Fungsi Concealer Untuk Samarkan Masalah Kulit Wajah dan Cara Menggunakannya


Fungsi concealer di antaranya menyamarkan jerawat, bekas jerawat, noda hitam, hingga kantung mata. Bagaimana cara menggunakan concealer yang tepat agar tampilan wajah mulus dan cantik maksimal?

(0)
Fungsi concealer bermacam-macam tergantung kebutuhan penggunanyaCara memilih warna concealer harus sesuai dengan fungsi penggunaannya
Fungsi concealer sangat berarti bagi sejumlah perempuan yang memiliki masalah kulit wajah, seperti jerawat, noda hitam bekas jerawat, hingga kantung mata. Ya. meski dapat mengganggu penampilan, berbagai masalah kulit pada wajah tersebut bukan berarti tidak bisa disamarkan. Maka dari itu, kenali apa itu concealer, macam-macam concealer dan fungsinya, serta cara memilih dan menggunakannya dalam artikel berikut ini. 

Apa itu concealer dan apa saja jenis-jenisnya?

Fungsi concealer bermacam-macam
Ada berbagai macam bentuk concealer yang tersedia di pasaran
Concealer adalah salah satu produk make up yang digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah. Mulai dari bekas jerawat, jerawat, kemerahan, noda hitam, hingga kantung mata. Dibandingkan alas bedak atau foundation, cara pakai concealer yang tepat pada wajah dapat membantu menutupi jerawat, bekas jerawat, kemerahan, noda hitam, dan kantung mata dengan baik.

Apa saja macam-macam concealer dan fungsinya?

Fungsi concealer bermacam-macam tergantung kebutuhan penggunanya
Cara pakai concealer stik sama seperti cara mengaplikasikan lipstik pada bibir 
Sama seperti lipstik, concealer juga memiliki macam-macam bentuk, ada yang stick, krim, maupun cair. Apa perbedaannya?

1. Concealer stick

Concealer stick biasanya diaplikasikan di bawah mata. Cara pakai concealer ini sama seperti ketika Anda mengaplikasikan lipstik pada bibir. Lalu, Anda bisa meratakannya dengan jari-jari tangan atau kuas khusus concealerBagi pemilik kulit kering dan kulit sensitif, penggunaan concealer berbentuk stik bisa menjadi pilihan. 

2. Liquid concealer

Liquid concealer merupakan jenis concealer yang terdapat dalam suatu wadah seperti tabung yang dilengkapi dengan ‘tongkat’ aplikator untuk mengaplikasikannya. Cara pakai concealer ini adalah dengan membubuhkan titik-titik kecil pada area kulit yang ingin ditutupi menggunakan aplikator.Liquid concealer dapat digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit normal, kulit kering, dan kulit berminyak, yang terdapat masalah noda bekas jerawat dan kantung mata. Liquid concealer sangat sedikit kemungkinannya dalam menyumbat pori-pori sehingga dapat digunakan bagi pemilik kulit rentan berjerawat. 

3. Concealer krim

Biasanya tipe concealer ini terdapat pada sebuah wadah kecil, seperti wadah eyeshadow, dengan tekstur lembut nan creamyAnda bisa mengaplikasikannya pada kulit wajah menggunakan jari, kuas, atau spons. 

Apa fungsi concealer?

Sebenarnya, kegunaan concealer cenderung bermacam-macam. Hal ini tergantung preferensi atau kebutuhan dari penggunanya. Adapun beberapa fungsi concealer adalah sebagai berikut. 

1. Menyamarkan jerawat 

Salah satu fungsi concealer adalah menyamarkan jerawatFormulanya yang lebih pekat dibanding alas bedak atau foundation membuatnya mampu menyamarkan jerawat dan bekas jerawat di wajah dengan sempurna. Akan tetapi, Anda perlu mempelajari cara memakai concealer untuk menyamarkan jerawat sehingga tampilan wajah halus dan flawless bisa Anda dapatkan. 

