Film Sedih Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan Mental Anda

Film sedih ternyata punya manfaat bagi kesehatan
Seorang wanita sedang menangis saat menonton film

Pernahkah Anda dibuat menangis saat menonton film? Adegan-adegan menyedihkan yang disodorkan berbagai film sedih, entah itu dalam bentuk kematian yang seseorang yang dicintai, kisah cinta yang tragis, hingga reuni antarkeluarga yang bahagia, bisa dibilang cukup efektif membuat kita meneteskan air mata saat menyaksikannya.

Meski membuat banyak orang menangis, film sedih ternyata digemari oleh banyak orang. Alasannya mungkin karena kita merasa lebih senang setelah menyaksikannya. Perasaan senang ini bisa jadi merupakan hasil dari rasa bersyukur karena keadaan kita yang berbeda dengan film tersebut atau dari perasaan terhubung dengan lain.

Hal ini disebabkan oleh otak yang punya kebiasaan untuk membuat kita senang di saat sedih. Sebuah survei menunjukkan tingginya persentase laki-laki dan perempuan yang merasa lebih baik setelah menangis.

Soal perasaan terhubung, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang menyaksikan adegan emosional bersama orang lain, otak mereka kadang tersambung secara kolektif. Pembauran otak ini dapat memicu perasaan kedekatan dan kekeluargaan.

Di samping itu, film sedih juga memberikan efek lainnya yang baik kesehatan mental.

Manfaat menonton film sedih

Di samping menghabiskan tisu untuk menghapus air mata Anda, film sedih juga berpotensi memberikan keuntungan bagi kesehatan mental Anda usai menyaksikannya. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan.

1. Membuat Anda lebih bahagia

Meski tampak bertolak belakang, menonton film sedih justru dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia dan menghargai apa yang dimilikinya.

Terlebih lagi jika film tersebut mengisahkan tentang masalah hidup yang lebih besar dibandingkan dengan yang Anda hadapi dan sangat menyedihkan. Hal ini dapat membuat penontonnya merasa lebih bersyukur atas kehidupannya.

2. Memberikan ide untuk bangkit

Selain membuat lebih bahagia, film sedih juga dianggap bisa membantu seseorang menghadapi masalah, kesulitan, dan memerangi trauma dengan menawarkan perspektif dari luar.

Selain itu, strategi atau cara yang dilakukan oleh tokoh dalam film tersebut untuk bangkit juga dapat menjadi inspirasi kondisi Anda sekarang. Terutama jika film yang ditonton begitu berkaitan dengan masalah Anda saat ini.  

3. Membuat Anda lebih menghargai yang Anda miliki

Studi menunjukkan bahwa menonton film sedih yang berhubungan dengan seseorang yang terkasih dapat membuat Anda mengingat seseorang yang Anda sayangi. Baik itu keluarga, anak, maupun pasangan. Dengan begini, Anda akan lebih menghargai kehadirannya dan menjaga hubungan yang lebih baik.

4. Membantu meluapkan emosi

Menonton film sedih ternyata juga dapat membantu seseorang melepaskan emosi atau kesedihan yang dirasakan. Alurnya seperti ini, film sedih dapat memicu produksi zat kimia penyebab stres dalam tubuh Anda, kemudian menangis menjadi salah satu bentuk katarsis yang dapat menangkal zat kimia ini.

Dengan melepaskan emosi ini, Anda akan membersihkan perasaan yang terkubur dan sulit Anda keluarkan. Pelepasan emosi ini dapat membuat seseorang merasa lebih bersemangat untuk sementara waktu karena emosi yang berlebih menjadi berkurang.

5. Meningkatkan toleransi rasa sakit

Para peneliti mengatakan bahwa menonton film sedih atau traumatis dapat meningkatkan toleransi rasa sakit hormon endorfin, atau zat kimia penghilang rasa sakit, yang diproduksi otak. Bahkan, studi menunjukkan bahwa toleransi rasa sakit peserta yang menonton film traumatis dapat meningkat hingga sekitar 13 persen.

6. Membuat Anda merasa lebih lega

Menonton film sedih juga dianggap dapat membuat penontonnya merasa lebih lega, sekalipun mungkin Anda merasa stres pada awalnya. Hal ini disebabkan oleh hormon kortisol yang dilepaskan oleh otak, kemudian diikuti dengan dopamin yang dapat memicu perasaan senang.

Itulah beberapa manfaat yang merupakan alasan kenapa fim sedih baik untuk kesehatan mental Anda. Jika film sedih adalah film yang Anda hindari ketika sedang mengalami kesedihan, mungkin Anda bisa mempertimbangkan beberapa keuntungan di atas.

Psychentral
https://psychcentral.com/blog/how-watching-movies-can-benefit-our-mental-health/
https://psychcentral.com/blog/why-are-we-drawn-to-sad-movies/
https://psychcentral.com/blog/how-watching-movies-can-benefit-our-mental-health/
Diakses 31 Mei

Medicinet
https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=157105
Diakses 31 Mei

The guardian
https://www.theguardian.com/science/2016/sep/21/watching-a-sad-films-boosts-endorphin-levels-in-your-brain-psychologists-say
Diakses 31 Mei

Gundersenhealth
https://www.gundersenhealth.org/health-wellness/live-happy/healthy-ways-to-deal-with-sadness/
Diakses 31 Mei

Better help
https://www.betterhelp.com/advice/psychologists/16-examples-of-catharsis-psychology/
Diakses 31 Mei

Artikel Terkait