Flaxseed Adalah Superfood dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Flaxseed adalah biji-bijian berwarna kecokelatan
Flaxeed berwarna kecokelatan

Flaxseed adalah biji yang berasal dari tanaman rami dan hanya tumbuh di Asia, Eropa, serta wilayah Mediterania. Bahan makanan ini telah lama digunakan sebagai obat, bahkan sejak 5000 tahun sebelum Masehi.

Kini, flaxseed digadang-gadang sebagai superfood karena memiliki kandungan gizi yang tinggi dan lengkap. Ditambah lagi dengan banyaknya penelitian ilmiah yang telah membuktikan manfaatnya.

Flaxseed tersedia dalam berbagai bentuk. Mulai dari biji, minyak, bubuk, hingga tepung. Tapi mungkin Anda lebih sering menemukannya dalam bentuk biji-bijian. 

Flaxseed adalah salah satu jenis biji-bijian yang kaya omega-3

Terdapat dua jenis flaxseed, yang berwarna cokelat dan emas. Tidak ada perbedaan di antara keduanya meskipun warnanya berbeda. Keduanya sama-sama memiliki gizi yang tinggi.

Nutrisi dalam satu sendok makan atau 7 gram flaxseed adalah sebagai berikut:

  • 37 kalori
  • 1,9 gram serat
  • 1,3 gram protein
  • 2 gram karbohidrat
  • 1,597 mg asam lemak omega-3
  • 3 gram lemak total
  • 0,3 gram lemak jenuh
  • 0,5 gram lemak tak jenuh tunggal
  • 2,0 gram lemak tak jenuh ganda

Kandungan omega-3 dan seratnya yang tinggi membuat khasiat flaxseed populer sebagai makanan super, khususnya untuk pola makan sehat dan program diet.

Apa saja manfaat flaxseed yang melimpah?

Walau kecil, flaxseed adalah bahan makanan yang memiliki nutrisi tinggi sehingga manfaatnya untuk kesehatan juga beragam dan tak bbisa disepelekan. Berikut ini sederet khasiat yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi biji rami ini:

1. Mengelola kadar kolesterol dan kesehatan jantung

Flaxseed bisa menjadi makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi sekaligus menjaga kesehatan jantung. Hal ini tak lepas dari kandungan serat, omega-3, dan fitosterol di dalamnya.

Para ahli mengatakan bahwa mengonsumsi lebih banyak serat dan omega-3 termasuk salah satu cara untuk memelihara kesehatan jantung. Fitosterol juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah.

2. Mencegah konstipasi

Bagi Anda yang sering mengalami sembelit, Anda bisa mencoba untuk lebih sering mengonsumsi biji rami.

Jenis serat yang terkandung dalam flaxseed adalah serat larut air, yang bermanfaat untuk menyerap air guna menambah massa pada tinja. Alhasil, buang air besar (BAB) pun menjadi lebih lancar. Tapi pastikan Anda tidak mengonsumsi flaxseed terlalu banyak. Pasalnya, biji-bijian ini bisa memicu diare.

3. Membantu dalam menurunkan risiko kanker

Flaxseed adalah biji yang juga berpotensi melawan beberapa jenis kanker. Kebaikan ini muncul berkat senyawa lignandi dalamnya. Lignan memiliki sifat antioksidan sekaligus estrogen yang baik untuk membantu dalam mencegah kanker.

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa lignan dalam flaxseed dapat membantu untuk menurunkan risiko kanker payudara dan kanker prostat.

4. Mengontrol rasa lapar

Anda bisa mengganti camilan keripik kentang Anda dengan yoghurt atau minuman yang ditaburi flaxseed. Para peneliti bahkan menemukan bahwa memasukkan 2,5 gram ekstrak biji rami ke dalam minuman dapat mengurangi nafsu makan dan rasa lapar.

Lagi-lagi, kandungan serat larut air yang menjadi alasan manfaat flaxseed ini. Serat larut air akan membantu untuk memperlambat pencernaan, sehingga Anda jadi mudah kenyang.

5. Meredakan gejala arthritis

Selama ini, flaxseed menjadi pilihan beberapa pasien rematik atau rheumatoid arthritis untuk membantu meredakan gejala nyeri sendi dan kaku sendi. Diduga kandungan alpha linoleic acid (ALA) dalam biji rami dapat membantu dalam mengurangi peradangan, sehingga berujung pada khasiat ini.

Cara mengonsumsi flaxseed dan efek sampingnya

Setelah mengetahui bahwa flaxseed adalah makanan super dengan segudang manfaat, saatnya Anda menyimak cara mengonsumsinya.

Kehebatan flaxseed lainnya adalah dapat ‘beradaptasi’ dengan banyak makanan dan hidangan. Dengan ini, Anda pun bisa mengonsumsinya dengan berbagai cara di bawah ini:

  • Mencampur flaxseed ke dalam air putih untuk diminum sehari-hari
  • Menjadikan minyak flaxseed sebagai dressing salad
  • Menaburkan biji rami di atas sereal
  • Mencampur biji rami dengan yoghurt atau smoothie
  • Mencampur biji rami dengan air sebagai pengganti telur, misalnya untuk membuat kue
  • Menyelipkan flaxseed ke dalam roti

Hindari flaxseed bila Anda memiliki kondisi ini

Meski manfaatnya beragam, Anda perlu tahu bahwa flaxseed tidak disarankan untuk semua orang. Orang dengan beberapa kondisi di bawah ini sebaiknya menghindari konsumsi biji rami:

  • Sedang menggunakan obat-obatan tertentu, seperti obat pengencer darah, OAINS, obat penurun kolesterol
  • Sedang hamil atau menyusui

Jika Anda tetap ingin mengonsumsi biji-bijian ini, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter agar manfaatnya tetap diperoleh dengan optimal.

Catatan dari SehatQ

Flaxseed adalah makanan bernutrisi tinggi karena kandungan serat, omega-3, lignan, dan ALA-nya yang tinggi. Saat Anda hendak menggunakannya, pilihlah flaxseed jenis ground yang lebih mudah dicerna ketimbang whole.

Selain itu, beberapa nutrisi di dalam biji rami tidak tahan panas. Jadi hindari mengolah minyak biji rami dan memasaknya dengan suhu tinggi.

Bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, jangan lupa untuk senantiasa berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi makanan apapun, termasuk flaxseed. Langkah ini diperlukan untuk memastikan keamanan dan khasiatnya untuk kesehatan Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-flaxseeds
Diakses pada 31 Maret 2020

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-991/flaxseed
Diakses pada 31 Maret 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/263405
Diakses pada 31 Maret 2020

Artikel Terkait