2. Menutupi bekas jerawat 

Fungsi concealer berikutnya adalah menutupi bekas jerawat. Node bekas jerawat di wajah sama mengganggunya dengan jerawat. Nah, Anda bisa menutupinya dengan mengaplikasikan concealerPrinsipnya, cara menutupi bekas jerawat dengan concealer sama seperti tips menyamarkan jerawat. Jika noda bekas jerawat ada yang meradang, Anda bisa membubuhkan green color corrector agar bekas jerawat dapat tertutupi dengan maksimal. 

3. Menghilangkan kantung mata

Fungsi concealer berikutnya adalah menghilangkan kantung mata atau mata pandaPada beberapa kasus, penggunaan make up untuk menghilangkan kantung mata terbilang cukup efektif. Anda bisa menggunakan concealer dengan warna senada kulit guna menutupi area gelap di bawah mata. Kemudian, tambahkan foundation dan bedak agar hasilnya lebih maksimal.

4. Meratakan warna kulit

Fungsi concealer dalam membantu meratakan warna kulit sangatlah penting. Pasalnya, warna kulit wajah yang tidak merata tentu dapat mengganggu penampilan. Anda bisa mengoleskan foundation dan concealer agar tampilan warna kulit wajah dapat merata dan tampak flawless maksimal. 

5. Menyamarkan wajah kemerahan

Fungsi concealer yang tak kalah penting lainnya adalah menyamarkan wajah kemerahan. Jika Anda mengalami noda kemerahan di wajah yang cukup pekat, sebaiknya gunakan color corrector concealer untuk menyempurnakan kompleksi sehingga membantu meratakan warna kulit. Sama seperti menyamarkan jerawat yang meradang, gunakan color corrector concealer berwarna hijau. Jenis warna tersebut mampu menetralkan warna yang kuat, seperti merah. Penggunaann color corrector concealer warna hijau juga berguna untuk menyamarkan warna-warna ekstrem pada kulit, seperti iritasi atau jerawat meradang

6. Mempertegas area wajah tertentu

Tak hanya menyamarkan kekurangan pada wajah, fungsi concealer juga dapat mempertegas area wajah tertentu bila digunakan dengan teknik tertentu. Misalnya, sebagai alas pewarna bibir, kontur wajah, hingga mempertegas eyeliner dan alis. 

Bagaimana cara memilih warna concealer untuk wajah? 

Fungsi concealer berbeda-beda tergantung warna yang digunakan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara memilih warna concealer wajah dengan tepat, yaitu:

1. Warna orange atau peach

Anda bisa menggunakan warna orange atau peach untuk menyamarkan masalah mata panda atau lingkaran gelap di bawah mata. Concealer warna peach atau orange dapat menetralkan area yang gelap di bawah sehingga membuatnya tampak menyerupai warna kulit. Selain itu, warna orange atau peach bisa pula digunakan untuk menyamarkan area kulit yang gelap akibat bekas jerawat hingga paparan sinar matahari. 

2. Warna kuning

Beberapa orang mungkin ada yang memiliki urat yang tampak jelas di beberapa area wajah. Anda bisa menggunakan concealer berwarna kuning guna menyamarkan urat di wajah yang berwarna biru atau hijau.

3. Warna hijau

Fungsi concealer seringkali digunakan untuk menyamarkan area wajah yang terdapat jerawat kemerahan. Untuk memaksimalkan fungsinya, coba tutupi dengan concealer berwarna hijau. Kemudian, tambahkan dengan krim concealer yang memiliki serupa dengan warna kulit dan foundation

Bagaimana cara menggunakan concealer yang tepat?

Ketahui cara menggunakan fungsi concealer dengan tepat
Penggunaan concealer yang tepat sesuai dengan fungsi pengaplikasiannya
Setelah mengetahui kegunaan concealer di atas, kini saatnya mengetahui cara menggunakan concealer dengan tepat. Lantas, bagaimana cara menggunakan concealer yang tepat? Simak langkahnya di bawah ini:

1. Ketahui masalah kulit wajah yang ingin ditangani

Salah satu cara menggunakan concealer yang tepat adalah mengetahui masalah kulit wajah yang ingin ditangani. Misalnya, bagi Anda yang ingin menghilangkan kantung mata, maka oleskan concealer terlebih dahulu lalu maksimalkan dengan penggunaan foundationSedangkan, Anda yang ingin menyamarkan noda bekas jerawat, sebaiknya gunakan foundation dahulu. Lalu, gunakan concealer. Hal ini bertujuan untuk mencegah lunturnya concealer di wajah.Jika concealer diaplikasikan sebelum foundation, maka dapat berisiko membuatnya terhapus ketika Anda menggunakan foundation

2. Oleskan concealer

Sudah tahu masalah kulit wajah yang ingin ditangani menggunakan concealer?Selanjutnya, oleskan concealer tipis-tipis pada area wajah yang ingin dituju. Misalnya, area bawah mata atau area kulit yang berjerawat, sebanyak 1-2 lapis sesuai kebutuhan. Pada area jerawat yang meradang, oleskan sedikit green color corrector atau korektor warna hijau menggunakan kuas atau spons make up secara perlahan. Jangan menggosoknya karena dapat memperparah kondisi jerawat dan membuatnya semakin memerah.Anda juga bisa menerapkan concealer pada area wajah Anda yang tidak bermasalah, seperti area dagu, hidung, dan mulut, bila diperlukan. 

3. Ratakan concealer

Ratakan concealer dengan jari tangan, kuas, atau spons sehingga dapat menyatu dengan foundationPastikan jika jari tangan, kuas, atau spons yang Anda gunakan sudah bersih. Agar tampilan wajah tampak mulus dan flawless, Anda bisa kembali mengoleskan concealer sesuai warna kulit pada area wajah yang berjerawat atau terdapat noda bekas jerawat. Kemudian, ratakan dengan spons. 

4. Gunakan bedak dan produk make up lainnya

Anda bisa melanjutkan penggunaan bedak ke seluruh permukaan wajah secara merata. Lalu, lanjutkan sisa make up Anda lainnya, seperti lipstik, pensil alis, dan lainnya.Setelah mengetahui fungsi concealer di atas, tentu Anda tak ingin lagi melewatkannya saat akan merias wajah. Kini, Anda sudah siap untuk bertemu dengan teman-teman tanpa perlu merasa malu karena adanya jerawat, bekas jerawat, kantung mata, atau warna kulit tidak merata. Pastikan Anda memilih jenis dan warna concealer yang tepat, ya. Anda bisa menemukan ragam concealer favorit di Toko Online SehatQ.
makeupkulit dan kecantikan
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/what-is-green-concealer-and-why-is-it-used-15793
Diakses pada 3 April 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/how-to-apply-makeup-to-conceal-acne-15799
Diakses pada 3 April 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/makeup-for-men-to-hide-pimples-15750
Diakses pada 3 April 2020
Prevention. https://www.prevention.com/beauty/makeup/a20479283/how-to-apply-concealer-and-foundation/
Diakses pada 3 April 2020
Byrdie. https://www.byrdie.com/how-to-properly-apply-concealer-345940
Diakses pada 3 April 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/178616-how-to-get-rid-of-dark-circles-naturally/
Diakses pada 3 April 2020
Make Up. https://www.makeup.com/product-and-reviews/concealer/best-green-color-correcting-concealers-for-redness
Diakses pada 3 April 2020
Make Up. https://www.makeup.com/product-and-reviews/concealer/color-correcting-concealer
Diakses pada 3 April 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-choose-the-right-concealer-tips-on-shades-and-formulas/
Diakses pada 3 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait