9 Fungsi Serum Wajah untuk Kecantikan Paripurna Serta Cara Memilih dan Menggunakannya


Fungsi serum wajah adalah untuk memperbaiki masalah kulit wajah, mulai dari jerawat hingga kerutan. Manfaat serum bisa didapat berkat kandungan di dalamnya. Namun, Anda juga perlu tahu cara memilih dan memakai serum yang tepat

(0)
27 Feb 2020|Nurul Rafiqua
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada banyak fungsi serum wajah bagi kecantikan wajah AndaSerum wajah sering digunakan dalam serangkaian perawatan kulit wanita
Serum wajah adalah produk skincare dalam rangkaian perawatan kulit yang mungkin sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Fungsi serum wajah berasal dari kandungan konsentrat bahan aktif yang dianggap bisa memperbaiki masalah kulit wajah. Meski serum wajah sudah menjadi rangkaian produk perawatan kulit yang wajib, penting untuk mengetahui manfaat serum wajah dan cara untuk menggunakannya dengan tepat.

Apa itu serum wajah?

Fungsi serum wajah berasal dari berbagai kandungan di dalamnya
Serum wajah memiliki tekstur yang ringan bahkan ada yang mirip air
Serum wajah adalah cairan bertekstur ringan dan umumnya tidak mengandung minyak, yang mudah diserap oleh kulit. Serum hadir dalam berbagai bentuk, seperti gel, krim, dan beberapa bahkan diformulasikan dengan konsistensi mirip air.Fungsi serum wajah dianggap efektif untuk menangani masalah kulit tertentu, seperti kerutan, bintik dan noda hitam di wajah, kulit kering, serta jerawat.Dalam sebotol serum, biasanya mengandung bahan aktif, seperti zat antipenuaan, antioksidan, peptida, asam kojic (pencerah kulit), hyaluronic acid, asam glikolat, dan berbagai vitamin (vitamin A, C, dan E). Serum wajah tidak mengandung bahan-bahan pelembap oklusif atau kedap udara, seperti petrolatum atau minyak mineral yang melindungi air dari penguapan. Serum juga memiliki kandungan agen pelumas dan pengental, seperti kacang atau minyak biji-bijian, yang lebih sedikit.
Fungsi serum wajah adalah mencerahkan kulit
Fungsi serum wajah dianggap baik untuk mengatasi masalah kulit
Dibandingkan pelembap wajah biasa, serum umumnya memiliki tekstur yang lebih tipis sehingga mudah menyerap ke kulit. Anda pun masih bisa menggunakan produk perawatan kulit lain untuk melapisinya.Cairan serum dianggap lebih efektif dibandingkan pelembap atau krim wajah karena mengandung konsentrat bahan aktif yang lebih tinggi. Selain itu, serum wajah memiliki molekul bahan aktif yang lebih kecil dibandingkan produk perawatan kulit wajah lainnya.Ukuran bahan aktif yang kecil tersebut membuat serum menjadi lebih mudah dan cepat masuk ke dalam pori-pori wajah. Oleh sebab itu, tak heran apabila sebotol kecil serum memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan pelembap wajah.Baca Juga: Rekomendasi Serum Wajah yang Bagus, Yuk Dicoba!

Apa fungsi serum wajah?

Berkat berbagai kandungan yang baik untuk wajah, berikut adalah fungsi serum wajah sebagai produk perawatan kecantikan Anda. 

1. Mengurangi bintik hitam pada wajah

Salah satu fungsi serum wajah adalah mengurangi bintik hitam pada wajah. Paparan sinar UV dan bertambahnya usia menjadi penyebab kulit kusam dan munculnya bintik hitam di wajah yang utama.Serum wajah yang mengandung asam glikolat terbukti secara ilmiah dapat mengurangi bintik hitam.Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery mengungkapkan bahwa asam glikolat secara signifikan dapat menurunkan tingkat keparahan bintik hitam di kulit yang disebut melasma.Dibandingkan dengan orang yang melakukan perawatan laser dan produk perawatan kulit lainnya, penggunaan serum wajah mengandung asam glikolat efektif untuk menghilangkan noda hitam di wajah dengan lebih cepat.

2. Mengurangi kerutan dan membuat wajah lebih kenyal

Fungsi serum wajah adalah mengurangi kerutan
Melawan penuaan kulit jadi manfaat serum wajah
Fungsi serum wajah berikutnya adalah mengurangi kerutan dan membuat wajah tampak kenyal. Manfaat serum wajah ini berasal dari kandungan hyaluronic acid dan vitamin C. Kedua zat ini merupakan kunci dalam memerangi penuaan kulit. Hyaluronic acid telah terbukti dalam sejumlah penelitian untuk memperlambat penuaan kulit. Sebab, fungsinya yang bisa memperbaiki kulit yang rusak. Penggunaan serum wajah yang mengandung kedua zat ini juga dapat menjaga kelembapan kulit.

3. Mengencangkan kulit

Mengencangkan kulit bisa juga menjadi manfaat serum wajah. Saat kita beranjak dewasa, kulit secara bertahap akan kehilangan kelembapan dan menjadi kendor. Utamanya, di daerah-daerah sensitif, seperti tulang pipi atau di bawah mata. Lagi-lagi, kandungan hyaluronic acid dalam serum wajah dapat mengatasi masalah ini.

4. Merawat kulit berjerawat

Merawat kulit berjerawat jadi fungsi serum wajah lainnya
Penggunaan serum bisa mengatasi masalah jerawat
Berbagai serum wajah yang tersedia di pasaran diyakini mampu mengatasi masalah kulit, termasuk jerawatFungsi serum wajah adalah membantu menghilangkan jerawat berkat kandungan bahan di dalamnya, yaitu benzoil peroksida dan asam salisilat.Ada banyak peneliti yang membuktikan khasiat medis dari kedua zat tersebut. Salah satunya studi seorang dokter bernama Bissonnette yang menyatakan bahwa kedua zat tersebut dapat mengurangi jerawat meradang secara signifikan dan mengatasi masalah jerawat secara umum. 

5. Mengelupas sel kulit mati

Fungsi serum wajah juga bisa menjadi pilihan Anda dalam mengangkat sel kulit mati. Anda bisa mendapatkan manfaat serum wajah dengan kandungan AHA dan BHA, seperti asam laktat dan asam malat, yang bertujuan untuk melapisi kulit kembali agar terasa lebih halus merata. 

6. Menghilangkan kulit kusam

Seiring bertambahnya usia, pancaran cahaya pada kulit secara alami akan meredup dan menjadikannya terlihat kusam. Nah, salah satu temuan terbaru dalam fungsi serum wajah, yaitu golden micro-reflectorsFormula ini dikenal bermanfaat untuk merangsang tumbuhnya sel kulit baru sehingga dapat memulihkan kulit kusam.

7. Mencerahkan kulit

Fungsi serum wajah berasal dari kandungan asam kojic di dalamnya
Kandungan asam kojic pada serum bisa mencerahkan kulit
Kandungan lain yang biasanya terdapat dalam serum wajah adalah kojic acid atau asam kojic. Asam kojic dikenal dapat mengobati masalah pigmen dan bintik hitam tanda penuaan.Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam kojic berperan sebagai agen pencerah dengan memperlambat produksi melanin (pigmen coklat). Dengan penggunaan yang teratur, asam kojic dapat membuat kulit Anda lebih kuat terhadap sengatan matahari sehingga wajah tetap cerah.

8. Melembapkan kulit

Manfaat serum wajah dapat melembapkan kulit yang kering. Hyaluronic acid yang terkandung dalam banyak serum wajah dipercaya dapat mengatasi masalah ini.Sebuah penelitian lain tentang hyaluronic acid menyatakan bahwa zat tersebut dapat melembapkan kulit lebih efektif hingga 96 persen lebih efektif.

9. Mengurangi minyak berlebih

Manfaat serum wajah cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak. Pasalnya, serum wajah tidak mengandung minyak sehingga minyak berlebih pada kulit dapat dikendalikan. Selain itu, Anda yang ingin menggunakan produk perawatan kulit berbahan dasar ringan lainnya tapi tidak menghasilkan efek minyak berlebih dan lengket di wajah, penggunaan serum wajah cocok untuk dijadikan pilihan.

Bagaimana cara memilih serum wajah?

Cara memilih serum wajah bisa dibilang susah-susah gampang. Namun, selalu pastikan untuk memilih serum wajah yang sesuai dengan tipe kulit dan kondisi terkini wajah Anda.Sebab, berbeda masalah kulit, berbeda pula jenis serum wajah yang harus Anda gunakan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Serum wajah untuk kulit kering

Anda yang memiliki tipe kulit kering, carilah serum wajah yang mengandung vitamin E, niacinamide, ceramide, dan asam glikolat. Ketiga kandungan tersebut dapat menutrisi dan menjaga kelembapan kulit Anda.

2. Serum wajah untuk kulit penuaan

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan flek hitam. Pilihlah serum wajah yang mengandung kombinasi vitamin C, vitamin E, dan asam ferulat.

3. Serum untuk bintik hitam di wajah

Serum wajah mengandung vitamin C dianggap dapat mencegah bintik hitam bekas jerawat, memperbaiki kulit wajah akibat paparan sinar matahari, dan merangsang produksi kolagen.Cari pula serum wajah dengan kandungan asam kojic (yang membantu mencerahkan bintik hitam di wajah) dan asam glikolat yang berfungsi mencerahkan kulit dan mengurangi munculnya flek hitam bekas jerawat akibat penuaan.  

4. Serum wajah untuk kulit berjerawat

Bagi Anda yang mengalami masalah jerawat, pilihlah serum dengan kandungan asam salisilat. Asam salisilat bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan mencegah pori-pori tersumbat yang dapat menyebabkan terbentuknya komedo dan jerawat.Perlu diingat bahwa penggunaan serum wajah tidak untuk semua tipe dan kondisi kulit. Tekstur gel atau cair pada serum dapat berakibat buruk pada orang-orang dengan eksim atau rosacea. Pasalnya, serum dapat merusak lapisan kulit sehingga menyebabkan iritasi.Maka dari itu, cara memilih serum wajah cocok untuk Anda adalah dengan berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Dokter dapat membantu menentukan apakah Anda cocok untuk menggunakan serum wajah atau tidak.

Bagaimana cara menggunakan serum wajah yang benar?

Untuk mendapatkan manfaat serum wajah yang efektif, cara menggunakan serum wajah dilakukan setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan produk skincare wajah lainnya. Pertama, cara memakai serum wajah adalah memastikan wajah sudah dibersihkan terlebih dahulu menggunakan air bersih dan sabun cuci muka. 
Fungsi serum wajah bisa Anda dapat pada pagi dan malam hari
Cara memakai serum wajah adalah menuangkannya ke telapak tangan dulu
Kemudian, tuangkan sedikit serum wajah, kurang lebih seukuran kacang polong, ke telapak tangan. Oleskan serum ke seluruh permukaan wajah sampai merata. Tepuk-tepuk wajah secara perlahan agar serum menyerap ke dalam permukaan kulit dengan sempurna. Jika Anda memiliki tipe kulit sensitif, sebaiknya tunggu sekitar 10-15 menit setelah Anda membersihkan wajah untuk menggunakan serum.Cara memakai serum wajah bisa dilakukan pada pagi hari dan malam hari. Gunakan serum setelah membersihkan wajah, atau sebelum mengoleskan pelembap dan sunscreen pada pagi hari. Pada malam hari, gunakan serum wajah setelah cuci muka atau sebelum menggunakan krim malam. Baca Juga: Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam Hari

Apakah serum dan essence sama?

Meskipun terlihat mirip, fungsi serum wajah dan essence nyatanya berbeda. Serum wajah memiliki kandungan ceramide, hyaluronic acid, asam lemak, serta bahan aktif tambahan lainnya yang berfungsi untuk mencegah peradangan dan radikal bebas, seperti aloe vera, zinc, vitamin C, hingga ekstrak biji anggur. Manfaat serum wajah berasal dari kandungan bahan aktif yang bertujuan untuk mengatasi berbagai masalah kulit.Misalnya, keriput, garis-garis halus, noda hitam bekas jerawat, serta warna kulit wajah yang tidak merata.Sementara, manfaat essence berasal dari kandungan gliserin, hyaluronic acid, sejumlah vitamin yang bekerja untuk menjaga kelembapan, mencerahkan, dan menghaluskan kulit. Baca Juga: Perbedaan Serum dan Essence, Duo Andalan Produk Skincare 

Catatan dari SehatQ

Serum wajah adalah cairan bertekstur ringan dan umumnya tidak mengandung minyak, yang mudah diserap oleh kulit. Manfaat serum wajah adalah mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk noda hitam bekas jerawat, warna kulit tidak merata, kulit kering, hingga keriput. Apabila penggunaan serum wajah justru menimbulkan efek samping berupa kemerahan, ruam, dan rasa gatal, segera hentikan pemakaian. Kemudian, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit guna mendapatkan penanganan lebih lanjut dan saran pemakaian produk perawatan kulit wajah yang tepat.Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar manfaat serum wajah sesuai jenis dan masalah kulit Caranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
produk kecantikanperawatan wajahkesehatan kulitkulit dan kecantikan
Web Md. https://www.webmd.com/beauty/features/beauty-smarts-serums-jan13#1
Diakses pada 7 November 2019
Web Md. https://www.webmd.com/beauty/features/beauty-smarts-serums-jan13#1
Diakses pada 7 November 2019
Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/blog/skin-serum-what-it-can-and-cant-do-2018061214029
Diakses pada 7 November 2019
Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/finding-the-right-serum-for-your-skin
Diakses pada 7 November 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3560164/
Diakses pada 21 Februari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19601984
Diakses pada 21 Februari 2020
ONLEIBRARY. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1473-2165.2009.00418.x
Diakses pada 21 Februari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3970829/
Diakses pada 21 Februari 2020
MYCLEVELANDCLINIC. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/10980-understanding-the-ingredients-in-skin-care-products
Diakses pada 21 Februari 2020
MYDERMCONSULT. https://www.mydermconsult.com/myderm_blog/new-year-skincare-1
Diakses pada 21 Februari 2020
LOREALPARISUSA. https://www.lorealparisusa.com/beauty-magazine/skin-care/anti-aging/reasons-to-use-serum.aspx
Diakses pada 21 Februari 2020
COSMOPOLITAN. https://www.cosmopolitan.com/uk/beauty-hair/beauty-trends/a42942/korean-skincare-routine-explained/
Diakses pada 21 Februari 2020
RESEARCHGATE. https://www.researchgate.net/publication/330181181_Kojic_acid_applications_in_cosmetic_and_pharmaceutical_preparations
Diakses pada 21 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait