8 Fungsi Serum Wajah untuk Kecantikan yang Paripurna

Ada banyak fungsi serum wajah bagi kecantikan wajah Anda
Ilustrasi seorang wanita yang sedang memakai serum wajah

Berapa tahap yang Anda biasa lalui untuk perawatan wajah sehari-hari? Apakah tiga? Atau mungkin lima?

Tahapan tersebut masih kalah dengan perawatan wajah ala orang Korea Selatan yang bahkan mengharuskan Anda melalui 10 tahap perawatan kulit dalam rutinitas skincare mereka. Salah satu tahapan skincare biasanya menyertakan satu produk yang dinamakan serum wajah. Apa fungsi serum wajah ini?

Apa itu serum wajah?

Serum wajah adalah cairan berbasis minyak atau air yang mudah diserap kulit, biasanya mengandung bahan aktif dengan konsentrat tinggi dari asam hialuronat, asam glikolat, atau vitamin C. Serum wajah dianggap efektif untuk menangani masalah perawatan kulit tertentu, seperti kerutan, bercak dan noda gelap di wajah, kulit kering, serta sebagai langkah penanganan jerawat.

Dibandingkan pelembap wajah biasa, serum umumnya memiliki tekstur yang lebih tipis sehingga membuatnya sempurna jika Anda akan menggunakan produk perawatan lain untuk melapisinya. Serum hadir dalam berbagai bentuk, seperti gel, minyak, krim, dan beberapa bahkan diformulasikan dengan konsistensi serupa air.

Fungsi serum wajah

Berdasarkan kandungannya yang mayoritas baik untuk wajah Anda, berikut fungsi serum wajah dalam perawatan kecantikan Anda:

  • Mengurangi bercak hitam pada wajah

Paparan sinar UV dan bertambahnya usia menjadi penyebab utama kulit menjadi kusam dan munculnya bercak hitam di wajah. Serum wajah yang mengandung asam glikolat terbukti secara ilmiah dapat mengurangi bercak hitam.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery mengungkapkan bahwa asam glikolat secara signifikan dapat menurunkan indeks keparahan noda gelap di kulit yang disebut melasma.

Dibandingkan dengan orang yang mendapatkan perawatan dengan laser dan produk perawatan kulit lainnya, pemberian asam glikolat menunjukkan hilangnya noda tersebut dengan lebih cepat.

  • Mengurangi kerutan dan membuat wajah lebih kenyal

Kandungan lain yang biasa kita temui dalam serum wajah adalah asam hialuronat dan vitamin C. Kedua zat tersebut adalah kunci dalam memerangi penuaan kulit.

Asam hialuronat telah terbukti dalam banyak penelitian mampu menghentikan penuaan kulit karena fungsinya yang bisa memperbaiki kulit yang rusak. Pemberian serum wajah yang mengandung kedua zat ini dapat membantu kulit tetap lembap dan kenyal.

  • Melembapkan wajah dan membuat kulit tetap kencang

Saat kita beranjak dewasa, kulit secara bertahap akan kehilangan kelembapan dan menjadi kendor, terutama di daerah-daerah sensitif, seperti tulang pipi atau di bawah mata. Asam hialuronat dalam serum wajah juga dapat mengatasi masalah ini.

  • Merawat kulit berjerawat

Berbagai serum wajah yang tersedia di pasaran dapat membantu hampir semua masalah kulit, termasuk jerawat. Fungsi serum wajah untuk membantu menghilangkan jerawat berasal dari bahan-bahan yang dikandungnya, yaitu benzoil peroksida dan asam salisilat.

Ada banyak peneliti yang membuktikan khasiat medis dari kedua zat tersebut. Salah satunya studi gubahan seorang dokter bernama Bissonnette yang menyatakan bahwa kedua zat tersebut dapat mengurangi radang akibat jerawat secara signifikan dan mengatasi masalah jerawat secara umum. 

  • Membantu proses pengelupasan sel kulit mati

Setiap harinya, sel kulit kita akan mengalami kematian, Anda mungkin terbiasa mengangkat kulit yang mati dengan scrub. Akan tetapi, pengelupasan dengan scrub tidak bisa dipakai setiap hari karena alasan keamanan kulit.

Serum wajah dapat menjadi pilihan Anda dalam mengangkat kulit mati di samping scrub. Selain mengangkat kulit mati, serum wajah dengan kandungan AHA dan BHA, seperti asam laktat dan asam malat, yang berguna untuk melapisi kembali kulit agar terasa lebih halus merata.

  • Menghilangkan kulit kusam

Seiring bertambahnya usia, pancaran cahaya pada kulit secara alami akan meredup dan menjadikannya terlihat kusam. Salah satu temuan terbaru dalam formula serum, yaitu golden micro-reflectors, dikenal bermanfaat untuk merangsang tumbuhnya sel kulit baru sehingga dapat memulihkan kulit kusam.

  • Mencerahkan kulit

Kandungan lain yang biasanya terdapat dalam serum wajah adalah kojic acid atau asam kojic, yang dikenal dapat mengobati masalah pigmen dan bintik-bintik penuaan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam kojic berperan sebagai agen pencerah dengan memperlambat produksi melanin (pigmen coklat). Dengan penggunaan yang teratur, asam kojic dapat membuat kulit Anda lebih kuat terhadap sengatan matahari sehingga wajah tetap cerah.

  • Menghidrasi kulit

Cuaca yang tak menentu dan diet yang kurang sehat sering membuat kulit menjadi kering.  Ketika kulit Anda terasa sangat kering, pelembap saja mungkin tidak dapat mengatasinya.

Sebagai langkah tepat, Anda dapat menggunakan serum wajah yang melembapkan kembali kulit kering. Asam hialuronat yang terkandung dalam banyak serum wajah dipercaya dapat mengatasi masalah ini.

Sebuah penelitian lain tentang asam hialuronat menyatakan bahwa zat tersebut dapat menghidrasi wajah hingga 96 persen lebih efektif.

Kulit cantik yang sehat bukan hanya karunia genetik. Usaha merawatnya dalam kegiatan rutin sehari-hari juga akan memberikan dampak besar demi kesehatan kulit Anda. Selain menggunakan serum wajah, imbangi dengan pola hidup yang sehat, seperti cukupi kebutuhan air setiap harinya dan hindari rokok.

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3560164/
Diakses pada 21 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19601984
Diakses pada 21 Februari 2020

ONLEIBRARY. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1473-2165.2009.00418.x
Diakses pada 21 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3970829/
Diakses pada 21 Februari 2020

MYCLEVELANDCLINIC. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/10980-understanding-the-ingredients-in-skin-care-products
Diakses pada 21 Februari 2020

MYDERMCONSULT. https://www.mydermconsult.com/myderm_blog/new-year-skincare-1
Diakses pada 21 Februari 2020

LOREALPARISUSA. https://www.lorealparisusa.com/beauty-magazine/skin-care/anti-aging/reasons-to-use-serum.aspx
Diakses pada 21 Februari 2020

COSMOPOLITAN. https://www.cosmopolitan.com/uk/beauty-hair/beauty-trends/a42942/korean-skincare-routine-explained/
Diakses pada 21 Februari 2020

RESEARCHGATE. https://www.researchgate.net/publication/330181181_Kojic_acid_applications_in_cosmetic_and_pharmaceutical_preparations
Diakses pada 21 Februari 2020

Artikel Terkait