Gancet merupakan suatu kondisi yang nyata terjadi dan dipicu karena kontraksi otot vagina yang berlebih
Fenomena gancet atau penis tersangkut dalam vagina bukanlah rumor belaka

Fenomena gancet atau penis tersangkut dalam vagina saat berhubungan seks sering dianggap sebagai karma karena telah berhubungan intim sebelum menikah atau bahkan berselingkuh. Namun, sebenarnya, fenomena ini dikenal sebagai penis captivus.

Umumnya, gancet hanya terjadi secara sementara dan bisa ditanggulangi dengan melemaskan otot secara perlahan. Gancet sangat jarang terjadi, tetapi tidak berarti hal tersebut tidak mungkin dialami.

Gancet tidak terjadi secara tiba-tiba

Mengapa gancet bisa terjadi?

Fenomena gancet sangat jarang terjadi dan tidak banyak orang yang melaporkannya. Oleh karenanya, kejadian gancet masih dipertanyakan kebenarannya. Akan tetapi, hal ini tidak berarti gancet tidak bisa terjadi.

Gancet bisa timbul ketika pasangan wanita mengalami vaginismus atau kondisi saat otot vagina secara tidak disengaja menutup secara tegang dan menyebabkan otot pada pelvis mengejang. Lantas, bagaimana hal tersebut bisa mengakibatkan gancet?

Saat sedang terangsang, vagina wanita akan melemas dan mengeluarkan pelumas untuk memudahkan penis masuk ke dalam vagina. Ketika penis sudah masuk ke dalam vagina, otot vagina akan berkontraksi dan melebar.

Terkadang, kontraksi yang terjadi lebih kuat dari biasanya serta membuat lubang vagina menyempit. Hal inilah yang membuat vagina mampu membuat penis menempel di dalamnya atau gancet.

Akan tetapi setelah orgasme, otot-otot vagina akan melemas dan ukuran penis akan mengecil. Setelahnya, Anda bisa mengeluarkan penis dari vagina. Biasanya, gancet hanya terjadi selama beberapa detik dan karenanya, pasangan harus tenang dan melemaskan otot untuk bisa memisahkan diri secara perlahan.

Vaginismus bisa menjadi pemicu gancet

Vaginismus dan gancet

Secara garis besar, vaginismus dituding sebagai penyebab umum dari gancet. Akan tetapi, vaginismus tidak hanya menunjukkan gejala berupa gancet saja.

Saat mengalami vaginismus, wanita akan mengalami kesulitan untuk memasukkan tampon dan bahkan mengganggu dan membuat hubungan intim menjadi tidak nyaman bagi kedua pasangan.

Gejala vaginismus pada tiap wanita bisa berbeda-beda. Selain gancet, wanita yang menderita vaginismus bisa mengalami sensasi panas atau terbakar saat berhubungan seksual, serta kontraksi otot pada vagina yang menyakitkan dan membuat vagina menutup.

Faktor yang memunculkan vaginismus beragam, mulai dari faktor emosional, fisik, sampai psikologis. Wanita yang mengalami vaginismus bisa saja merasakan vaginismus karena respon psikologis atau emosional saat wanita tersebut memasukkan sesuatu ke dalam vaginanya.

Vaginismus yang menjadi penyebab gancet bisa ditangani. Alat tertentu, seperti pelebar vagina, bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi vaginismus. Wanita yang mengalami vaginismus juga bisa menjalani terapi otot pelvis ataupun terapi perilaku kognitif untuk mengatasi faktor psikologis yang memicu vaginismus.

Namun, perlu disadari bahwa menangani kondisi vaginismus memerlukan waktu yang tidak sedikit. Konsultasikan ke dokter bila Anda atau pasangan mengalami vaginismus. Komunikasi antar pasangan juga penting dalam menanggulangi vaginismus.

Tak perlu bingung, tetap tenang saat gancet terjadi

Apa yang harus dilakukan saat gancet terjadi?

Hal paling utama saat terjadi gancet adalah untuk tidak panik dan mencoba untuk tetap tenang. Rasa panik dapat meningkatkan tekanan pada otot yang dapat memperpanjang durasi gancet.

Selain itu, jangan menarik paksa penis keluar ataupun mencoba membuka vagina secara manual karena hal tersebut bisa menyakiti Anda dan pasangan. Menambahkan pelumas juga tidak akan mengurangi gancet.

Cobalah untuk menarik napas yang dalam untuk membuat Anda dan pasangan menjadi lebih rileks. Anda juga bisa mencoba membicarakan hal lain atau berkelakar untuk mendistraksi diri Anda sampai tekanan otot vagina berkurang.

Apabila Anda dan pasangan mengalami gancet lebih dari beberapa menit, hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan dengan segera. Dokter umumnya dapat memberikan suntikan yang berisi pelemas otot untuk mengurangi kontraksi pada vagina.

Setelahnya Anda atau pasangan bisa mengikuti pemeriksaan untuk mengetahui penyebab gancet ataupun vaginismus yang dialami.

 

Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/penis-captivus
Diakses pada 04 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325940.php
Diakses pada 04 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed