanan asin yang akan Anda konsumsi dan menjaga pola hidup sehat akan membantu Anda terhindar dari risiko hipertensi.
hipertensitekanan darah tinggidarah tinggiadv tropicana slim
  1. Salt intake, stroke, and cardiovascular disease: meta-analysis of prospective studies. 2009. British Medical Journal; 339:b4567
  2. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  3. Riset Kesehatan Dasar Indonesia 2018
  4. American Heart Association
  5. Sodium Reduction and Its Effect on Food Safety, Food Quality, and Human Health. 2010. Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety 9: 44-56.
  6. Singapore Nutrient Database
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait