Fungsi Panty Liner bagi Wanita dan Kemungkinan Efek Sampingnya


Fungsi panty liner adalah menyerap keputihan dan mencegahnya menodai pakaian Anda. Selain itu, manfaat panty liner juga bisa Anda nikmati di akhir masa haid untuk mencegah sisa-sisa darah menyebabkan kebocoran.

0,0
04 Sep 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Fungsi panty liner adalah menyerap keputihan dan sisa menstruasiPanty liner dapat membantu menyerap cairan keputihan
Keputihan dapat menyebabkan pakaian dalam basah atau lembap. Untuk melindungi pakaian dalam dari noda cairan keputihan dan mempertahankan organ intim kering sepanjang hari, sebagian wanita memilih untuk menggunakan panty liner. Fungsi panty liner secara umum adalah menjaga kelembapan area vagina. Mari kita kenali lebih jauh seputar apa itu panty liner dan kegunaannya.

Apa itu panty liner?

Panty liner adalah bantalan penyerap tipis yang dikenakan pada pakaian dalam untuk menyerap keputihan atau aliran menstruasi ringan.Pada dasarnya, panty liner adalah pembalut versi tipis yang digunakan untuk mencegah noda dan menjaga kebersihan pakaian dalam. Anda hanya perlu mengenakannya saat memerlukan fungsi panty liner untuk melindungi pakaian dalam pada kondisi tertentu saja.

Jenis-jenis panty liner

Panty liner berukuran jauh lebih kecil dan tipis dari pembalut biasa sehingga kegunaan panty liner juga sedikit berbeda dari pembalut pada umumnya.Panty liner tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Mulai dari panty liner yang sangat kecil dan ringkas hingga panty liner yang berbentuk pelindung lebih besar. Fungsi panty liner berukuran besar diperuntukkan bagi wanita yang mengalami keputihan berat dan aliran menstruasi ringan.Panty liner adalah produk sekali pakai yang dilengkapi perekat sehingga bisa menempel pada tempatnya. Supaya fungsi panty liner tetap terjaga, sebaiknya ganti pelindung ini setiap tiga hingga empat jam sekali.Saat ini, tersedia juga panty liner kain yang dapat dicuci dan dipakai berkali-kali. Manfaat panty liner kain tidak jauh berbeda dari panty liner sekali pakai. Panty liner kain tersedia dalam berbagai ukuran, bahan, pola, warna dan daya serap.Untuk membuatnya nyaman digunakan, panty liner kain memiliki sayap yang melingkar mengelilingi bagian dasar celana dalam dengan perekat pada ujung-ujung sayapnya sehingga tidak mudah bergeser.

Fungsi panty liner

Berikut adalah beberapa fungsi panty liner yang umumnya berkaitan dengan kenyamanan di area kewanitaan.

1. Menyerap keputihan dan keringat

Utamanya, fungsi panty liner adalah menyerap cairan keputihan berlebih agar tidak menodai pakaian dalam dan menyebabkan ketidaknyamanan.Selain itu, panty liner juga dapat menyerap keringat berlebihan ketika Anda berolahraga atau menjalani hari yang aktif.

2. Menjaga kesegaran area kewanitaan

Kegunaan panty liner lainnya adalah menjaga kelembapan di area kewanitaan sehingga Anda dapat merasa segar dan kering sepanjang hari, serta mencegah perasaan tidak nyaman yang mungkin ditimbulkan ketika vagina basah atau lembap.

3. Menyerap sisa menstruasi

Setelah menstruasi selesai, Anda mungkin masih melihat beberapa bercak atau aliran darah ringan sebelum haid benar-benar berakhir. Pada saat inilah fungsi panty liner dibutuhkan untuk menyerap sisa-sisa cairan tersebut sehingga bisa sangat membantu.

4. Mencegah bocor saat haid tidak terduga

Jika Anda memiliki masa haid yang tidak teratur atau lupa mengingat masa menstruasi, fungsi panty liner di sini dapat membantu Anda. Memakai panty liner bisa membantu mencegah kebocoran dan noda pada hari pertama haid yang sering tidak terduga.

5. Mencegah cairan postpartum merembes keluar

Cairan postpartum adalah keputihan yang keluar setelah melahirkan. Panty liner juga dapat digunakan untuk menjaga area kewanitaan Anda tetap kering dan nyaman selama menjalani periode ini.

Efek samping penggunaan panty liner

Secara umum penggunaan panty liner tergolong aman. Namun, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan untuk mengurangi efek sampingnya, seperti:
  • Panty liner dapat bergesekan dengan labia sehingga dapat memicu kemerahan, iritasi, dan gatal.
  • Jangan pilih panty liner yang mengandung parfum karena kemungkinan mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi jaringan sensitif di sekitar vagina dan dapat mengganggu keseimbahan pH di area kewanitaan Anda.
  • Pastikan mengganti panty liner secara teratur setidaknya dua kali sehari, serta saat terasa sangat lembap untuk mengurangi risiko infeksi.
Itulah fungsi panty liner untuk berbagai kondisi. Panty liner tersedia dalam berbagai variasi. Pilihlah panty liner yang tidak menghambat aliran udara dan terasa nyaman.Jika Anda merasakan ketidaknyamanan selama menggunkan panty liner yang Anda pilih, sebaiknya ganti dengan jenis panty liner berbeda atau hentikan pemakaiannya.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
haidmenstruasikeputihankesehatan vagina
Flo Health. https://flo.health/menstrual-cycle/lifestyle/hygiene-and-beauty/panty-liners
Diakses 24 Agustus 2021
Health Shots. https://www.healthshots.com/intimate-health/menstruation/to-wear-or-not-to-wear-panty-liners-a-gynaecologist-answers-this-pertinent-question/
Diakses 23 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait