logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Fungsi Tulang Tempurung Lutut pada Tubuh Manusia

open-summary

Fungsi tulang tempurung lutut adalah untuk melindungi persendian lutut. Selain itu, tulang ini memiliki fungsi sebagai penyambung otot paha bagian depan dengan tulang kering.


close-summary

13 Des 2019

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Tulang tempurung lutut

Tulang tempurung lutut berfungsi melindungi persendian lutut

Table of Content

  • Anatomi tulang tempurung lutut
  • Fungsi tulang tempurung lutut
  • Masalah pada tulang tempurung lutut

Selain siku, tulang tempurung lutut adalah salah satu tulang yang cukup keras pada tubuh manusia.

Advertisement

Salah satu bagian dari anatomi tulang manusia ini berfungsi untuk melindungi persendian lutut serta membantu pergerakan kaki.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai anatomi, fungsi, hingga gangguannya.

Anatomi tulang tempurung lutut

Gambar anatomi tulang tempurung lutut
Gambar anatomi tulang tempurung lutut

Tulang tempurung lutut atau patella adalah termasuk jenis tulang sesamoid terbesar di tubuh.

Mengutip dari Verywell Health, tulang sesamoid adalah salah satu tulang di dalam tendon paha depan. Tendon juga akan membantu menahan tulang tempurung lutut dengan otot lainnya sehingga dapat melindungi sendi lutut.

Patella adalah tulang segitiga terbalik yang datar, terletak di bagian depan sendi lutut. Dalam proses pembentukan tulang, tulang tempurung lutut mengalami proses pengerasan antara usia 3 – 6 tahun.

Puncak atau titik tulang tempurung lutut ini mengarah ke bawah menuju tulang kering. Sedangkan bagian belakangnya membentuk sendi dengan tulang paha.

Bagian tengah tulang tempurung lutut terdiri dari bukaan untuk arteri yang perannya adalah memasok darah. Sedangkan otot paha dan tendon di lutut (retinaculum patella) medial) menjaga patella agar tetap stabil.

Fungsi tulang tempurung lutut

Perlu Anda ketahui bahwa fungsi utama patella atau tulang tempurung lutut adalah membantu menambah gerakan lutut serta memberikan perlindungan pada sendi lutut.

Berikut adalah beberapa macam fungsi sekaligus penjelasannya, si antaranya adalah:

1. Membentuk persendian lutut

Tulang tempurung lutut juga berperan dalam membentuk persendian lutut bersama dua tulang lainnya, yaitu tulang paha dan tulang kering.

2. Menjaga keseimbangan persendian lutut

Fungsi tulang tempurung lutut lainnya adalah membantu persendian lutut untuk bergerak. Tulang tempurung lutut dapat membuat persendian lutut bisa merentang secara optimal.

Tidak hanya itu, tulang patella ini juga juga membantu menjaga keseimbangan kaki dan paha saat bergerak. Yaitu, dengan cara menyesuaikan arah, tekanan, dan panjang dari tendon di paha dan juga lutut. 

3. Melindungi persendian lutut

Meskipun bukan fungsi utamanya, tetapi tulang tempurung lutut tetap berperan sebagai pelindung persendian lutut, sehingga mencegah terjadinya cedera.

4. Meningkatkan kekuatan otot paha

Ternyata, tulang tempurung lutut juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot paha dengan mengoptimalkan pergerakan dari lutut.

Dengan adanya tulang tulang tempurung atau patella ini, kemungkinan kekuatan otot paha bisa meningkat 33-50 persen.

5. Menjaga tendon di paha

Dari penjelasan sebelumnya, tulang tempurung lutut berperan dalam menyambung otot paha bagian depan dengan tulang kering.

Selain itu, tulang patella ini juga berfungsi menjaga bagian tulang kering dan tendon sehingga mengurangi terjadinya gesekan dan tekanan. Tekanan tersebut akan terbagi secara merata pada area tulang kering.

Tendon adalah jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang atau organ lainnya sehinga fungsi pergerakan bisa maksimal.

Masalah pada tulang tempurung lutut

Gangguan atau kondisi tertentu dapat mengurangi fungsi tulang tempurung lutut dan membuat Anda kesulitan untuk berjalan, berlari, atau melakukan aktivitas lainnya.

Dislokasi atau tulang tempurung lutut geser merupakan salah satu cedera yang umum dialami oleh orang yang aktif berolahraga. Saat seseorang mengalami kondisi ini, maka tulang tempurung lutut perlu dikembalikan ke tempat semula.

Namun, tidak hanya dislokasi tulang tempurung lutut saja yang bisa mengganggu fungsinya, terdapat beberapa masalah lainnya, seperti:

1. Prepatellar bursitis

Gangguan prepatellar bursitis ditandai dengan adanya peradangan dan pembengkakan pada bagian depan tulang tempurung lutut.

Biasanya, masalah ini dialami oleh orang-orang yang melakukan gerakan atau aktivitas berlutut dalam jangka waktu yang lama.

2. Patellar subluxation

Kondisi ini juga dikenal sebagai tulang tempurung lutut yang tidak stabil. Penderita kondisi ini memiliki tulang tempurung lutut yang tidak terpasang dengan benar di bagian ujung tulang paha.

3. Chondromalacia patellae

Selain dislokasi, gangguan lain yang umum terjadi adalah chondromalacia patellae. Kondisi ini terjadi ketika terdapat peradangan pada tulang rawan yang melapisi tulang tempurung lutut.

Lalu, gangguan ini juga bisa terjadi pada bagian bawah tulang tempurung lutut sehingga terasa sakit.

4. Tulang tempurung lutut retak

Sama seperti tulang lainnya, tulang tempurung lutut juga bisa mengalami patah atau retak saat mengalami cedera. Jika patah, penderitanya akan kesulitan atau bahkan tidak dapat merentangkan lutut termasuk berjalan.

Keretakan pada tulang tempurung lutut bisa patah menjadi dua bagian atau menjadi banyak pecahan. Kondisi ini bisa terjadi di bagian atas, bawah, ataupun tengah dari tulang.

Terkadang, keretakan bisa terjadi di lebih dari satu daerah tulang tempurung lutut. Anda perlu segera mengunjungi dokter jika mengalami beberapa hal di bawah ini:

  • Pembengkakan mendadak atau berlangsung lebih dari 48 jam.
  • Adanya suara ‘pop’ yang besar pada saat cedera terjadi.
  • Nyeri lutut terasa sangat menyakitkan dan terasa lama.
  • Bentuk lutut menjadi tidak normal dari sebelumnya.
  • Anda tidak bisa menggerakkan tulang tempurung lutut hingga terkunci di posisi yang sama.
  • Lutut tidak stabil atau tidak bisa menopang berat tubuh.

Penanganan dari tiap gangguan pada tulang tempurung lutut sangat bergantung pada penyebabnya. Oleh karena itu, konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami keluhan di bagian lutut atau mengalami kondisi-kondisi di atas.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai fungsi dan gangguan tulang temputung lutut, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

kesehatan tulanghidup sehatpenyembuhan tulangfungsi organanatomi manusia

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved