Berbagai Fungsi Protein yang Penting untuk Tubuh


Fungsi protein bagi tubuh adalah untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga keseimbangan asam dan basa di tubuh.

0,0
27 Aug 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
fungsi protein dapat menjadi sumber lemakTelur merupakan salah satu makanan yang kaya dengan protein
Protein adalah salah satu sumber gizi penting yang penting untuk tubuh. Nutrisi ini banyak ditemukan pada makanan sehari-hari yang bersumber dari hewani maupun nabati. Pada saluran pencernaan protein akan dipecah menjadi senyawa yang disebut asam amino esensial. Protein salah satu zat gizi makro yang sangat krusial untuk tubuh, bersama dengan karbohidrat dan lemak. Direkomendasikan untuk selalu ada dalam menu diet, apa saja fungsi protein untuk tubuh?

Apakah fungsi protein bagi tubuh?

Ada banyak sekali fungsi protein. Selain sebagai zat gizi, protein juga memberikan Anda energi. Lebih dari itu, fungsi protein bahkan menjangkau sistem hormon dan enzim.Fungsi utama protein bagi tubuh adalah:

1. Membangun dan memelihara jaringan tubuh

Fungsi protein adalah salah satunya membangun dan memelihara jaringan tubuh. Jumlah protein yang diserap oleh tubuh untuk pemeliharaan tersebut, bergantung pada keadaan kesehatan Anda.
Ibu menyusui membutuhkan protein yang lebih banyak dari orang biasa
Ibu hamil membutuhkan protein yang lebih banyak dari orang biasa
Misalnya, orang sedang menjalani masa pemulihan setelah operasi dan kecelakaan, membutuhkan asupan protein yang lebih tinggi dari orang biasa. Selain itu, protein dalam jumlah yang lebih besar juga dibutuhkan saat Anda sakit, serta bagi ibu hamil dan menyusui.

2. Mempercepat reaksi kimia di tubuh

Tubuh memerlukan enzim, yang terdiri atas protein, untuk mempercepat berbagai reaksi biokimia di tubuh. Fungsi protein tersebut dijalankan oleh kombinasi molekul dalam sel, yang disebut dengan substrat. Selain itu, beberapa enzim juga bekerja sama dengan vitamin dan mineral.Beberapa fungsi di tubuh, yang bergantung pada fungsi enzim yakni sistem pencernaan, produksi energi, pembekuan darah, dan kontraksi otot.

3. Komunikasi antar bagian tubuh

Selain sebagai enzim, beberapa protein juga diperlukan sebagai hormon. Hormon berperan sebagai pembawa pesan antar sel, jaringan, dan organ tubuh. Hormon diproduksi dan dikeluarkan oleh kelenjar endokrin, lalu diangkut ke jaringan atau organ yang menjadi target melalui aliran darah.Hormon diklasifikasikan menjadi tiga kategori utama, yakni protein atau peptida, steroid, dan turunan asam amino. Hormon protein atau peptida membentuk sebagian besar hormon di tubuh. Misalnya, insulin untuk penyerapan glukosa, glukagon untuk pemecahan glukosa di organ hati, hingga human growth hormone (hGH) untuk pertumbuhan berbagai jaringan.Baca juga: Memahami Angka Kecukupan Gizi (AKG) dan Cara Memenuhinya

4. Memberi struktur tubuh

Beberapa protein juga membantu sel dan jaringan tubuh agar kuat. Protein yang berperan dalam struktur tubuh tersebut berupa keratin, kolagen, dan elastin. Protein-protein tersebut membantu pembentukan kerangka struktur tertentu, agar saling berkait.Keratin ditemukan pada kulit, rambut, dan kuku. Protein kolagen merupakan protein yang paling banyak terdapat di tubuh, dan mendukung kesehatan struktur tulang, tendon, ligamen, dan kulit. Sementara itu, elastin terdapat di rahim, paru-paru, dan pembuluh darah.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat Protein lainnya adalah berperan dalam pembentukan imunoglobulin atau antibodi, yang berfungsi untuk melawan infeksi. Dengan begitu, Anda dapat terlindungi dari berbagai benda asing penyebab penyakit, termasuk bakteri dan virus.Begitu menghasilkan antibodi untuk melawan bakteri atau virus tertentu, sel tubuh akan selalu bisa merespons dengan cepat, apabila bakteri atau virus yang sama, kembali menyerang di waktu setelahnya. Hal ini terjadi karena tubuh memiliki kekebalan terhadap penyakit yang pernah terpapar tersebut.

6. Mengangkut dan menyimpan zat gizi

Berbagai zat gizi yang Anda konsumsi, disebarkan oleh protein pengangkut ke berbagai sel tubuh, melalui aliran darah. Zat gizi yang diangkut termasuk vitamin, mineral, gula darah, kolesterol, hingga oksigen.Dikytip dari penelitian dalam NCBI, contoh protein pengangkut yang mungkin Anda kenal yakni hemoglobin yang membawa oksigen dari paru-paru, menuju jaringan tubuh lain. Ada pula glucose transporters (GLUT), yang membawa glukosa ke sel tubuh. Protein pengangkut tersebut, bekerja dengan membawa zat gizi, yang sudah menjadi tugasnya.Selain mengangkut zat gizi, ada pula protein yang menyimpan zat gizi. Misalnya, ferritin yang menyimpan zat besi.

7. Menjaga keseimbangan asam dan basa di tubuh

Berbagai larutan alami, termasuk di tubuh, memiliki tingkat keasaman tertentu. Tingkat keasaman diukur menggunakan skala pH, yang memiliki rentang 0-14. Semakin kecil skala pH, semakin asam larutan tersebut.
Protein membantu menjaga keseimbangan asam dan basa di tubuh
Salah satu fungsi protein yakni menjaga derajat keasaman larutan di tubuh, termasuk asam lambung
Sebagai contoh, skala pH yang normal untuk asam lambung adalah 2. Sementara itu, skala pH yang normal untuk darah yakni 7,4. Perubahan skala pH di cairan tubuh, walau kecil, dapat berakhir fatal.Manfaat protein salah satunya adalah mengatur tingkat keasaman atau derajat pH cairan di tubuh. Misalnya, hemoglobin dalam darah juga mengikat asam dalam porsi kecil, yang dapat menjaga kestabilan derajat keasaman di darah.Baca juga: Mengenal Perbedaan Protein Hewani dan Nabati yang Bermanfaat

Berapa kebutuhan protein harian Anda?

Untuk mengoptimalkan fungsi tubuh, Anda harus mengonsumsi protein dengan cukup. Asupan yang cukup ini bergantung pada berbagai faktor, termasuk berat badan. Jika telah memiliki bobot ideal, penuhilah asupan 56-91 gram protein bagi laki-laki, dan 46-75 bagi perempuan.Perlu digaris bawahi, angka tersebut merupakan satuan gram untuk protein, bukan jenis makanan sumber protein. Untuk mencari tahu nilai gram protein dari makanan, Anda dapat mengecek kalkulator zat gizi di berbagai sumber terpercaya.
Brokoli merupakan salah satu sayuran yang mengandung protein
Brokoli merupakan salah satu sayuran, yang mengandung protein
Ada banyak makanan yang menjadi sumber protein. Anda dapat mengonsumsi telur, dada ayam, oats, daging sapi tanpa lemak ikan dan udang, atau susu. Protein juga terdapat dalam sayuran seperti sayur brokoli, bayam, dan asparagus.

Makanan sumber protein yang sehat bernutrisi

Sumber protein terbaik adalah yang berasal dari tumbuhan dan hewan. Berikut makanan sumber protein alami yang bisa Anda konsumsi:

1. Makanan laut

Makanan laut adalah sumber makanan tinggi protein yang rendah lemak. Sejumlah jenis makanan laut juga kaya asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Beberapa makanan laut yang direkomendasikan adalah salmon, ikan sarden, dan scallop.

2. Susu, keju, yoghurt

Sumber protein yang baik untuk tubuh lainnya adalah susu, keju, hingga yoghurt. Ketiga makanan tersebut juga tinggi kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis.

3. Daging

Sumber protein hewani selanjutnya yang disarankan adalah daging ayam, ikan, daging sapi, hingga daging kambing. 

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang juga kaya serat. Misalnya seperti kacang kedelai yang baik bagi jantung karena dapat menurunkan kolesterol.

5. Telur

Sumber protein lainnya yang tidak kalah bergizi adalah telur. Selain tinggi protein, telur juga mengandung tinggi vitamin B, folat, selenium, dan kolin.Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
proteinmakanan sehatmakanan dietmakanan pembentuk otot
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/20-delicious-high-protein-foods
Diakses pada 27 Agustus 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/functions-of-protein
Diakses pada 27 Agustus 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-much-protein-per-day
Diakses pada 27 Agustus 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait