Mengenal Ferulic Acid, Kandungan Serum Wajah untuk Mencegah Keriput

Ferulic acid merupakan kandungan serum wajah yang memiliki banyak khasiat
Ferulic acid adalah zat alami yang dapat ditemukan dalam gandum

Perawatan kecantikan berupa skin care yang beredar saat ini di pasaran sangatlah beragam. Dengan banyaknya produk yang beredar, Anda perlu mewaspadai kandungan skin care yang berbahaya agar tidak merusak kulit seiring bertambahnya usia.

Salah satu skin care antipenuaan yang populer saat ini adalah serum wajah dengan kandungan ferulic acidFerulic acid dipercaya memiliki khasiat yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, kerutan, dan semacamnya.

Apa itu Ferulic Acid?

Ferulic acid, atau asam ferulic, adalah antioksidan nabati yang banyak digunakan dalam produk perawatan kulit antipenuaan. Zat ini secara alami ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk gandum, oat, beras, terong, jeruk, dan biji apel.

Ferulic acid kini semakin diminati karena kemampuannya melawan radikal bebas dan meningkatkan efektivitas antioksidan lain, seperti vitamin A, C, dan E. Produk yang memiliki kandungan ferulic acid biasanya berupa serum wajah.

Manfaat Ferulic Acid

Ferulic acid tersedia dalam bentuk tambahan dan menjadi bagian dari serum wajah antipenuaan untuk melawan radikal bebas. Serum wajah ini berperan dalam mengatasi masalah kulit berkaitan dengan usia, seperti bintik-bintik hitam, garis-garis halus, keriput, dan kerutan.

Ferulic acid kadang dikemas dalam bentuk suplemen obat yang bermanfaat bagi penderita diabetes dan hipertensi paru. Asam ini juga digunakan untuk pengawetan makanan dan digunakan dalam beberapa obat dalam industri farmasi.

Penelitian lebih lanjut tentang manfaat ferulic acid sedang dilakukan untuk mendapatkan manfaat antioksidan yang lebih luas, termasuk untuk pengobatan penyakit Alzheimer dan penyakit kardiovaskular.

Manfaat Ferulic Acid untuk Kulit

Dalam serum wajah, ferulic acid cenderung bekerja optimal dengan bahan antioksidan lainnya, terutama vitamin C.

Vitamin C adalah bahan umum dalam banyak produk perawatan kulit antipenuaan. Tetapi, vitamin C tidak stabil untuk dikonsumsi sendiri. Pasalnya, vitamin C dapat terdegradasi dengan cepat, terutama ketika terkena sinar matahari. Itu sebabnya serum vitamin C biasanya datang dalam botol yang tidak tembus cahaya atau berwarna kuning.

Ferulic acid dianggap membantu menstabilkan vitamin C dan meningkatkan perlindungan dengan kemampuan mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari. Sebuah studi tahun 2005 menunjukkan bahwa asam ferulic memiliki potensi untuk menawarkan dua kali jumlah fotoproteksi bila dikombinasikan dengan vitamin C dan E.

Efek Samping Ferulic Acid

Secara keseluruhan, ferulic acid aman untuk sebagian besar jenis kulit. Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya coba sedikit terlebih dahulu sebelum memakainya sebagai serum wajah atau produk perawatan kulit lainnya.

Ada juga kemungkinan mengembangkan reaksi alergi terhadap ferulic acid karena bahan asal zat ini. Misalnya, jika Anda memiliki alergi terhadap gandum, maka Anda mungkin sensitif terhadap ferulic acid yang berasal dari sumber tanaman ini. Hentikan penggunaan Ferulic Acid, jika Anda mengalami:

  • Kemerahan
  • Ruam
  • Gatal-gatal
  • Rasa nyeri
  • Kulit mengelupas

Kesimpulan

Ferulic acid adalah antioksidan yang berfungsi meningkatkan efek antioksidan lain. Ketika digunakan dalam produk perawatan kulit seperti serum wajah, ferulic acid membantu melindungi integritas kulit secara keseluruhan dan mengurangi pengembangan garis-garis halus, bintik-bintik hitam, keriput, dan kerutan.

Bila Anda tertarik mencoba ferulic acid, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit dan menguji coba sedikit terlebih dahulu dalam bentuk serum wajah antioksidan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/ferulic-acid
Diakses pada Februari 2019

Women's Health Mag. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19479913/ferulic-acid/
Diakses pada Februari 2019

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-ferulic-acid-89607
Diakses pada Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed