Fungsi Carbomer Adalah Sebagai Air Mata Buatan, Begini Cara Kerjanya


Carbomer adalah obat yang biasa dipakai untuk mengatasi mata kering. Ketika mata terlumasi dengan baik, rasa nyeri dan kering pun akan menghilang secara perlahan.

0,0
Carbomer adalah obat yang biasa dipakai untuk mengatasi mata keringObat mata carbomer bisa Anda temukan dalam bentuk gel dan tetes mata
Mata kering merupakan salah satu masalah mata yang kerap dialami oleh orang-orang. Apabila dibiarkan begitu saja, mata kering berpotensi memicu timbulnya rasa perih, yang kemudian bisa mengganggu fungsi penglihatan. Berbagai cara dapat dipilih untuk mengatasi mata kering, salah satunya dengan menggunakan carbomer. Fungsi carbomer adalah sebagai pelumas dan pengganti air mata.

Apa itu carbomer?

Carbomer adalah obat yang biasa digunakan untuk mengatasi kekeringan dan nyeri pada mata. Obat ini membuat mata terasa lebih nyaman dengan melindungi, menenangkan, dan melapisi permukaan bola mata.Obat mata carbomer bisa Anda temukan dalam bentuk gel dan tetes mata. Beberapa produk carbomer bisa Anda dapatkan di apotik tanpa resep. Namun, ada beberapa produk dari obat mata ini yang membutuhkan resep dokter.

Cara kerja carbomer

Prinsip kerja obat ini seperti layaknya air mata buatan. Cara kerja carbomer adalah melumasi dan melembapkan permukaan bola mata Anda dengan lapisan transparan. Saat mata Anda terlumasi dengan baik, kekeringan dan rasa nyeri pun perlahan akan menghilang.Jika Anda merupakan pengguna lensa kontak atau memiliki alergi terhadap obat tetes mata, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal tersebut penting dilakukan untuk menghindari risiko yang bisa ditimbulkan. 

Bagaimana cara penggunaan carbomer yang benar?

Cara menggunakan carbomer sebenarnya hampir mirip dengan pemakaian tetes mata pada umumnya. Namun, ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan supaya manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal.Berikut ini cara penggunaan carbomer yang benar:
  1. Cuci tangan terlebih dahulu hingga bersih sebelum menggunakan carbomer
  2. Apabila Anda merupakan pengguna lensa kontak, lepaskan terlebih dahulu dan tunggu selama 15 menit sebelum meneteskan carbomer pada mata
  3. Pegang carbomer secara vertikal, miringkan kepala Anda ke arah belakang
  4. Letakkan salah satu tangan Anda pada pipi, kemudian tarik kelopak mata bagian bawah dengan lembut
  5. Arahkan pandangan ke atas, lalu teteskan carbomer dengan cara meremas wadahnya secara perlahan
  6. Kedipkan mata beberapa kali supaya mata Anda terolesi carbomer secara merata
  7. Bersihkan sisa-sisa carbomer yang menempel pada kelopak mata
  8. Ulangi langkah serupa pada mata satunya jika mengalami masalah serupa
Untuk dosis penggunaannya, sesuaikan dengan resep yang dianjurkan dokter. Apabila Anda membeli carbomer di apotek, gunakanlah sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan obat. Jika Anda menggunakan obat tetes lain pada saat yang bersamaan, tunggu setidaknya lima menit sebelum mengaplikasikan carbomer pada mata.

Efek samping penggunaan carbomer

Sama seperti obat lain, penggunaan carbomer juga berpotensi memicu kemunculan sejumlah efek samping. Namun, efek samping yang muncul tak akan dirasakan oleh seluruh pengguna dan mungkin hanya dialami oleh sebagian orang saja.Beberapa efek samping yang dapat dirasakan dari penggunaan carbomer, antara lain:
  • Mata merah
  • Mata bengkak
  • Iritasi pada mata
  • Nyeri pada mata
  • Mata terasa gatal
  • Penglihatan kabur
  • Meningkatnya produksi air mata
  • Timbulnya rasa tidak nyaman pada mata
  • Pengerasan kelopak mata dalam jangka waktu tertentu
  • Muncul ruam pada sekitar mata, khususnya jika alergi terhadap carbomer
Jika efek samping yang ditimbulkan mengganggu aktivitas dan tak kunjung hilang, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Penanganan sedini mungkin dapat mencegah masalah yang Anda alami bertambah parah.

Catatan dari SehatQ

Carbomer adalah obat yang biasa digunakan untuk mengatasi mata kering. Obat ini  melumasi dan melembapkan permukaan bola mata Anda dengan lapisan transparan. Saat mata terlumasi dengan baik, rasa nyeri dan kering pun perlahan akan menghilang,Dalam penggunaan carbomer, jangan lupa untuk mengikuti resep dokter atau petunjuk yang tertera di kemasan obat. Bagi sebagian orang, carbomer bisa memicu sejumlah efek samping, mulai dari mata merah, bengkak, iritasi, gatal, hingga penglihatan kabur. Sebelum menggunakan carbomer, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Langkah ini perlu dilakukan untuk menghindari risiko yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan obat mata ini.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai apa itu carbomer dan bagaimana cara penggunaannya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan matamata keringmata iritasiobat mata
Patient. https://patient.info/medicine/carbomer-liquid-eye-gels-artelac-nighttime-blephagel-clinitas-evolve-eyegel-geltears-liquivisc-lumecare-ocufresh-ocu-lube-viscotears-xailin
Diakses pada 12 Januari 2021
Netdoctor. https://www.netdoctor.co.uk/medicines/eye-care/a7750/viscotears-carbomer/
Diakses pada 12 Januari 2021
Electronic Medicines Compendium. https://www.medicines.org.uk/emc/files/pil.2310.pdf
Diakses pada 12 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait