Game Asah Otak Ini Bikin Anda Betah di Rumah Selama Pandemi


Game asah otak bisa menjadi pilihan selain maraton film di rumah selama pandemi ini. SehatQ memiliki rekomendasinya untuk Anda, yang bisa membuat ‘kepala berputar’, tapi tetap seru untuk dimainkan!

(0)
08 Nov 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Game asah otak bisa diunduh gratis untuk dimainkan di smartphoneGame asah otak dapat mengasah imajinasi dan memaksimalkan fungsi otak
Jika Anda bosan dengan permainan di ponsel yang itu-itu saja, mungkin sudah saatnya Anda mengunduh dan mencoba menaklukkan game asah otak. Game ini bukan hanya dapat mengisi waktu luang Anda dengan hal yang menyenangkan, tapi juga menjajal kemampuan otak dalam memecahkan masalah yang Anda hadapi.Dahulu, kegiatan asah otak identik dengan mengisi teka-teki silang alias TTS, main catur, atau Sudoku. Namun kini, permainan tersebut pun sudah hadir dalam versi digital yang bisa Anda unduh gratis di play store dan untuk dimainkan di berbagai kesempatan.Selain berbagai permainan klasik yang dikonversi ke dalam bentuk digital, Anda juga dapat melatih daya ingat dengan berbagai game asah otak yang lebih variatif. Apa saja rekomendasinya? Apa pula manfaat yang bisa Anda peroleh dari bermain game asah otak ini?

Rekomendasi game asah otak yang menantang kemampuan Anda

Ada begitu banyak game asah otak yang dapat diundur secara gratis, mulai dari permainan yang menguji logika, daya ingat, maupun kemampuan matematika. Berikut ini beberapa rekomendasi game asah otak dengan rating positif dari para penggunanya yang bisa Anda coba.

1. Lumosity: Brain Training

Lumosity: Brain Training (Sumber foto: Lumosity.com)
Game asah otak yang satu ini adalah salah satu permainan kognitif yang paling banyak diunduh (lebih dari 10 juta kali) serta telah mendapat label ‘Editor’s Choice’ di Play Store. Permainan ini merupakan game yang dapat melatih otak maupun mental dengan cara yang menyenangkan.Di aplikasi ini, Anda dapat menemukan lebih dari 50 aktivitas yang menantang otak. Jenis permainannya pun cukup variatif, mulai dari latihan ingatan, kecepatan otak, logika, matematika, hingga problem-solving.

2. Brain Out

Brain Out (Sumber foto: Google Play)
Telah diunduh lebih dari 100 juta kali, game asah otak ini menawarkan berbagai permainan yang lain dari biasanya. Beberapa pertanyaan mungkin terlihat konyol, tapi ternyata bertujuan menguji kemampuan logika, refleks, akurasi, memori, hingga kreativitas Anda.Bukan hanya menguji tingkat kecerdasan, permainan ini pun menantang kematangan emosi Anda yang akan diaduk-aduk dengan tes out-of-the-box. Namun, salah satu kekurangan game ini yang banyak dikeluhkan oleh pengguna mereka adanya banyaknya iklan yang muncul di sela-sela permainan.

3. Fit Brain 

Fit Brain (Sumber foto: Google Play)
Game asah otak yang satu ini menawarkan sensasi melatih otak, terutama daya ingat, fokus, dan kecepatan dengan akses ke lebih dari 360 puzzle. Game ini pun bisa Anda unduh gratis di Play Store atau App Store.Menariknya, tingkat kesulitan akan semakin tinggi seiring dengan bertambahnya level yang mampu Anda selesaikan. Dengan demikian, Anda akan selalu merasa tertantang untuk menaklukkan tes-tes tersebut.

4. Brain Metrix

Brain Metrix (Sumber: Google Play)
Ingin game asah otak yang bisa dimainkan di komputer personal atau laptop? Anda bisa berseluncur di situs Brain Metrix. Di sana terdapat berbagai jenis permainan untuk melatih konsentrasi, warna, IQ, kecerdasan spasial, dan lain-lain.

5. Kuis Gambar Saku

Kuis Gambar Saku (Sumber foto: Google Play)
Game asah otak yang satu ini adalah salah satu karya software developer asal Indonesia, Touchten. Di permainan ini, Anda akan dituntut untuk berimajinasi dan berpikir out-of-the-box demi menjawab berbagai gambar yang tersedia.Menariknya, Anda juga bisa mengirim ide gambar yang bisa ditebak di aplikasi lewat kiriman melalui media sosial.Tiap gambar yang berhasil Anda tebak akan menghasilkan poin yang kemudian bisa ditukar dengan berbagai macam hadiah dari developer. Kira-kira, game asah otak seperti apa yang akan Anda coba?

Benarkah game asah otak dapat meningkatkan kemampuan otak?

Manfaat game asah otak untuk meningkatkan kemampuan otak sendiri masih pro dan kontra. Ada riset yang mengatakan bahwa bermain game ini dapat memaksimalkan fungsi dan kerja otak, seperti meningkatkan kemampuan mengingat dan kecepatan memproses informasi.Meskipun demikian, tidak sedikit juga hasil penelitian yang mengatakan sebaliknya. Menurut para peneliti, orang yang gemar main game asah otak tidak terbukti memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik dari orang yang tidak pernah melakukannya.Lalu, mana yang harus Anda percayai? Selama game asah otak dapat membantu menghabiskan waktu luang dengan rileks, sekaligus mengurangi stres, dan tidak mengganggu rutinitas sehari-hari, rasanya tidak masalah jika Anda mencoba memainkannya.
kesehatan otakkecanduan main gamefungsi otak kanan
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/top-websites-and-games-for-brain-exercise-2224140
Diakses pada 27 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322648
Diakses pada 27 Oktober 2020
Alzheimers Net. https://www.alzheimers.net/11-5-14-brain-training-games
Diakses pada 27 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait