Mengenal Fungsi Tulang Jari Kaki dan Cedera yang Bisa Terjadi


Fungsi tulang jari kaki sangat signifikan untuk kemampuan Anda berjalan dengan baik. Karena fungsinya yang menopang berat badan tubuh, maka tidak mengherankan cedera tulang jari kaki bisa terjadi. Apa penyebabnya?

0,0
31 Oct 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Fungsi tulang jari kaki sangat penting untuk mobilitas tubuhTulang jari kaki memiliki fungsi menjaga mobilitas tubuh
Tidak seperti jari tangan, fungsi tulang jari kaki kerap disepelekan. Padahal, tulang jari kaki juga memainkan peranan yang signifikan dalam kehidupan.Menjadi bagian dalam anatomi tulang, tulang jari kaki mempunyai peran terutama dalam membuat Anda lebih nyaman dan aktif bergerak.Struktur tulang pada kaki sebetulnya mirip dengan tangan. Hanya saja, kaki merupakan tumpuan dari berat badan Anda sehingga sifat tulangnya lebih kuat dan lebih sulit digerakkan.Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai anatomi, fungsi, dan juga cedera tulang jari kaki.

Anatomi tulang jari kaki

Gambar anatomi tulang jari kaki
Gambar anatomi tulang jari kaki
Dalam anatomi tubuh manusia, tulang jari kaki disebut sebagai falang yang berjumlah 14 ruas.Mengutip dari Medical News Today, jari-jari kaki mengandung tiga falang, yaitu proximal (bagian belakang), tengah, dan distal (depan). Sedangkan jempol (hallux) hanya terdiri dari dua falang (proximal dan distal).Pada falang proksimal yang dekat dengan metatarsal (penghubung tulang tarsal dan falang), terdapat sendi dari setiap jari kaki yang membentuk bola kaki.Sendi falang metatarsal ini lokasinya sejajar dengan jempol kaki. Perlu Anda ketahui bahwa ini adalah area umum terjadinya nyeri kaki dan masalah lainnya.

Apa saja fungsi tulang jari kaki?

Sebagai sistem gerak, tulang-tulang ini mempunyai fungsi untuk bekerja secara bersamaan saat Anda berjalan.Namun, seperti tulang pada umumnya, tulang jari kaki juga bisa patah dan menimbulkan rasa nyeri, serta mengganggu fungsi kaki itu sendiri.Anda mungkin tidak merasakan betul manfaat tulang jari kaki ketika berdiri, apalagi jika Anda tidak mempunyai kelainan pada tulang kaki.Sebaliknya, Anda akan merasakan fungsi tulang jari kaki ketika harus berdiri dalam posisi statis dengan satu kaki. Begitu juga untuk melakukan pergerakan, misalnya berjalan atau berlari.Berikut adalah beberapa fungsi tulang jari kaki secara keseluruhan, antara lain:

1. Tumpuan berat badan

Ketika Anda berjalan, tulang jari kaki fungsinya adalah menjadi tumpuan berat badan Anda. Kelima jari kaki memainkan peran yang sama.Hanya saja, tugas paling besar untuk menopang berat badan (75%) ada pada jempol kaki. Inilah sebabnya Anda akan kesulitan berjalan jika terdapat gangguan pada ibu jari kaki.

2. Menjaga keseimbangan saat berjalan

Fungsi tulang jari kaki yang satu ini berhubungan dengan kemampuan ibu jari sebagai tumpuan, terutama ketika Anda melangkah ke depan atau ke belakang.Saat jari kaki mulai menekuk sebagai tanda persiapan Anda melangkah, bagian kaki lainnya akan menegang, sehingga Anda lebih mudah menggerakkan kaki.Proses inilah yang disebut sebagai mekanisme mesin kerek. Jika mekanisme ini terganggu, keseimbangan saat berjalan juga terganggu.Tak menutup kemungkinan Anda merasa nyeri atau tidak nyaman saat melangkah. Inilah sebabnya Anda harus belajar berjalan jika mengalami amputasi tulang jari kaki. Terutama pada bagian ibu jari.

3. Memberikan fleksibilitas

Salah satu alasan tulang jari kaki terdiri dari banyak ruas adalah untuk memberikan fleksibilitas saat Anda berjalan atau melakukan gerakan melompat.Fleksibilitas adalah kemampuan anggota tubuh untuk melakukan gerakan melalui ruang gerak sendi secara maksimal.Tulang jari kaki yang fleksibel fungsinya akan mudah beradaptasi dengan permukaan tanah yang tidak rata sehingga Anda tidak rentan mengalami cedera.

Gangguan fungsi pada tulang jari kaki

Berikut adalah beberapa kondisi atau gangguan fungsi yang bisa terjadi pada tulang jari kaki, seperti:

1. Tulang jari kaki patah

Salah satu penyebab sakit pada tulang jari kaki adalah terjadinya patah tulang (fraktur). Ini tergolong cedera yang menyakitkan dan signifikan.Umumnya, sebagian besar penyebabnya adalah cedera seperti kejatuhan benda atau karena olahraga tertentu.Apalagi, ini bisa berlanjut dengan kondisi fraktur stres, yaitu ketika retak atau patah tulang jari kaki terjadi secara berulang. Sebaiknya, Anda mengetahui tanda atau gejala retak atau patah tulang jari kaki seperti di bawah ini.
  • Terdengar suara saat tulang patah atau retak.
  • Rasa sakit pada area yang mengalami cedera.
  • Tulang jari kaki terlihat bengkok atau tidak normal.
  • Memar dan bengkak pada keesokan harinya.

2. Sesamoiditis

Penyakit atau gangguan fungsi pada tulang jari kaki lainnya adalah sesamiditis. Yaitu, peradangan pada salah satu atau kedua tulang sesamoid di pangkal jempol.Biasanya, penyebab utamanya adalah berat badan berlebih, aktivitas berat secara berulang, hingga perubahan alas kaki yang digunakan.Berikut adalah beberapa gejala yang bisa terjadi pada sesamoiditis, di antaranya adalah:
  • Rasa sakit yang tajam dan sering di pangkal jempol.
  • Ketidaknyamanan saat berjalan tanpa alas kaki.
  • Berjalan dengan pincang.

Penanganan gangguan tualng jari kaki

Jika gejala patah tulang jari kaki tidak terlalu parah, Anda dapat meredakannya sendiri di rumah. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama adalah:
  • Mengiistirahatkan jari kaki yang cedera.
  • Kompres area yang terasa patah dengan es atau air dingin.
  • Bebat jari yang cedera.
  • Posisikan kaki lebih tinggi dari posisi badan.
Sebaiknya, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter jika gejala sudah tidak tertahankan lagi. Patah tulang jari kaki atau kondisi lainnya yang parah dan tidak segera mendapatkan penanganan dapat mengakibatkan komplikasi.Sebagai contoh, cedera kuku, patah tulang kaki, infeksi, kelainan bentuk kaki, hingga arthritis.Maka dari itu, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan mencegah terjadinya penyakit tertentu.Untuk mengetahui lebih banyak mengenai fungsi dan gangguan tulang jari kaki, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.
kesehatan tulangmasalah tulanghidup sehatpenyembuhan tulanganatomi manusia
Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/foot-bones
Diakses pada 23 Oktober 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324336.php
Diakses pada 23 Oktober 2019
Ortho Info. https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/toe-and-forefoot-fractures
Diakses pada 23 Oktober 2019
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/234811737_The_importance_of_the_great_toe_in_balance_performance
Diakses pada 23 Oktober 2019
Medicinet. https://www.medicinenet.com/broken_toe/article.htm
Diakses pada 23 Oktober 2019
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/foot-anatomy-and-physiology-3119204
Diakses pada 23 Oktober 2019
John Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/foot-pain-and-problems. Diakses pada 19 Oktober 2021Foot Health Facts. https://www.foothealthfacts.org/conditions/toe-and-metatarsal-fractures. Diakses pada 19 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait