Berkenalan dengan Fungsi Pankreas untuk Tubuh dan Penyakit yang Sering Menyerang

(0)
05 Nov 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Fungsi pankreas adalah untuk menghasilkan hormon di sistem endokrin, dan enzim untuk sistem pencernaanPankreas berada di area belakang perut, dekat organ hati dan usus halus
Pankreas mungkin jarang dibicarakan orang awam, dibandingkan organ lain seperti paru-paru-paru, jantung, atau lambung. Padahal, organ ini memiliki peran yang sangat vital. Fungsi pankreas untuk tubuh adalah memastikan sistem pencernaan dan sistem hormon bekerja dengan normal.Pankreas terletak pada bagian belakang perut, di bawah lambung. Organ ini, berdekatan dengan hati serta usus halus. Bagian kepala pankreas terhubung dengan usus dua belas jari, melalui saluran yang disebut pankreas.

Fungsi pankreas, menghasilkan enzim dan hormon sekaligus

Pankreas memiliki dua fungsi sekaligus, yakni untuk menghasilkan enzim pencernaan, serta melepaskan hormon ke aliran darah. Fungsi pankreas untuk memproduksi enzim disebut dengan fungsi eksokrin. Sementara itu, fungsi pankreas untuk merilis hormon, disebut dengan fungsi endokrin.

1. Fungsi endokrin pankreas untuk sistem hormon

Sistem endokrin adalah jaringan kelenjar yang menghasilkan hormon, sebagai komunikasi antarsel. Dalam sistem endokrin atau sistem hormon, pankreas berfungsi melepaskan hormon insulin dan hormon glukagon.Jenis sel yang berperan dalam menghasilkan hormon insulin pada pankreas, disebut sebagai sel beta. Sementara itu, sel yang bertanggung jawab memproduksi hormon glukagon disebut sel alfa.
Letak pankreas di tubuh
Pankreas berperan vital untuk dua sitem sekaligus
Hormon insulin dikeluarkan oleh pankreas, untuk menurunkan gula darah saat kadarnya terlalu tinggi di tubuh. Sebaliknya, hormon glukagon dilepaskan pankreas, apabila kadar gula darah kelewat rendah.Keseimbangan gula darah berperan penting bagi kinerja organ hati, lambung, dan otak, agar senantiasa normal. Pelepasan hormon yang normal dari pankreas tersebut, dapat menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf pusat.

2. Fungsi eksokrin pankreas untuk sistem pencernaan

Pankreas juga berperan dalam sistem pencernaan, dengan mengeluarkan enzim yang bekerja bersama empedu dan kantong empedu, untuk membantu memecah zat gizi.Enzim yang dihasilkan oleh pankreas, untuk sistem pencernaan, yaitu:
  • Lipase, untuk mencerna zat gizi lemak
  • Amilase, untuk memproses karbohidrat
  • Kimotripsin dan tripsin, untuk mencerna protein

Masalah yang mengganggu fungsi pankreas

Seperti organ tubuh lainnya, pankreas juga berisiko untuk mengalami masalah dan gangguan. Tiga gangguan yang umum terjadi pada pankreas maupun hormon yang dihasilkannya adalah diabetes, pankreatitis, dan kanker pankreas.

1. Diabetes

Diabetes merupakan kelompok penyakit yang berkaitan dengan masalah pada hormon insulin. Masalah tersebut, seperti pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin yang cukup, tubuh tidak dapat menggunakan insulin sebagaimana mestinya, atau kombinasi keduanya.Ada dua jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.
  • Diabetes tipe 1
Diabetes tipe 1 merupakan penyakit autoimun. Diabetes ini terjadi jika sistem kekebalan menyerang dan menghancurkan sel beta di pankreas, sehingga organ tersebut tidak dapat memproduksi insulin.
  • Diabetes tipe 2
Diabetes tipe 2 diawali oleh resistensi tubuh terhadap insulin, yang membuat tubuh tidak mampu menggunakan hormon tersebut dengan efisien. Kondisi resisten insulin, memancing pankreas menghasilkan ekstra insulin, hingga tidak mampu memenuhi kebutuhan tubuh lagi.
Diabetes tipe 2 dan kaitannya dengan pankreas
Diabetes yang tak ditangani dapat menyebabkan komplikasi pada kaki
Kekurangan dan resistensi terhadap insulin, dapat memicu tingginya kadar gula dalam darah. Tingginya kadar gula darah tersebut, menyebabkan munculnya masalah-masalah kesehatan.

2. Pankreatitis

Pankreatitis adalah peradangan pada pankreas. Peradangan ini disebabkan oleh enzim yang bekerja terlalu awal, sebelum dilepaskan ke usus halus. Pankreatitis dapat bersifat kronis, maupun akut.Pankreatitis akut sering terjadi karena batu empedu menyumbat saluran utama pankreas, atau terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Kondisi akut biasanya ‘hanya’ terjadi beberapa hari dengan tiba-tiba.Apabila pankreatitis akut terjadi secara berulang, kondisi ini dapat menjadi pankreatitis kronis. Kerusakan permanen pun berisiko dialami penderitanya.

3. Kanker pankreas

Sesuai namanya, kondisi ini terjadi karena pertumbuhan sel kanker pada pankreas. Kasus kanker pankreas, yang paling sering terjadi, yakni sel kanker yang tumbuh pada saluran pankreas. Selain itu, sel kanker dapat tumbuh di bagian eksokrin maupun endokrin pankreas.Kanker pankreas seringkali sulit untuk dideteksi, karena gejalanya sedikit, atau bahkan tidak ada sama sekali. Maka tak heran, saat didiagnosis dokter, kanker pankreas sudah berada dalam fase yang parah.

Menjaga kesehatan fungsi pankreas

Seperti organ lainnya, fungsi pankreas pun bisa dijaga dengan menerapkan gaya hidup sehat. Beberapa langkah mudah berikut ini, dapat Anda lakukan.
  • Hindari konsumsi gorengan dan makanan berlemak jahat
  • Rajin mengonsumsi sayur dan buah
  • Berolahraga secara teratur dan menjaga berat badan
  • Tidak mengonsumsi alkohol dengan berlebihan
  • Tidak merokok
  • Tidak tergoda dengan tips penurunan berat badan yang menjanjikan hasil instan
Sayur dan buah untuk jaga fungsi pankreas
Rajin mengonsumsi sayuran dan buah dapat bantu jaga kesehatan pankreas
Beberapa penyakit pada pankreas, dapat Anda cegah dengan melakukan beberapa usaha di atas. Selain itu, menjalani pemeriksaan pankreas, seperti USG dan pemeriksaan kadar gula darah secara berkala ke dokter, juga sangat dianjurkan.
kanker pankreasinsulinradang pankreasanatomi manusia
Britannica. https://www.britannica.com/science/islets-of-Langerhans#ref196875
Diakses pada 4 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/what-does-the-pancreas-do
Diakses pada 4 November 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/10011.php
Diakses pada 4 November 2019
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=7261
Diakses pada 4 November 2019
Web MD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/picture-of-the-pancrea
Diakses pada 4 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait