Gairah Seks Ibu Hamil Meningkat, Apakah Wajar?


Gairah seks ibu hamil meningkat karena naiknya kadar hormon estrogen di dalam tubuh. Selain itu, ibu hamil pun mengalami pembesaran vulva sehingga kemaluan pun terasa lebih sensitif.

(0)
20 Mar 2019|Aby Rachman
Gairan seks ibu hamil bisa meningkat karena peningkatan produksi estrogenGairah seks ibu hamil yang tinggi adalah hal yang wajar karena level estrogen yang meningkat
Gairah seks ibu hamil rupanya bisa meningkat. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena hal tersebut merupakan hal alami yang juga dialami oleh banyak wanita hamil lainnya.Bahkan, sebagian wanita mengatakan mereka lebih mudah orgasme ketika bercinta saat hamil dan orgasme yang dihasilkan pun lebih memuaskan.Untungnya, berhubungan seks saat hamil pada umumnya tak akan menjadi masalah. Memang, ada kemungkinan orgasme menyebabkan keguguran pada trimester pertama.Namun hal ini sangat jarang terjadi. 

Penyebab gairah seks meningkat saat hamil

Lalu, mengapa gairah seks wanita hamil cenderung meningkat? berikut penjelasannya.

1. Level estrogen meningkat

Peningkatan estrogen mampu membuat gairah seks ibu hamil bertambah
Peningkatan estrogen mampu membuat gairah seks ibu hamil bertambah
Ternyata, alasan di balik kenapa wanita lebih bergairah saat hamil adalah karena meningkatnya hormon estrogen.Sebenarnya, tubuh membutuhkan hormon estrogen dengan kadar tinggi untuk merangsang pertumbuhan rahim.Estrogen memperbaiki aliran darah antara rahim dan plasenta dengan memperlebar pembuluh darah.Estrogen juga membuat payudara semakin besar karena hormon ini memperbesar kelenjar-kelenjar susu agar bisa menghasilkan ASI. Namun di sisi lain, lonjakan estrogen juga menjadi penyebab gairah seksual meningkat selama hamilGairah seks ibu hamil makin memuncak hingga puncaknya adalah sebelum persalinan. Saat itu, level estrogen berada pada level tertinggi, kemudian menurun setelah persalinan.

2. Meningkatnya libido

Menurut International Journal of Environmental Research and Public Health, ibu hamil yang mengalami kenaikan libido umumnya terjadi pada trimester kedua.Bahkan, riset ini juga menemukan bahwa karena libido naik saat hamil, hubungan seks pun lebih sering dilakukan pada trimester ini.Meningkatnya gairah seks ibu hamil juga disertai dengan meningkatnya produksi cairan pelumas vagina dan hipersensitivitas dari klitoris karena meningkatnya aliran darah ke area genital.

3. Meningkatnya oksitosin

Oksitosin adalah hormon “rasa nyaman” yang membantu kita berhubungan dan terikat dengan orang lain. Hormon ini memuncak beberapa hari bahkan minggu menjelang persalinan.Perubahan hormon ini membuat banyak wanita merasa dorongan seks bertambah. Itulah sebabnya gairah seks ibu hamil meningkat.Produksi oksitosin pada otak meningkat pesat selama persalinan. Oleh karena itu, sebagian besar ibu akan merasa terikat dengan bayinya.Begitu menatap sang bayi, maka Anda akan jatuh cinta kepadanya. Di sisi lain, bayi juga mengeluarkan feromon yang secara kimiawi merangsang produksi oksitosin ibunya. Hingga akhirnya, ikatan sangat kuat terjadi antara ibu dan bayinya.

4. Membesarnya vulva

Vulva yang membesar saat hamil juga meningkatkan gairah seks
Vulva yang membesar saat hamil juga meningkatkan gairah seks
Kemungkinan dari gairah seks ibu hamil yang meningkat adalah membesarnya vulva selama kehamilan. Vulva adalah area yang mengelilingi lubang kencing dan vagina.Membesarnya vulva menyebabkan sensitivitas area tersebut bertambah. Hal ini dapat menyebabkan ibu hamil ingin lebih berhubungan intim.

5. Membesarnya payudara

Saat hamil, payudara membesar untuk memproduksi ASI. Pada masa ini, payudara dalam keadaan terbaik dan rangsangan pada puting akan lebih terasa, bahkan hingga menimbulkan orgasme.Oleh sebab itu, kemudian ada istilah breast orgasm atau orgasme payudara. Kondisi ini mampu membuat gairah seks meningkat saat hamil.Stimulasi di daerah puting bisa mengaktifkan area tertentu dari otak. Sama seperti kepuasan yang dialami karena rangsangan terhadap klitoris, vagina, dan serviks.Jadi, gairah seks meningkat saat hamil pun kerap dijumpai. Membesarnya payudara juga berpengaruh kepada faktor emosional bagi beberapa wanita.Perubahan pada fisik ini dapat membuat wanita lebih merasa percaya diri dengan tubuhnya sehingga gairah seks ibu hamil semakin meningkat. 

Kekhawatiran gairah seks ibu hamil yang terlalu tinggi

Bila gairah seks yang tinggi justru mengganggu, konsultasikan dengan psikolog terdekat
Bila gairah seks yang tinggi justru mengganggu, konsultasikan dengan psikolog terdekat
Bila tidak mampu mengontrol gairah seks ibu hamil, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut. Inilah cara mengatasi libido tinggi saat hamil:
  • Konsultasi dengan psikolog untuk menelusuri, pikiran, perasaan dan tindakan Anda terkait gairah seks meningkat saat hamil
  • Mengalihkan perhatian, misal dengan "olahraga otak", seperti bermain game ringan.
  • Mengalihkan energi dengan aktivitas positif, seperti yoga, senam, hingga hobi lainnya.
  • Konsumsi obat-obatan, cara ini sebaiknya dilakukan atas pengawasan dokter.

Penurunan libido saat hamil

Lelah saat hamil mampu mengurangi hasrat seks
Lelah saat hamil mampu mengurangi hasrat seks
Meski demikian, ada beberapa kasus ibu hamil mengalami penurunan libido. Umumnya, penurunan gairah seksual ini terjadi saat hamil trimester 1.Penyebab gairah seks menurun saat hamil adalah:
  • Tidak percaya diri, adanya perubahan bentuk tubuh sehingga ibu hamil merasa khawatir tidak memuaskan pasangan.
  • Lelah, mual dan muntah membuat ibu hamil lemas sehingga tidak ada hasrat untuk berhubungan intim.
  • Takut membahayakan janin, karena berhati-hati, ibu hamil cenderung takut sehingga libido menurun saat hamil pun terjadi.

Posisi seks yang aman saat hamil

Posisi seks spooning terbukti aman untuk ibu hamil
Posisi seks spooning terbukti aman untuk ibu hamil
Beberapa tips seks saat hamil adalah dengan memilih posisi yang pas. Posisi ini selain nyaman untuk Anda, janin pun juga aman.Berikut ini adalah posisi seks yang disarankan saat hamil:
  • Posisi duduk, yaitu kedua pasangan duduk dan saling berdekapan. Anda pun bisa memegang kendali, baik dari gerakan, kecepatan, hingga kedalaman.
  • Doggy style, posisi ibu hamil seperti merangkak dan memunggungi pasangan. Lalu, pasangan akan melakukan penetrasi dari belakang. Pastikan pasangan Anda mengatur gerakan yang sesuai dengan ritme Anda.
  • Berpelukan dari belakang, posisi yang dikenal sebagai spooning ini dengan cara ibu hamil memunggungi pasangannya. Pasangan Anda bisa memeluk Anda dari belakang. Serupa dengan doggy style, kendali ada di pasangan Anda. Jadi, pastikan ia menyesuaikan ritmenya dengan keinginan Anda.

Catatan dari SehatQ

Gairah seks ibu hamil meningkat muncul karena beberapa penyebab. Jadi, tak perlu heran jika hal ini terjadi pada Anda.Jika Anda mempunyai riwayat keguguran atau masalah kehamilan sebelumnya, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan mengenai hal ini.Begitu juga jika ini kehamilan pertama, dan Anda tidak yakin untuk berhubungan seks semasa kehamilan.Konsultasikan dengan dokter kandungan terkait cara melakukan hubungan seksual yang aman saat kehamilan agar janin tidak terpengaruh sekaligus memenuhi kebutuhan biologis Anda dan suami.Bila Anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut terkait gairah seks meningkat saat hamil, Anda juga bisa konsultasi gratis dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
sekskehamilanhubungan sekshubungan seksualhamilibu hamilkepuasan seksual
Mother and Baby. https://www.motherandbaby.co.uk/trying-for-a-baby/pregnancy-planning/am-i-pregnant/horny-sex-drive-reason
Diakses pada November 2018
Health. https://www.health.com/sexual-health/sex-drive-during-pregnancy
Diakses pada 20 Maret 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/sex-drive#1
Diakses pada 20 Maret 2019
International Journal of Environmental Research and Public Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6862185/
Diakses pada 6 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait