Fungsi Bulu Pantat dan Cara Mencukurnya dengan Benar

(0)
07 Jun 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Fungsi bulu pantat yang paling utama adalah melindungi kulit di bagian anusBulu pantat memiliki fungsi dalam melindungi kulit di bagian anus
Banyak orang yang bertanya-tanya, sebenarnya apakah fungsi bulu pantat? Bulu atau rambut di pantat adalah rambut yang tumbuh pada bagian bokong atau di antara kedua belah pantat. Bulu ini umumnya berfungsi untuk melindungi kulit di sekitar anus.Jenis rambut yang tumbuh pada bagian pantat biasanya berupa bulu halus seperti di bagian tubuh lainnya. Namun, bulu yang ada di dekat anus biasanya memiliki tekstur serupa dengan bulu kemaluan yang lebih tebal dan kasar.Terlepas dari fungsi bulu pantat, tidak ada keharusan untuk mencukurnya. Meskipun demikian, sebagian orang mungkin tidak menghendaki keberadaan bulu pantat dan berharap untuk dihilangkan. Jika Anda salah satunya, sebaiknya lakukan cara mencukur bulu pantat dengan aman dan hati-hati.

Fungsi bulu pantat bagi tubuh

Tumbuh di area sensitif, tentunya ada sejumlah fungsi bulu pantat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut adalah sejumlah kegunaan bulu pantat yang perlu Anda ketahui.

1. Melindungi kulit di sekitar anus

Fungsi bulu pantat yang pertama adalah melindungi kulit pada bagian anus. Gesekan berulang pada permukaan kulit anus saat berjalan, bergerak, atau berlari, dapat memicu berbagai gangguan, misalnya iritasi, ruam, perdarahan, bahkan infeksi kulit.Rambut di pantat dapat bertindak sebagai lapisan pelindung dan berfungsi mengurangi rasa sakit akibat dari gesekan dengan pakaian. Anda bisa menganggap fungsi bulu pantat seperti pelindung antilecet alami pada kulit di sekitarnya.

2. Menonjolkan aroma unik

Keberadaan bulu pantat dianggap dapat menciptakan aroma unik pada tubuh seseorang. Sehingga, adanya bulu pantat tanpa disadari bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang.Meski fungsi bulu pantat cukup penting dalam melindungi kulit dari gesekan, sebagian orang mungkin merasa tidak nyaman memiliki bulu ini. Walaupun tidak dianjurkan, bulu pantat boleh dicukur selama dilakukan dengan aman dan hati-hati.

Cara menghilangkan bulu pantat

Menghilangkan bulu pantat tidaklah mudah karena area di antara celah pantat termasuk sangat sensitif. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bulu pantat, seperti mencukur, waxing, serta perawatan laser.

1. Bercukur

Cara mencukur bulu pantat bukanlah perkara mudah. Mencukur bulu di bagian ini bahkan sulit dilakukan dengan aman. Namun, hal ini masih mungkin dilakukan. Yang paling penting adalah, Anda harus bisa melihat area yang akan dicukur untuk menghindari cedera yang tidak diinginkan.Perlu diingat bahwa krim cukur kerap mengandung bahan pewangi yang mungkin memicu alergi dan membuat area sensitif Anda terasa kering. Oleh karena itu, sebaiknya enyahkan penggunaan krim dari cara mencukur rambut bulu pantat yang ingin Anda lakukan.Berikut adalah sejumlah cara mencukur bulu pantat yang bisa dilakukan dengan aman.
  • Siapkan gunting kecil, pisau cukur yang bersih, cermin genggam, dan air hangat yang mengalir.
  • Pertama-tama, rapikan area yang hendak dicukur dengan menggunakan gunting kecil agar rambut tidak terlalu panjang.
  • Gunakan cermin untuk melihat area yang akan dicukur.
  • Basahi area yang akan dicukur dengan menggunakan waslap yang dibasahi air hangat.
  • Bercukurlah dengan perlahan dan hati-hati.
Jika Anda kesulitan melakukan cara mencukur bulu pantat, misalnya tidak bisa melihat area yang hendak dicukur, maka jangan dilakukan. Sebaiknya Anda mengunjungi ahlinya untuk membantu membersihkan bulu pantat.

2. Laser hair removal

Metode yang cukup populer dalam menghilangkan bulu adalah laser hair removal. Jika dilakukan dengan benar oleh ahlinya, metode ini dapat membantu menghilangkan bulu pantat secara permanen.Akan tetapi, mungkin diperlukan perawatan yang berulang sehingga membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk melakukannya.

3. Waxing

Walaupun waxing dapat dilakukan sendiri di rumah, sebaiknya Anda melakukannya dengan bantuan ahli kecantikan profesional.Kulit pada celah bokong lebih mudah terbakar daripada bagian tubuh lainnya. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya serahkan hal ini pada ahlinya.Walaupun fungsi bulu pantat cukup penting, pilihan untuk mempertahankan atau menghilangkan bulu ini sepenuhnya ada pada diri Anda. Namun, untuk mengurangi risiko cedera saat menghilangkan bulu pantat, sebaiknya Anda minta bantuan ahli kecantikan profesional.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan rambutmasalah kulitanus gatal
Healthline. https://www.healthline.com/health/hairy-butt-crack#should-it-be-removed
Diakses 24 Mei 2021
Medical Daily. https://www.medicaldaily.com/butt-hair-anatomy-and-physiology-human-body-379272
Diakses 24 Mei 2021
Little Things. https://littlethings.com/lifestyle/butt-hair-facts/3582852-4
Diakses 24 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait