Selain peningkatan estrogen, penyebab gairah meningkat saat hamil adalah meningkatnya relaxin dan oksitosin
Libido tinggi saat hamil merupakan hal yang wajar karena level estrogen yang meningkat

Anda mungkin terkejut dengan munculnya gairah seks tinggi saat hamil. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena hal tersebut merupakan hal alami yang juga dialami oleh banyak wanita hamil lainnya. Bahkan, sebagian wanita mengatakan mereka lebih mudah orgasme ketika bercinta saat hamil dan orgasme yang dihasilkan pun lebih memuaskan.

Untungnya, berhubungan seks saat hamil pada umumnya tak akan menjadi masalah. Memang, ada kemungkinan orgasme menyebabkan keguguran pada trimester pertama. Namun hal ini sangat jarang terjadi. Lalu, mengapa gairah seks cenderung meningkat saat hamil? berikut penjelasannya.

Level Estrogen Meningkat

Ternyata alasan utamanya adalah estrogen. Level estrogen umumnya meningkat selama kehamilan, dan memang inilah yang dibutuhkan tubuh. Tingginya estrogen dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rahim.

Estrogen memperbaiki aliran darah antara rahim dan plasenta dengan memperlebar pembuluh darah. Estrogen juga membuat payudara semakin besar karena hormon ini memperbesar kelenjar-kelenjar susu agar bisa menghasilkan ASI

Namun di sisi lain, lonjakan estrogen juga memengaruhi mood dan libido saat hamil. Gairah itu makin memuncak hingga puncaknya adalah sebelum persalinan. Saat itu, level estrogen berada pada level tertinggi, kemudian menurun setelah persalinan.

Meningkatnya Libido

Banyak wanita yang mengalami kenaikan libido pada kehamilan trimester pertama dan kedua. Meningkatnya libido juga disertai dengan meningkatnya produksi cairan pelumas vagina dan hipersensitivitas dari klitoris karena meningkatnya aliran darah ke area genital.

Meningkatnya Oksitosin

Oksitosin adalah hormon ‘rasa nyaman’ yang membantu kita berhubungan dan terikat dengan orang lain. Hormon ini memuncak beberapa hari bahkan minggu menjelang persalinan. Hal ini membuat banyak wanita merasa lebih senang dan ingin bermesraan. Itulah sebabnya gairah meningkat saat hamil.

Prosuksi oksitosin pada otak meningkat pesat selama persalinan. Oleh karena itu, sebagian besar ibu akan merasa terikat dengan bayinya. Begitu menatap sang bayi, maka Anda akan jatuh cinta kepadanya. Di sisi lain, bayi juga mengeluarkan feromon yang secara kimiawi merangsang produksi oksitosin ibunya. Hingga akhirnya ikatan sangat kuat terjadi antara ibu dan bayinya.

Membesarnya Vulva

Kemungkinan lain adalah membesarnya vulva selama kehamilan. Vulva adalah area yang mengelilingi lubang kencing dan vagina. Membesarnya vulva menyebabkan sensitivitas area tersebut bertambah. Hal ini dapat menyebabkan ibu hamil ingin lebih sering bercinta.

Membesarnya Payudara

Saat hamil, payudara membesar untuk memproduksi ASI. Pada masa ini, payudara dalam keadaan terbaik dan rangsangan pada puting akan lebih terasa, bahkan hingga menimbulkan orgasme. Oleh sebab itu, kemudian ada istilah ‘breast orgasm’ atau ‘orgasme payudara’.

Stimulasi di daerah puting bisa mengaktifkan area tertentu dari otak. Sama seperti kepuasan yang dialami karena rangsangan terhadap klitoris, vagina, dan serviks. 

Membesarnya payudara juga berpengaruh kepada faktor emosional bagi beberapa wanita. Perubahan pada fisik ini dapat membuat wanita lebih merasa percaya diri dengan tubuhnya sehingga gairah seksual semakin meningkat. 

Itulah beberapa alasan gairah seks tinggi saat hamil. Jadi, tak perlu heran jika hal ini terjadi pada Anda atau pasangan. Jika Anda mempunyai riwayat keguguran atau masalah kehamilan sebelumnya, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan mengenai hal ini.

Begitu juga jika ini kehamilan pertama, dan Anda tidak yakin tentang seks semasa kehamilan. Konsultasikan bagaimana cara melakukan hubungan seksual yang aman saat kehamilan agar janin tidak terpengaruh sekaligus memenuhi kebutuhan biologis Anda dan suami. 

Mother and Baby. https://www.motherandbaby.co.uk/trying-for-a-baby/pregnancy-planning/am-i-pregnant/horny-sex-drive-reason
Diakses pada November 2018

Health. https://www.health.com/sexual-health/sex-drive-during-pregnancy
Diakses pada 20 Maret 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/sex-drive#1
Diakses pada 20 Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed