logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Ini Fungsi dan Cara Menggunakan Bubuk Abate yang Benar

open-summary

Bubuk abate sangat efektif memberantas larva nyamuk pembawa penyakit demam berdarah atau malaria. Perhatikan cara penggunaan abate yang benar adalah mencampurkannya ke dalam air dengan perbandingan 1gram/10 liter air.


close-summary

3.77

(31)

18 Des 2019

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Bubuk abate berguna untuk mencegah larva nyamuk pembawa penyakit demam berdarah menyebar

Bubuk abate berperan penting dalam memberantas larva nyamuk pembawa penyakit

Table of Content

  • Mengenal apa itu bubuk abate
  • Fungsi bubuk abate
  • Cara menggunakan bubuk abate yang benar
  • Pesan dari SehatQ

Bila bicara tentang pemberantasan sarang nyamuk, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas soal bubuk abate. Apalagi, Indonesia sampai memiliki istilah ‘abatisasi’ untuk menggambarkan kegiatan pemberantasan penyakit demam berdarah dengan menaburkan bubuk abate ini.

Advertisement

Abate sebetulnya adalah merek dagang obat pembasmi larva (larvicida) yang diproduksi oleh perusahaan kimia asal Jerman, BASF. Obat ini memang bertujuan mengontrol penyakit demam berdarah, malaria, ataupun penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dengan mencegah perkembangbiakkannya.

Baca Juga

  • Manfaat Jambu Biji Merah, Selain untuk Mengatasi Demam Berdarah
  • Bisakah Penyakit Malaria Kambuh Lagi? Deteksi Gejalanya!
  • Mengenal Ciri-ciri DBD Sebagai Langkah Antisipasi Penyakit Ini

Mengenal apa itu bubuk abate

Abate adalah obat anti larva yang mengandung temefos dan biasanya berbentuk pasir berwarna cokelat muda atau keabu-abuan. Di antara pasir yang berwarna cokelat itu, Anda akan menemukan butiran yang berwarna kemerahan yang berfungsi memastikan efek abate bisa sampai ke dasar penampungan air.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), temephos adalah bahan kimia yang berupa insektisida fosfat organik non sistemik. Penggunaan temefos tidak mencemari lingkungan dan sudah dijamin keamanannya bagi manusia maupun hewan di sekitarnya.

Di Indonesia, produk abate beredar dengan dua varian, yakni bubuk abate dan cairan abate. Cairan abate mengandung 500 gram bahan aktif per liter, sedangkan bubuk abate mengandung bahan aktif 1% per kilogram, serta bisa didapat secara cuma-cuma di pusat kesehatan milik pemerintah maupun dibagikan gratis oleh tenaga kesehatan ke rumah-rumah warga.

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk yang Ampuh dan Efektif

Fungsi bubuk abate

Bubuk abate terbuat dari pasir temefos yang berwarna keabuan. Bubuk abate harus ditabur di genangan air untuk mengendalikan populasi nyamuk.

Temefos paling sering digunakan untuk mengendalikan populasi nyamuk dan serangga lainnya dengan cara dicampur pada genangan air, seperti air pada bak mandi, tempayan, kolam ikan, dan lain-lain yang merupakan tempat nyamuk berkembang biak.

Ketika diaplikasikan pada air yang menggenang tersebut, abate obat bubuk bekerja dengan cara membunuh larva nyamuk dan mencegahnya berkembang menjadi nyamuk dewasa yang mungkin menjadi perantara penyakit, seperti demam berdarah maupun malaria.

Abate memperpendek siklus perkembangan larva nyamuk, misalnya nyamuk Aedes aegypti sehingga larva akan menetas sebelum waktunya dan mati.

Meskipun demikian, menggunakan abate pada penampungan air saja tidak cukup untuk membasmi jentik nyamuk penyebab demam berdarah maupun malaria.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukan langkah pemberantasan sarang nyamuk lain dengan tetap memerhatikan aspek keamanannya.

Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar agar tidak ada nyamuk yang berkembang di sana. Hal ini bisa diwujudkan dengan melakukan kerja bakti.

Cara menggunakan bubuk abate yang benar

Penggunaan abate bubuk sangat mudah, yakni Anda hanya perlu menuang 1 gram bubuk abate ke bak mandi yang berisi 10 liter air. Efek bubuk abate untuk membunuh larva nyamuk akan bertahan selama 3 bulan, asalkan Anda tidak menguras tempat penampungan air tersebut maupun menyikat dindingnya. Bila disikat, lapisan abate pada dinding bak akan hilang sehingga efeknya pun ikut hilang.

Jangan khawatir akan keamanan air yang telah ditaburi bubuk abate. Meski efektif memberantas larva nyamuk, bubuk abate tidak menyebabkan perubahan rasa, warna, dan bau pada air yang telah mengandung bahan kimia ini.

WHO bahkan menyebut air yang telah mengandung bubuk abate tetap aman diminum oleh manusia maupun hewan peliharaan Anda. Namun, WHO tetap menganjurkan agar air yang telah ditaburi bubuk abate sebaiknya tidak diberikan pada bayi atau anak-anak untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

Jangan lupa juga untuk merebus air hingga mendidih terlebih dahulu untuk menghilangkan kuman atau bakteri yang mungkin mengontaminasi air tersebut.

Baca juga: Pentingnya Mengenal Jenis Nyamuk dan Bahayanya

Pesan dari SehatQ

Cara membuat bubuk abate sendiri tidak bisa dilakukan, karena dibuat oleh petugas khusus. Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar cara alami untuk membunuh jentik nyamuk, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

demam berdarah denguedemam berdarahgigitan nyamuk

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved