Garam inggris juga berwarna putih, yang mirip dengan garam dapur
Garam inggris memiliki warna putih yang mirip dengan garam meja

Saat badan sedang pegal-pegal, enak rasanya kalau berendam dalam air hangat, apalagi jika airnya dicampur garam. Tapi bukan garam dapur biasa, Anda perlu memakai garam inggris atau garam Epsom.

Ya, garam inggris sudah sejak lama digunakan untuk relaksasi sekaligus penyembuhan, dan banyak menganggapnya manjur. Hanya dengan mandi berendam pakai air hangat bercampur garam inggris, efek kesehatan yang didapat bisa beragam.

Apa itu garam inggris?

Garam Epsom, atau lebih dikenal dengan garam inggris di Indonesia, adalah jenis garam yang banyak digunakan untuk mandi atau berendam. Orang-orang menyebutnya Epsom karena garam ini pertama kali ditemukan di mata air alami di Epsom, Surrey, Inggris.

Meski disebut garam dan bentuknya mirip dengan garam meja, garam inggris bukanlah penyedap masakan. Garam ini mengandung magnesium dan sulfur, dengan rasa yang pahit. Jikapun ingin mengonsumsinya, Anda perlu melarutkannya terlebih dulu dengan banyak air.

Di samping untuk mandi berendam, garam inggris juga biasanya dapat ditemukan dalam aspirin maupun obat pencahar.

Garam inggris juga berbeda dengan garam kristal atau garam mandi. Seringkali, pemakaian garam kristal ditambah dengan minyak, pewarna, dan pewangi. Sementara garam inggris tidak perlu ditambahkan apapun.

Apa saja manfaat garam inggris?

Ketika dilarutkan dalam air, garam inggris akan terurai menjadi magnesium dan sulfat. Teorinya, jika Anda berendam dengan larutan garam ini, kandungan partikelnya dapat diserap oleh kulit.

Meski klaim tersebut belum terbukti secara ilmiah, garam Epsom tetap banyak digunakan untuk berendam. Tak sedikit juga orang yang memanfaatkannya untuk tujuan kecantikan, yakni dengan cara mengoleskannya ke kulit.

Untuk lebih jelasnya, mari simak sederet manfaat garam inggris yang telah dipercaya sejak dulu di bawah ini:

  • Meredakan nyeri dan bengkak pada sendi

Garam inggris dapat membantu orang-orang yang memiliki rheumatoid arthritis, penyakit asam urat, dan lupus. Salah satu gejala umum dari kondisi-kondisi ini adalah nyeri dan bengkak pada sendi.

Diduga, zat magnesium yang terkandung dalam garam Epsom dapat membantu tubuh dalam membuang racun yang memicu rasa nyeri, bengkak, dan kaku pada sendi. Tak hanya itu, kebaikan garam ini juga bisa didapatkan oleh Anda yang mengalami nyeri otot setelah berolahraga.

  • Mengelupas sel-sel kulit mati

Penumpukan sel-sel kulit mati bisa membuat kulit terlihat kusam. Agar kulit tampak lebih segar dan sehat, Anda dapat melakukan garam inggris sebagai scrub wajah. Dengan ini, sel-sel kulit mati bisa berkurang.

Beberapa orang juga memanfaatkan garam ini untuk membasuh wajah. Pasalnya, garam Epsom dianggap mampu membersihkan pori-pori wajah.

Garam inggris dapat pula menenangkan kulit yang mengalami eksim dan psoriasis. Tapi Anda sebaiknya berkonsultasi dokter kulit terlebih dulu sebelum menggunakannya supaya kondisi kulit tidak makin memburuk.

  • Mengurangi stres

Manfaat garam inggris selanjutnya adalah untuk mengurangi stres. Khasiat ini juga berasal dari kandungan magnesium di dalamnya.

Kadar magnesium yang cukup dalam tubuh dapat meningkatkan neurotransmiter pada otak. Senyawa kimiawi ini mampu memengaruhi emosi seseorang dan berperan dalam membantu tidur lebih nyenyak serta menurunkan tingkat stres.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengelola kadar magnesium dalam tubuh dapat membantu Anda untuk mengelola stres yang mendera.

  • Mengatasi susah buang air besar

Konstipasi atau sembelit terjadi ketika frekuensi buang air besar Anda mengalami penurunan. Mengonsumsi garam inggris dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasinya.

Meski begitu, Anda tidak boleh mengonsumsi garam ini melebihi dosis yang tercantum pada kemasan. Bicarakan juga degan dokter terlebih dulu. 

  • Menyingkirkan migrain

Migrain bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, cobalah berendam dalam air mandi yang telah diberi garam inggris.

Garam ini mampu membantu dalam mengendurkan otot-otot di sekitar tulang tengkorak. Alhasil, Anda akan lebih rileks dan sakit kepala pun lenyap.

Bagaimana cara menggunakan garam inggris yang benar?

Berbeda tujuan penggunaan garam inggris, cara pakainya juga akan berlainan. Berikut penjelasannya:

  • Untuk berendam

Masukkan 300 gram garam inggris ke dalam bak mandi berisi air hangat. Setelah garam larut, rendamlah tubuh Anda selama 15 menit.

  • Untuk eksfoliasi kulit

Campurkan ½ sendok teh garam inggris dengan krim pembersih wajah. Lalu oleskan campuran tersebut ke area wajah dan perlahan-lahan pijat wajah Anda.

  • Untuk rambut

Jika Anda ingin membuat rambut tampak lebih bervolume, campurkan garam Epsom dengan kondisioner Anda dan usapkan pada rambut. Biarkan selama 20 menit sebelum Anda membilasnya.

  • Untuk konstipasi

Orang dewasa umumnya dapat mengonsumsi 2-6 sendok teh garam inggris per hari. Untuk lebih jelasanya, Anda perlu membaca aturan pakainya dengan jeli pada kemasan, dan jangan lupa untuk melarutkannya dalam air.

Sedangkan untuk anak-anak, Anda cukup melarutkan 1-2 sendok the garam Epsom ke dalam air. Namun senantiasa konsultasikan dosisnya dengan dokter agar tetap aman.

Bolehkah ibu hamil berendam dalam air garam inggris?

Jawabannya adalah boleh! Ibu hamil bisa mandi berendam dalam bathtub yang telah diisi air garam inggris, atau merendam area-area yang terasa pegal (misalnya bagian kaki).

Namun harap diingat bahwa berendam seluruh tubuh dalam air garam Epsom sebaiknya menggunakan air bersuhu di bawah 30 derajat selsius, dan bukan air panas. Dengan ini, kulit akan terhindar dari risiko melepuh.

Berendam dalam air campur garam Epsom ketika hamil bisa memberikan efek relaksasi, mengendurkan otot yang kencang, menghaluskan kulit. Luar biasa, bukan?

Dengan mengetahu cara pakai yang benar, ada banyak manfaat garam inggris yang bisa Anda peroleh. Mulai dari memberikan efek relaksasi, mengatasi nyeri otot, hingga sebagai bahan eksfoliasi kulit.

Namun alangkah baiknya apabila penggunaan garam inggris selalu didahului dengan konsultasi ke dokter. Khususnya saat Anda hendak mengonsumsi garam Epsom untuk menangani konstipasi atau menggunakannya sebagai bahan untuk mengelupas kulit mati. Dengan ini, keamanannya pun akan lebih terjamin.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/epsom-salt-benefits-uses
Diakses pada 7 April 2020

WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/epsom-salt-bath#1
Diakses pada 7 April 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321627
Diakses pada 7 April 2019

Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/7-things-you-probably-didnt-know-about-epsom-salt/
Diakses pada 7 April 2019

Artikel Terkait