Frenemy Adalah Musuh yang Berpura-Pura Menjadi Teman, Kenali Tandanya


Frenemy adalah musuh yang berpura-pura menjadi teman. Berhubungan dengan orang ini dapat menguras energi Anda, baik secara fisik maupun mental.

0,0
Frenemy adalah musuh yang berpura-pura menjadi temanBerkat sandiwara yang dilakukannya, kehadiran frenemy sulit untuk disadari
Ada ungkapan yang menyebut bahwa teman dekat bisa menjadi musuh terbesar Anda sendiri. Fenomena tersebut memang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, di mana teman atau sahabat mungkin akan terlihat sangat baik di depan tetapi sebenarnya menusuk dari belakang. Perilaku tersebut menjadi tanda bahwa teman Anda merupakan seorang frenemy.
Jika diteruskan, menjalin hubungan dengan frenemy bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental. Tanpa disadari mereka akan menguras energi korbannya, baik secara fisik maupun emosi.

Apa itu frenemy?

Frenemy adalah istilah untuk menggambarkan seseorang yang sebenarnya musuh, namun berpura-pura menjadi teman Anda. Istilah ini berasal dari dua kata, yaitu friend (teman) dan enemy (musuh).Kehadiran orang-orang ini sulit disadari. Mereka umumnya akan memperlakukan Anda dengan sangat baik dan ramah. Dukungan pun juga akan diberikan ketika Anda sedang mengalami kesusahan.Namun, semua hanya palsu belaka. Di balik keramahan yang ditunjukkan, mereka sebenarnya menyimpan kebencian, atau bahkan dendam. Perlahan namun pasti, frenemy akan menusuk dari belakang dengan membicarakan keburukan Anda secara diam-diam, sebelum kemudian melakukan pengkhianatan.

Tanda-tanda frenemy yang perlu diwaspadai

Berkat sandiwara yang dilakukannya, kehadiran frenemy sulit untuk disadari. Meskipun begitu, ada sejumlah perilaku yang bisa menjadi tanda bahwa teman Anda sebenarnya adalah musuh. Tanda-tanda tersebut, di antaranya:

1. Ingin dekat secara tiba-tiba

Tidak seperti hubungan pertemanan lain yang kedekatannya terjalin secara natural, frenemy ingin dekat dengan Anda secara tiba-tiba. Mereka akan terus membayangi di tiap tempat dan waktu.Selain itu, frenemy akan berbagi banyak informasi personal mengenai dirinya walaupun Anda berdua sebenarnya belum dekat. Tindakan tersebut dilakukan dengan tujuan memancing Anda untuk melakukan hal serupa. Teman yang baik tentunya akan menghargai privasi Anda.

2. Pintar melakukan sabotase

Frenemy pantang melihat Anda bahagia. Orang ini akan sengaja melakukan sabotase untuk memastikan Anda gagal. Modusnya, ia mungkin akan menawarkan bantuan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan Anda. Pada saat itulah, sabotase akan dilakukan agar Anda gagal (misalnya beralasan bahwa file pekerjaan Anda hilang, padahal memang sengaja dihapus).

3. Terus menggali keburukan

Frenemy akan terus berusaha untuk menggali keburukan Anda dengan kedok kepedulian. Hal itu mereka lakukan sebagai bahan untuk menusuk Anda dari belakang. Contohnya, Anda tidak sengaja menceritakan aib kepada orang tersebut. Jika memang sahabat yang sesungguhnya, ia tidak akan bercerita ke orang lain mengenai hal tersebut. Sementara itu, frenemy akan membagikan aib yang Anda miliki secara diam-diam ke orang lain.

4. Selalu membuat Anda merasa bersalah

Saat menjalin hubungan dengan frenemy, Anda akan dibuat selalu merasa bersalah. Bahkan, mereka akan membuat Anda terus dihantui dengan perasaan tersebut meski sebenarnya tidak melakukan kesalahan apa pun.

5. Memberi kritik untuk menjatuhkan

Teman yang baik akan memberikan kritik ketika Anda melakukan kesalahan. Frenemy juga melakukan tindakan serupa, namun dengan tujuan berbeda. Kritik yang benar harus bersifat membangun. Sementara itu, kritik yang mereka berikan bertujuan untuk menjatuhkan mental, serta kepercayaan diri Anda.

Cara memutus hubungan dengan frenemy

Frenemy merupakan energy vampire. Berhubungan dengan mereka dapat menguras energi Anda, baik secara fisik maupun emosional. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk segera mengakhirinya.Cobalah berbicara langsung dengan frenemy mengenai dampak buruk yang diterima akibat berteman dengannya. Teman yang baik tentunya akan mengerti dan berusaha memperbaiki keadaan. Jika orang tersebut melakmenyangkal dan melakukan pembelaan, jangan sungkan untuk mengakhiri hubungan pertemanan. Langkah tersebut penting dilakukan untuk mencegah segala sesuatunya semakin parah.

Catatan dari SehatQ

Frenemy adalah musuh yang berpura-pura menjadi teman. Berhubungan dengan orang ini dapat menguras energi Anda, baik secara fisik maupun mental. Maka dari itu, segera akhiri hubungan pertemanan apabila efek yang diberikan lebih mengarah ke hal negatif ketimbang positif.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda dapat bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
persahabatan
Times India. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/relationships/work/sneaky-ways-bosses-make-you-work-for-longer-hours/photostory/79526963.cms
Diakses pada 24 Oktober 2021
Power of Positivity. https://www.powerofpositivity.com/10-warning-signs-frenemy/
Diakses pada 24 Oktober 2021
Raising Children. https://raisingchildren.net.au/pre-teens/behaviour/peers-friends-trends/frenemies
Diakses pada 24 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait