Film Anak-anak Ini Cocok Ditonton Bersama Si Kecil di Rumah

Film anak-anak dapat memberikan pesan moral berharga bagi Si Kecil
Sebuah keluarga sedang menyaksikan film

Sebagai orangtua, tugas Anda adalah memastikan anak memperoleh tontonan yang berkualitas. Pastinya Anda tidak ingin membiarkan anak-anak menonton apa yang seharusnya tidak ditonton sesuai dengan usianya.

Sebagai solusinya, Anda bisa mengajak Si Kecil menonton film anak-anak yang mendidik dan penuh pesan moral sehingga memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang anak.

Kini, perkembangan seorang anak tidak tergantung pada sekolah dan buku saja, waktu bermain dan film anak-anak pun turut berkontribusi dalam perkembangan dirinya.

Film anak-anak yang mendidik dan menyenangkan dapat membantu perkembangan anak secara keseluruhan karena film ini memberikan pelajaran hidup yang penting yang tidak dapat diajarkan melalui buku.

Manfaat menonton film anak-anak yang mendidik

Selain menyenangkan, menonton film anak-anak adalah sesuatu yang bisa Anda nikmati bersama anak-anak. Berikut manfaat menonton film anak-anak yang mendidik bersama Si Kecil.

  • Memperbanyak kosakata

Anak-anak tergolong pandai mendengarkan dan menangkap segala hal dengan sangat cepat. Jika Si Kecil tidak mengerti bagian film yang ditontonnya, biasanya ia akan bertanya kepada Anda. Ini adalah kesempatan bagus untuk mengajarkan kosakata baru kepada anak.

Di sisi lain, jika anak Anda dapat membaca, dorong mereka untuk mencari kata-kata yang mereka tanyakan dalam kamus. Dengan cara ini, mereka tidak hanya akan belajar maknanya, tetapi juga bagaimana menulisnya.

  • Meringankan stres

Satu lagi manfaat film anak-anak adalah meringankan stres dan meredakan kecemasan. Anak-anak biasa mengalami perasaan ini di sekolah karena berbagai tugas dan ujian. Setelah keluar dari rutinitas tersebut, Si Kecil dapat menjernihkan pikiran dan bersenang-senang melalui menyaksikan film anak-anak bersama Anda.

  • Belajar bahasa asing

Dengan menonton film berbahasa asing, secara tak langsung dapat membuat anak Anda menjadi lebih tertarik belajar bahasa tersebut. Proses belajar bahasa asing pun akan lebih mudah karena dibantu ketertarikan Si Kecil dan tampilan visual yang menarik.

  • Mengembangkan kreativitas dan imajinasi

Manfaat film anak-anak lainnya yang tak kalah penting adalah mengembangkan kreativitas, meningkatkan kemampuan berpikir, dan merangsang imajinasi anak.

Film anak-anak yang mendidik dan penuh pesan moral

Film anak-anak yang mendidik dapat membantu mengubah perilaku Si Kecil dengan cara yang baik. Berikut adalah beberapa rekomendasi film anak-anak yang bisa Anda tonton bersama Si Kecil.

1. Finding Nemo

Film ini mengisahkan seorang ayah ikan yang mencari putranya yang hilang karena badai. Adegan awal film ini menggambarkan betapa pentingnya mendengarkan nasihat orangtua dan perlunya berhati-hati terhadap bahaya yang mengelilingi hidup.

Film ini juga mengajarkan anak-anak untuk berani, bahkan saat menghadapi kesulitan. Menghargai teman-teman yang membantu saat Anda mengalami kesulitan juga merupakan pelajaran berharga yang diajarkan film ini.

2. Toy Story 2

Salah satu film anak-anak terbaik adalah Toy Story 2 karena film ini menjelaskan konsep kesetiaan dan persahabatan, dengan memperluas makna keluarga.

Kisah tokoh Buzz dan Woody juga mengajarkan pentingnya persahabatan. Anak-anak dari usia 5 tahun hingga anak-anak prasekolah dapat menikmati film ini sekaligus mempelajari pesan moral yang ada.

3. The Incredibles

The Incredibles adalah sebuah film anak-anak yang menceritakan keluarga yang memiliki kekuatan super. Anak-anak berusia sekitar 6-7 tahun disarankan untuk menonton film ini.

Dari film ini, anak Anda akan belajar bagaimana pentingnya kerja sama anggota keluarga dalam menjaga diri. Pada saat yang sama, film ini juga mengajarkan Si Kecil tanggung jawab dan bagaimana seseorang bisa menjadi orang baik dengan melakukan perbuatan yang baik.

4. Moana

Film Moana dipenuhi dengan banyak pelajaran hidup, salah satunya adalah pentingnya untuk selalu mengikuti kata hati, apa pun situasinya. Anak-anak juga bisa belajar menghadapi ketakutan mereka dan terus maju.

Jika Anda memerhatikan dengan seksama, setiap karakter dalam film ini memiliki pesan moral yang berbeda untuk diajarkan kepada anak.

5. The Lion King

Karakter Simba dalam The Lion King dapat mengajarkan pentingnya cinta dan persahabatan yang tidak memiliki batas. Selain itu, film ini juga bisa membuat anak-anak berani dalam menghadapi ketakutan terburuk mereka.

6. Nussa

Rekomendasi film anak-anak kali ini berasal dari Indonesia. Nussa merupakan film kartun karya anak bangsa yang saat ini tengah banyak digemari. Film ini berfokus pada kisah kakak beradik, yaitu Nussa dan Rara yang inspiratif.

Film Nussa memiliki visi untuk mengedukasi anak-anak muslim supaya rajin beribadah. Selain itu, terdapat lagu-lagu islami yang dikemas dengan baik sehingga anak-anak mudah untuk menghafalnya.

Itulah beberapa rekomendasi film anak-anak yang bisa Anda tonton bersama Si Kecil. Selagi masih banyak waktu di rumah, tidak ada salahnya untuk mulai menonton film ini bersama anak-anak. 

Meski film anak-anak ini punya banyak manfaat, Anda tetap harus membatasi screen time Si Kecil setiap harinya dengan menetapkan batasan waktu menonton TV. Hal ini dilakukan guna mencegah pengaruh negatif dari TV yang bisa memengaruhi perkembangan anak.

Childmind. https://childmind.org/article/benefits-watching-tv-young-children/
Diakses pada 03 Juni 2020

Parenting.firstcry. https://parenting.firstcry.com/articles/10-best-educational-movies-for-kids/
Diakses pada 03 Juni 2020

Youaremom. https://youaremom.com/play-time/benefits-of-movies-for-kids/
Diakses pada 03 Juni 2020

Artikel Terkait