Fungsi Kaporit untuk Kehidupan Ada Beragam, Begitu Juga Bahayanya

Fungsi kaporit untuk kehidupan tak hanya untuk bersihkan kolam renang
Fungsi kaporit salah satunya adalah untuk membersihkan kolam renang

Fungsi kaporit yang paling dikenal selama ini adalah sebagai campuran air kolam renang. Namun ternyata, bahan kimia yang satu ini juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan sebagai campuran di air minum.

Meski begitu, kaporit pada dasarnya adalah bahan beracun. Bahkan pada Perang Dunia Pertama, bahan ini digunakan sebagai senjata kimia. Namun tentu saja, kadar kaporit yang digunakan sebagai senjata dan campuran bahan sehari-hari sangat jauh berbeda.

Kadar kaporit yang dicampurkan di kolam renang, air minum, maupun produk pembersih rumah jumlahnya minimal. Sayangnya, hal ini tetap tidak menutup kemungkinan seseorang terkena dampak negatif dari paparan klorin berlebih.

Fungsi kaporit dalam kehidupan sehari-hari

Dalam dosis-dosis tertentu, kaporit bisa memberikan banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari, seperti:

1. Membersihkan dan menjernihkan air

Kaporit memang sudah umum dicampurkan ke dalam kolam renang maupun di air yang dialirkan ke rumah-rumah. Sebab, bahan yang satu ini bisa bertindak sebagai disinfektan berbasis klorin yang bisa mencegah terjadinya berbagai penyakit yang bersumber dari air, seperti kolera, demam tifoid, disentri, dan hepatitis A.

Kadar kaporit yang digunakan di kolam renang, juga bisa menghancurkan patogen penyebab diare, infeksi telinga, dan infeksi jamur di kaki.

2. Pembersih perabot rumah

Susunan kimiawi kaporit, juga digunakan dalam pembuatan pemutih pakaian dan pembersih rumah. Bahan ini dinilai efektif untuk menyingkirkan berbagai kuman yang menempel di permukaan baju maupun barang-barang lainnya di rumah.

3. Mengusir hama

Fungsi kaporit lainnya adalah sebagai salah satu bahan baku pestisida, sehingga bahan makanan yang Anda konsumsi terbebas dari hama. Selain itu, kaporit juga bisa digunakan sebagai campuran cairan pembersih dapur, agar barang-barang yang akan berkontak dengan makanan di rumah terbebas dari berbagai kuman.

4. Sebagai bahan baku obat

Kaporit juga berperan dalam dunia kesehatan. Sebab, bahan ini digunakan dalam pembuatan beberapa jenis obat, kantung darah, hingga benang operasi.

5. Pembuatan gadget

Dari sekian banyak bahan baku yang digunakan untuk membuat prosesor telepon genggam, komputer, dan tablet, kaporit adalah salah satunya. Selain itu, kaporit ternyata juga merupakan salah satu bahan baku pendingin lemari es.

6. Berguna dalam sarana transportasi

Fungsi kaporit ternyata juga menyasar bidang transportasi. Hampir semua moda transportasi mengandung kaporit di bagian kursi, minyak rem, hingga bagian badan mobil.

Meski fungsi kaporit dalam kehidupan sehari-hari begitu beragam, tapi tetap ada bahaya yang mengintai di baliknya. Bagaimanapun juga, kaporit adalah bahan kimia yang bisa berbahaya bagi kesehatan jika diterima dalam dosis besar.

Bahaya kaporit untuk kesehatan

Apabila seseorang terpapar kaporit dalam kadar yang berlebihan, gangguan kesehatan bisa muncul. Hal ini terjadi karena saat tubuh berkontak dengan kaporit, baik dari air, udara, ataupun tidak sengaja tertelan, maka zat ini akan bereaksi dengan mengubah dirinya menjadi asam. Zat asam inilah yang bersifat merusak sel di tubuh.

Berikut ini gangguan kesehatan yang bisa muncul akibat paparan kaporit berlebih:

  • Iritasi saluran napas
  • Susah bernapas
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk
  • Iritas mata
  • Iritasi kulit
  • Mata, tenggorokan, atau hidung terasa seperti terbakar
  • Mual dan muntah
  • Penglihatan kabur
  • Terdapat cairan di paru-paru

Perlu diingat, Anda belum tentu terpapar kaporit berlebih, jika mengalami gejala yang serupa dengan kondisi di atas. Untuk memastikannya, segera periksakan kondisi Anda ke dokter.

Apa yang harus dilakukan jika terkena paparan kaporit berlebih?

Apabila Anda berada di situasi yang menyebabkan paparan kaporit terjadi secara berlebihan, segera lakukan hal-hal di bawah ini untuk meminimalisir terjadinya efek samping:

  • Segera tinggalkan area dengan kebocoran kaporit dan cari tempat yang memiliki udara segar untuk mengurangi risiko efek samping.
  • Jika memungkinkan, segera cari tempat yang tinggi. Sebab, kaporit lebih berat dari udara sehingga udara di atas umumnya tidak ikut terpapar.
  • Apabila kaporit dalam bentuk gas bocor di area perkantoran atau di dalam gedung, segera keluar secepatnya.
  • Segera ganti pakaian dengan yang bersih dan segera cuci pakaian yang sudah terpapar kaporit secara berlebih.
  • Apabila paparan kaporit terjadi secara langsung di kulit, segera mandi menggunakan air dan sabun dalam jumlah banyak.
  • Apabila kaporit masuk ke mata, segera bilas dengan air bersih selama 10-15 menit. Jika Anda menggunakan lensa kontak, lepas terlebih dahulu baru kemudian bilas.
  • Apabila tidak sengaja menelan kaporit, jangan merangsang tubuh untuk muntah atau minum air. Segera cari pertolongan medis.

Bahaya kaporit di atas hanya akan muncul apabila paparan terjadi secara berlebihan. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir untuk berenang atau menggunakan benda sehari-hari yang mengandung kaporit. Karena umumnya, kadarnya sudah diatur agar tidak membahayakan kesehatan.

Chemical Safety. https://www.chemicalsafetyfacts.org/chlorine/
Diakses pada 6 Februari 2020

Live Science. https://www.livescience.com/28988-chlorine.html
Diakses pada 6 Februari 2020

Department of Health, New York. https://www.health.ny.gov/environmental/emergency/chemical_terrorism/chlorine_general.htm
Diakses pada 6 Februari 2020

CDC. https://emergency.cdc.gov/agent/chlorine/basics/facts.asp
Diakses pada 6 Februari 2020

Artikel Terkait