Freckles dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ephelides dan lentigo
Sempat menjadi tren makeup, freckles ternyata merupakan gangguan pada kulit.

Freckles merupakan bagian atau bentuk terkecil berwarna kecokelatan yang muncul di area wajah, leher, dada, maupun lengan. Penyebabnya adalah masalah kesehatan. Mereka biasa ditemukan saat musim panas, khususnya bagi para pemilik kulit terang, rambut pirang, maupun merah.

Apa yang sebenarnya menimbulkan freckles ini? Freckles muncul karena adanya pengaruh genetik dari paparan sinar matahari. Lalu, apakah kondisi ini harus mendapatkan perawatan? Untuk mengetahuinya, berikut adalah beberapa fakta yang perlu diketahui tentang freckles.

[[artikel-terkait]]

Jenis Freckles

Freckles sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu ephelides dan lentigo. Ephelides merupakan jenis yang muncul pada wanita Kaukasian berkulit terang dengan rambut merah. Sementara itu, lentigo adalah jenis freckles dengan bintik berwarna lebih gelap dan tidak akan hilang, bahkan saat tidak terpapar sinar matahari.

Kemunculan bintik-bintik pada kulit berupa freckles ini, bisa menjadi salah satu indikator tingkat sensitivitas terhadap sinar matahari. Saat kulit memunculkan freckles di bawah paparan sinar matahari, ada baiknya Anda segera mengaplikasikan tabir surya untuk melindungi kulit.

Bintik yang muncul di kulit Anda sebenarnya dapat berubah-ubah secara alami karena faktor cuaca. Saat musim panas, freckles dapat lebih terlihat ketimbang saat musim dingin (bagi Anda yang tinggal di negara dengan empat musim).

Ada beberapa hal yang menyebabkan freckles muncul, salah satunya karena pengaruh genetik. Biasanya kemunculan bintik-bintik ini dapat terlihat pada umur 1-2 tahun. Selain faktor genetik, munculnya freckles ini disebabkan karena mengonsumsi obat-obatan hormonal dan terkena paparan sinar matahari yang terlalu lama.

Mencegah Freckles Muncul

Dengan rutin menggunakan tabir surya dan menghindari paparan sinar matahari pada jam 10.00-16.00, kemunculan freckles bisa dicegah.

Walaupun banyak orang terganggu dengan keberadaan freckles, tapi nyatanya bintik-bintik di wajah ini sempat menjadi tren makeup. Ada tren makeup bernama faux freckles, yang menghadirkan freckles palsu pada wajah. Bahkan, ada tato freckles untuk yang enggan membubuhkan riasan demi mendapat efek bintik-bintik pada wajah.

Munculnya freckles bukanlah sesuatu yang diyakini dapat membahayakan kulit. Hal paling utama yang dapat Anda hindari adalah paparan sinar matahari secara langsung. Gunakanlah tabir surya dengan kandungan minimal SPF 30 saat beraktivitas di luar ruangan. Penggunaan tabir surya ini sangat penting untuk menghindari dampak yang terjadi jika Anda sangat mudah terkena freckles.

Jika merasa freckles yang dimiliki cukup mengganggu, maka Anda bisa menutupinya dengan makeup, menjalani perawatan dengan laser, perawatan dengan cairan nitrogen, atau menjalani pengelupasan kulit secara kimiawi.

Sociolla. https://journal.sociolla.com/beauty/5-fakta-tentang-freckles/
Diakses pada 31 Januari 2019

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/moles-freckles-skin-tags#3
Diakses pada 31 Januari 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed