Fungsi Tulang Betis alias Fibula Serta Bagian-bagiannya

(0)
12 Jun 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Fungsi tulang betis atau fibula adalah menyokong berat tubuhFungsi tulang betis adalah untuk bantu menyokong berat tubuh
Karena tertutup oleh lapisan otot dan lemak yang tidak sedikit, keberadaan tulang betis seringkali tidak disadari. Ukurannya memang tidak sebesar tulang kering atau tibia, tapi fungsi tulang betis untuk keseimbangan tubuh tidak kalah penting.Bahkan, tulang ini juga bisa menjadi sumber jaringan yang baik bagi seseorang yang membutuhkan cangkok tulang di bagian tubuh lain. Sebab, tulang betis umumnya memiliki kepadatan yang baik, sehingga cocok untuk dijadikan “bibit” saat ingin menumbuhkan tulang di bagian tubuh lain yang cedera atau rusak.

Letak dan fungsi tulang betis

Tulang betis (fibula) terletak di bagian samping atau lateral tulang kering (tibula). Fibula memiliki panjang yang hampir sama dengan tibia, tapi ketebalan yang jauh lebih tipis. Perbedaan ketebalan inilah yang membuat tibia bertindak sebagai tulang utama di kaki bagian bawah yang menahan berat badan, sedangkan fibula bertindak sebagai pendukung tibia.Selain sebagai pendukung tulang kering, fungsi tulang betis yang utama adalah untuk menstabilkan kaki bagian bawah. Selain itu, tulang ini juga berperan sebagai pengikat untuk memperluas kemampuan pergerakan pergelangan kaki kita, terutama pergerakan ke arah samping atau lateral dan medial.

Anatomi tulang betis

Tulang manusia dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu tulang panjang, tulang pendek, tulang pipih, dan tulang ireguler atau yang bentuknya tidak beraturan. Tulang betis, termasuk ke dalam kelompok tulang panjang.Berikut ini ciri khas yang terdapat pada anatomi fibula.

1. Kepadatan tulang betis

Umumnya, tulang yang termasuk ke dalam kelompok tulang panjang memiliki perbedaan konsistensi kepadatan di dua bagiannya, yaitu padat di bagian tengah dan memiliki tekstur seperti spons di bagian ujung-ujungnya. Hal ini juga merupakan ciri tulang betis. Selain itu, di tengah-tengah tulang betis juga terdapat suatu saluran yang berisi sumsum tulang.

2. Panjang tulang betis

Ukuran tulang betis tiap orangnya bisa berbeda. Namun rata-rata pada pria, panjang tulang betis adalah 390 mm dan 360 mm bagi wanita.

3. Bagian-bagian tulang betis

Secara garis besar, tulang betis bisa dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

• Bagian kepala atau ujung proksimal

Di bagian atas tulang betis ada tonjolan tulang yang akan menyatu dengan tulang tibia. Tulang tibia berada lebih ke dalam dibandingkan dengan fibula. Itulah sebabnya, ujung kepala dari tulang betis dinamakan sebagai ujung proksimal. Proksimal adalah sebutan anatomis untuk suatu organ tubuh yang letaknya mendekati garis tengah tubuh.

• Bagian tengah atau batang

Bagian tengah tulang betis bisa juga disebut dengan batang tulang. Bagian tengah tulang betis memiliki tiga permukaan, yaitu depan (anterior), samping (lateral), dan bawah (posterior).

• Bagian bawah atau ujung distal

Sama seperti di ujung atasnya, tulang betis bagian bawah juga memiliki bagian yang menonjol. Namun kali ini tonjolan tersebut mengarah ke distal atau menjauhi garis tengah tubuh. Kalau Anda meraba pergelangan kaki, di bagian samping luar akan terasa bagian yang menonjol, maka itulah ujung distal dari fibula.

Gangguan yang bisa terjadi pada tulang betis

Ada beberapa gangguan yang bisa terjadi pada tulang betis, seperti:

1. Cedera

Kondisi gangguan yang paling umum terjadi pada fibula adalah fraktur atau retak dan patah tulang. Cedera ini bisa terjadi akibat benturan keras seperti kecelakaan, atau tekanan bertubi-tubi dalam jangka waktu yang lama, seperti yang biasa dialami pelari.Selain itu, bagian ujung distal dari tulang betis yang menonjol di sebelah luar kaki juga menjadi area yang rentan terkena cedera. Umumnya, cedera ini terjadi saat pergelangan kaki terkilir dan membuat retak tulang betis bagian bawah.

2. Tumor

Tidak hanya yang berhubungan dengan gaya tekan, gangguan pada tulang betis juga bisa terjadi akibat masalah pada tingkat sel atau jaringan, seperti tumor. Pada tulang betis, tumor umumnya muncul di bagian ujung proksimal dan pada tahap parah akan menyebabkan nyeri hebat yang menyebar ke area di sektiar lutut.

3. Kerusakan fungsi

Saat tulang betis dan tulang kering patah berkeping-keping, bisa terjadi pertukaran fungsi antar keduanya.
Sebab, tulang betis akan tumbuh dan membaik dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan tulang kering. Akibatnya, tulang betis akan melakukan penyesuaian untuk menggantikan peran tulang kering dan membuatnya menjadi tumbuh menjadi lebih besar dan tebal dari yang seharusnya.
Pada beberapa kasus, kondisi ini justru juga akan menghambat tulang kering kembali tumbuh seperti semula, dan membuat kaki bagian bawah hanya memiliki satu tulang panjang, yaitu tulang betis.

Cara menjaga kesehatan tulang betis

Melihat pentingnya fungsi tulang betis untuk tubuh, maka mulai saat ini Anda diharapkan tidak lagi abai dalam menjaga kesehatan tulang ini. Sama seperti tulang-tulang lainnya di tubuh, Anda bisa terus menjaga kesehatannya dengan:
  • Memenuhi kebutuhan kalsium harian
  • Memperoleh asupan vitamin D
  • Rutin berolahraga, terutama yang memanfaatkan berat badan sebagai beban penggerak, seperti lari, jogging atau naik turun tangga
  • Mengurangi konsumsi alkohol dan berhenti merokok, jika Anda perokok
Apabila Anda sudah mulai merasakan suatu gangguan pada tulang betis maupun tulang lainnya di tubuh, jangan ragu untuk langsung berkonsultasi dengan dokter. Untuk pemeriksaan atau perawatan lebih rinci, Anda juga bisa mengunjungi dokter tulang atau dokter spesialis ortopedi.
kesehatan tulangfungsi organanatomi manusia
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/fibula-anatomy-4587597
Diakses pada 1 Juni 2020
Inner Body. https://www.innerbody.com/image_skelfov/skel27_new.html
Diakses pada 1 Juni 2020
Teach Me Anatomy. https://teachmeanatomy.info/lower-limb/bones/the-fibula/
Diakses pada 1 Juni 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/bone-health/art-20045060
Diakses pada 1 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait