Gangguan hormon pada pria dapat menyebabkan pembengkakan payudara
Gangguan hormon pada pria dapat menyebabkan pembengkakan payudara

Pernahkah Anda mendengarkan istilah ‘ginekomastia’? Istilah ini merujuk pada pembengkakan pada payudara pria akibat tingginya kadar estrogen. Salah satu dari banyaknya gangguan hormon yang dapat dialami oleh pria. 

Gangguan hormon biasanya lebih identik sebagai gangguan yang dimiliki oleh wanita. Namun, gangguan hormon dapat pula dirasakan oleh kaum Adam dan umumnya berpusat pada hormon testosteron.

[[artikel-terkait]]

Penyebab gangguan hormon pada pria

Gangguan hormon dapat terjadi bila kelenjar endokrin tidak bekerja dengan benar. Hormon endokrin berperan dalam metabolisme, pertumbuhan dan perkembangan, homeostasis atau keseimbangan sistem tubuh, respons terhadap stress atau cedera, dan sistem reproduksi.

Oleh karenanya, gangguan pada kelenjar endokrin akan menimbulkan masalah pada aspek-aspek tersebut. Beberapa kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan gangguan hormon, seperti:

Akibat dari gangguan hormon pada pria

Terdapat berbagai gangguan hormon yang dapat dialami oleh pria, beberapa di antaranya adalah:

  • Ginekomastia

Ginekomastia merupakan gangguan hormon yang ditandai dengan pembengkakan jaringan payudara pada pria. Meskipun bukan kondisi yang berbahaya, tetapi tentunya kondisi ini dapat merasa malu karena penampilan yang dimiliki.

Ginekomastia mampu mempengaruhi salah satu payudara atau bahkan kedua payudara. Penyebab dari ginekomastia adalah adanya ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan testosteron pada pria.

Ketidakseimbangan ini terjadi ketika hormon testosteron yang dimiliki seorang pria lebih rendah dari hormon estrogennya atau terdapat peningkatan hormon estrogen pada pria. Terkadang ginekomastia dapat terjadi saat masa pubertas.

Umumnya ginekomastia tidak perlu penanganan khusus dan dapat mengecil secara perlahan. Namun, bila ginekomastia diakibatkan oleh kondisi medis tertentu, maka diperlukan penanganan untuk menghilangkan penyebab dari ginekomastia.

Bedah juga merupakan alternatif lain untuk menghilangkan ginekomastia dengan cara mengambil lemak pada payudara (liposuction) atau pengangkatan kelenjar pada jaringan payudara (mastectomy).

  • Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi atau impotensi adalah kondisi saat seorang pria tidak mampu untuk ereksi atau mempertahankan ereksinya. Disfungsi ereksi bisa terjadi karena gangguan hormon. 

Ketika gangguan hormon adalah penyebab dari disfungsi ereksi, maka dokter akan menyarankan pria tersebut untuk mengikuti terapi testosteron. 

  • Hipogonadisme

Hipogonadisme pada pria merupakan istilah yang merujuk pada keadaan pria yang tidak dapat menghasilkan testosteron secara cukup

Gangguan hipogonadisme bisa terjadi ketika kelenjar pituitari tidak menstimulasi testis untuk menghasilkan testosteron atau ketidakmampuan testis untuk memproduksi testosteron yang cukup. 

Kadar testosteron yang rendah dapat memicu disfungsi ereksi, berkurangnya libido, berkurangnya massa otot dan energi, berkurangnya ukuran testis dan jumlah sperma, serta penipisan tulang.

Apa yang membuat hormon testosteron penting bagi kaum lelaki?

Salah satu dampak dari gangguan hormon adalah menurunnya hormon testosteron pada pria. Namun, apa yang membuat hormon testosteron penting bagi para pria? Hormon testosteron merupakan hormon seks yang memiliki peranan penting dalam tubuh.

Hormon testosteron pada pria berfungsi untuk menjaga massa tulang dan otot, mendistribusi lemak dalam tubuh, menjaga kekuatan, berperan dalam produksi sel darah merah dan sperma, serta mengatur libido.

Apakah ada cara mencegah gangguan hormon?

Pencegahan gangguan hormon bisa dilakukan dengan mengubah pola hidup. Pola hidup yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi imbang, berolahraga secara teratur, dan menjaga berat badan.

Pola makan yang bernutrisi imbang perlu didampingi dengan pengurangan makanan yang tinggi gula dan karbohidrat yang telah diproses, serta makanan-makanan dalam bentuk kemasan.

Gantilah panci-panci antilengket yang sudah usang dengan panci keramik serta gunakanlah kontainer gelas untuk menyimpan dan memanaskan makanan maupun minuman. Hindari menaruh makanan dan minuman dalam plastik untuk dipanaskan dengan microwave.

Penerapan kebersihan pribadi yang baik dengan cara mencuci daerah tubuh yang memiliki banyak minyak, seperti dada, punggung, wajah, dan leher. Menanggulangi dan mengurangi stres adalah salah satu pola hidup yang dapat diterapkan.

Belilah buah-buahan dan sayur-sayuran yang tidak disemprot dengan pestisida ataupun zat-zat kimia lainnya. Kurangi juga pemakaian produk pembersih yang mengandung zat-zat kimia beracun, seperti pemutih, dan sebagainya.

Anda bisa menanggulangi dan mengurangi stress dengan melakukan meditasi, yoga, dan sebagainya.

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17464-sexual-hormone-disorders-descriptions
Diakses pada 03 Juli 2019

Endocrineweb. https://www.endocrineweb.com/endocrinology/about-endocrine-system
Diakses pada 03 Juli 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/hormonal-imbalance
Diakses pada 03 Juli 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/male-hypogonadism/symptoms-causes/syc-20354881
Diakses pada 03 Juli 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gynecomastia/diagnosis-treatment/drc-20351799
Diakses pada 03 Juli 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321486.php
Diakses pada 03 Juli 2019

NIH. https://www.nih.gov/news-events/nih-research-matters/understanding-how-testosterone-affects-men
Diakses pada 03 Juli 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed