Alpha Arbutin Adalah Kandungan dalam Produk Skincare, Apa Fungsinya untuk Kulit?


Alpha arbutin adalah kandungan yang umum ditemukan dalam produk skincare untuk mencerahkan kulit. Meski merupakan turunan dari hidrokuinon, alpha arbutin cenderung tidak rentan membuat kulit kering dan iritasi sehingga cocok untuk semua jenis kulit.

(0)
Alpha arbutin adalah kandungan yang umum ditemukan dalam produk skincare untuk mencerahkan kulitAlpha arbutin bisa menjadi pilihan kandungan skincare yang perlu digunakan untuk mencerahkan kulit
Alpha arbutin adalah salah satu kandungan yang umum ditemukan dalam produk skincare untuk mencerahkan kulit. Bagi Anda yang sedang bermasalah dengan warna kulit tidak merata, atau ingin punya wajah lebih cerah dan sehat, alpha arbutin bisa menjadi pilihan zat yang perlu digunakan.Pasalnya, kandungan alpha arbutin cenderung tidak keras di kulit dan cocok digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif sekalipun.Yuk, cari tahu apa itu alpha arbutin dan fungsi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa itu alpha arbutin?

Alpha arbutin adalah senyawa turunan hidrokuinon
Alpha arbutin adalah kandungan bahan aktif yang kerap ditemui dalam serum wajah
Alpha arbutin adalah suatu senyawa turunan dari hydroquinon.Alpha arbutin secara alami diekstraksi dari daun tanaman kering, seperti pir, blueberry, cranberry, dan bearberry yang efektif untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan flek hitam.Meski merupakan turunan dari hidrokuinon, alpha arbutin dipercaya lebih aman untuk kulit.Tak seperti hidrokuinon yang penggunaannya cukup berisiko dan bekerja langsung membunuh sel-sel melanosit, alpha arbutin hanya mampu memperlambat produksi melanin.Penggunaan alpha arbutin cenderung lebih stabil dan efektif bila dibandingkan arbutin atau zat turunan lainnya, seperti beta arbutin.

Apa fungsi alpha arbutin?

Alpha arbutin adalah senyawa yang mudah ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit, seperti krim, serum wajah, dan masker wajah.Adapun fungsi alpha arbutin adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi pigmentasi dan flek hitam

Salah satu fungsi alpha arbutin adalah mengurangi pigmentasi dan flek hitam di wajah.Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, alpha arbutin mampu menghambat aktivitas enzim tirosinase.Tirosinase adalah suatu enzim yang terdapat dalam melanosit. Melanosit adalah sel-sel yang memproduksi melanin, yakni pigmen pemberi warna pada kulit.Produksi tirosinase bisa meningkat apabila kulit terpapar sinar ultraviolet dan matahari.Ketika produksi tirosinase meningkat, maka jumlah melanin bisa bertambah banyak.Akibatnya, kulit Anda bisa terlihat kusam dan bertambah gelap.Jika produksi tirosinase terhambat, produksi melanin menjadi lebih sedikit sehingga masalah pigmentasi dan flek hitam di wajah Anda bisa semakin berkurang.Hal ini juga berlaku untuk flek hitam bekas jerawat, bintik hitam akibat penuaan, serta freckles (bintik cokelat di wajah).

2. Mencerahkan kulit

Fungsi alpha arbutin adalah mencerahkan kulit
Penggunaan alpha arbutin bisa membuat kulit cerah dan sehat
Fungsi alpha arbutin yang paling dikenal adalah mencerahkan kulit. Lagi-lagi, manfaat ini berasal dari enzim tirosinase.Ketika produksi tirosinase terhambat, produksi melanin menjadi lebih sedikit sehingga kulit gelap atau kusam bisa menjadi lebih cerah dan sehat. Warna kulit pun bisa lebih merata karenanya.

3. Meratakan warna kulit

Punya masalah dengan warna kulit yang tidak merata? Anda perlu mencoba fungsi alpha arbutin satu ini.Produksi melanin yang lebih sedikit akibat penggunaan alpha arbutin secara rutin bisa membuat warna kulit Anda tampak lebih merata.

4. Menyamarkan bekas jerawat

Bekas jerawat bisa hilang berkat penggunaan alpha arbutin
Fungsi alpha arbutin adalah menyamarkan bekas jerawat
Menyamarkan bekas jerawat juga jadi fungsi alpha arbutin lainnya.Tentu ini menjadi kabar baik bagi Anda yang kerap mengalami jerawat dan mempunyai bekas jerawat berwarna kemerahan, hitam, atau kecokelatan pada kulit.Agar tidak mengganggu penampilan, Anda bisa mencoba manfaat alpha arbutin satu ini.Sama seperti mengurangi flek hitam, cara kerja alpha arbutin untuk menyamarkan bekas jerawat juga dilakukan dengan menghambat produksi melanin sehingga kulit lebih cerah dan tampak merata.

Siapa yang boleh menggunakan alpha arbutin?

Produk skincare mengandung alpha arbutin untuk mencerahkan kulit sekaligus mengatasi pigmentasi boleh digunakan oleh semua jenis kulit. Selain itu, alpha arbutin juga aman digunakan oleh usia berapa pun.Alpha arbutin aman digunakan secara topikal dengan konsentrasi mencapai 2 persen.Meski mampu meratakan warna kulit, alpha arbutin cenderung tidak rentan membuat kulit kering dan iritasi.Hal ini karena komponen aktif di dalamnya yang berfungsi untuk mencerahkan kulit.

Adakah efek samping penggunaan skincare mengandung alpha arbutin?

Pada dasarnya, penggunaan skincare mengandung alpha arbutin cenderung aman dilakukan untuk semua tipe kulit.Namun, pada beberapa kasus, efek samping alpha arbutin bisa saja dialami oleh sebagian orang.Efek samping alpha arbutin bisa berupa kulit iritasi, timbul jerawat ringan, kulit sensitif terhadap matahari atau muncul luka bakar, serta kulit kemerahan atau iritasi akibat reaksi alergi.

Bagaimana cara menggunakan alpha arbutin yang aman?

Alpha arbutin bisa digunakan dengan aman tanpa menimbulkan iritasi
Gunakan alpha arbutin setelah cuci muka dan sebelum pakai pelembap
Untuk mencegah atau meminimalisir efek samping alpha arbutin, selalu lakukan tes pada kulit terlebih dahulu sebelum rutin menggunakan produk skincare mengandung alpha arbutin.Anda bisa mengoleskan alpha arbutin pertama kali pada sedikit area dahi di malam hari.Jika tidak muncul iritasi selama 24 jam, Anda bisa memulai penggunaannya pada seluruh wajah setiap malam hari.Apabila selama sepekan tidak ada reaksi negatif yang ditimbulkan, Anda bisa menggunakannya secara rutin setiap pagi dan malam hari.Selanjutnya, alpha arbutin bisa digunakan 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari.Pastikan Anda menggunakan produk skincare mengandung alpha arbutin setelah mencuci dan mengeringkan muka, serta sebelum mengoleskan pelembap.Untuk mendapatkan hasil yang efektif, Anda bisa menggunakan alpha arbutin dengan produk perawatan kulit mengandung zat pencerah serta kandungan skincare lainnya, seperti vitamin C dan retinol.Penggunaan alpha arbutin setelah menggunakan AHA (alpha hydroxy acid) juga dianjurkan untuk meningkatkan penyerapan kandungan bahan aktifnya secara maksimal.Baca Juga: Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Digunakan BersamaanJika skincare alpha arbutin digunakan secara rutin, hasilnya pada wajah bisa Anda lihat dalam kurun waktu 1-2 bulan.Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui tepat tidaknya menggunakan produk skincare alpha arbutin, terutama bagi pemilik kulit sensitif, dan cara menggunakannya dengan aman.Alpha arbutin adalah salah satu kandungan skincare yang dapat digunakan untuk mencerahkan warna kulit yang aman dan tidak rentan menimbulkan iritasi.Namun, bila muncul reaksi negatif pada kulit selama penggunaan alpha arbutin berlangsung, segera hentikan pemakaian dan segera konsultasikan dengan dokter.Bila Anda masih punya pertanyaan seputar apa itu alpha arbutin, konsultasikan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, download sekarang melalui App Store dan Google Play.
kesehatan kulitkulit dan kecantikanpencerah kulitperawatan wajah
Byrdie. https://www.byrdie.com/arbutin-serum
Diakses pada 10 Maret 2021
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/what-is-alpha-arbutin
Diakses pada 10 Maret 2021
American Society for Dermatologic Surgery. https://www.asds.net/Portals/0/PDF/asdsa/asdsa-position-statement-hydroquinone.pdf
Diakses pada 10 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait