Salah satu gejala flu yang dapat dirasakan adalah kesulitan bernapas, nyeri dada atau perut, pusing, muntah dan kebingungan
Gejala Flu dan pilek memang serupa, tapi tidak sama.

Flu dan pilek memang sering tampak serupa karena menunjukkan gejala yang serupa. Akan tetapi, perlu Anda pahami bahwa keduanya disebabkan oleh virus yang berbeda. Secara umum, flu lebih buruk jika dibandingkan dengan pilek biasa, ditambah dengan gejala yang lebih banyak dan intens. Sedangkan pilek biasanya lebih ringan yang ditandai dengan gejala hidung berair atau tersumbat.

Keduanya memang menunjukkan gejala yang bisa sangat mirip. Akan tetapi, jika Anda tahu tanda-tanda khusus pada flu, Anda dapat segera melakukan perawatan dengan cepat dan mendapatkan tubuh yang membaik dengan lebih cepat.

Gejala Flu

Tidak seperti pilek, gejala flu biasanya datang dengan tiba-tiba. Perbedaan utama lainnya adalah munculnya demam, yang mungkin tidak diiringi dengan munculnya pilek. Selain itu, Anda mungkin juga akan menunjukkan tanda-tanda berupa

  • Pegal berat di otot dan sendi
  • Rasa sakit dan kelelahan di sekitar mata
  • Kelemahan atau kelelahan yang ekstrim
  • Demam, kulit memerah, dan mata berair
  • Sakit kepala
  • Batuk kering
  • Sakit tenggorokan dan hidung meler

Pada orang dewasa, flu musiman biasanya terjadi tanpa diiringi muntah atau diare, tetapi pada anak-anak muntah mungkin terjadi. Munculnya banyak gejala sekaligus disertai tanda yang tidak biasa dapat berarti flu yang Anda miliki cukup parah.

Pastikan segera hubungi dokter untuk mendapatkan bantuan medis segera jika Anda memiliki salah satu dari gejala berikut:

  • Kesulitan bernapas atau sesak napas
  • Nyeri atau terasa ada tekanan di dada atau perut
  • Pusing secara tiba-tiba
  • Kebingungan
  • Muntah parah

Flu Berat

Sebagian besar orang yang terkena flu akan sembuh dalam beberapa hari. Jika flu tidak sembuh sampai lebih dari dua minggu, maka kondisi tersebut dapat disebut sebagai flu berat. Flu berat dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya, beberapa di antara komplikasi tersebut bahkan dapat mengancam nyawa dan menyebabkan kematian.

Sinus dan infeksi telinga merupakan contoh dari komplikasi sedang dari flu berat, sementara pneumonia adalah salah satu komplikasi serius dari flu berat yang disebabkan oleh infeksi virus influenza atau infeksi gabungan dari virus flu dan bakteri.

Komplikasi serius dari flu berat lainnya, yaitu peradangan hati (myocarditis), otak (encephalitis), atau jaringan otot (myositis, rhabdomyolysis), dan kegagalan beberapa organ (sepert gagal ginjal dan sistem pernapasan).

Flu berat juga dapat membuat masalah-masalah medis kronis memburuk. Misalnya, seseorang dengan asma dapat kambuh ketika mereka sedang flu, dan penderita gangguan jantung kronis berpotensi mengalami kondisi yang lebih buruk saat terkena flu. 

Cara Mengobati Flu

Pada dasarnya, flu tidak dapat disembuhkan dengan obat karena tubuh Anda akan bekerja sendiri untuk melawan virus yang menginfeksi. Akan tetapi, Anda dapat mengonsumsi beberapa obat untuk mengurangi gejala yang mengganggu aktivitas. Dalam banyak kasus, cara terbaik untuk menangani flu, yaitu:

  • Istirahat di rumah
  • Minum banyak air
  • Hindari kontak dengan orang lain

Jika Anda merasa mengalami flu berat dan disertai dengan kondisi medis lain, Anda mungkin perlu perawatan dengan obat resep yang disebut obat antiviral. Obat-obatan seperti baloxavir marboxil (Xofluza), oseltamivir (Tamiflu), peramivir (Rapivab), atau zanamivir (Relenza) bekerja paling baik jika Anda meminumnya dalam 48 jam setelah gejala infeksi virus mulai terasa.

Dengan mengonsumsi obat tersebut, Anda dapat memperpendek lamanya penyakit menyerang dan memulihkan tubuh dengan cepat. Biasanya, dokter akan menganjurkan Anda memakai obat antiviral jika Anda memiliki risiko komplikasi yang tinggi akibat flu.

Kenali Waktu Musim Flu

Flu musiman biasanya dapat diamati karena memiliki pola yang dapat diprediksi, yaitu saat musim dingin atau musim hujan. Tanda bahwa flu mulai menyebar adalah dengan adanya peningkatan mendadak jumlah anak-anak usia sekolah yang sakit dengan keluhan flu. Wabah pertama ini akan segera diikuti oleh kelompok usia lain, termasuk orangtua.

Itulah beberapa hal penting seputar gejala flu yang harus Anda antisipasi. Dengan mengetahuinya, Anda diharapkan mampu dengan segera melakukan penanganan yang tepat untuk virus flu Anda.

WebMD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/adult-flu-symptoms
Diakses pada Desember 2018

CDC. https://www.cdc.gov/flu/consumer/symptoms.htm
Diakses pada Desember 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed