3 Fase Penting dalam Penyembuhan Ligamen tanpa Operasi

Penyembuhan ligamen tanpa operasi dapat dilakukan. Namun, sebaiknya mengikuti tiga fase rehabilitasi cedera ligamen
Cedera ligamen termasuk umum terjadi pada pergelangan kaki

Ketika pergelangan kaki terkilir, ligamen di tumit Anda bisa tertarik hingga robek. Bagi atlet profesional, kondisi ini mungkin saja membuatnya naik meja operasi. Namun ada juga alternatif penyembuhan ligamen tanpa operasi.

Ligamen mirip seperti karet menyilang yang menghubungkan tulang satu dengan tulang yang lain. Pada pergelangan kaki, terdapat beberapa ligamen. Dua di antaranya merupakan ligamen yang sering cedera, yakni anterior talofibular ligament (ATFL) dan calcaneal fibular ligament (CFL).

Cedera ligamen terjadi ketika ligamen dipaksa melakukan pergerakan secara tiba-tiba, sehingga mengakibatkan ligamen tertarik sampai robek. Biasanya, cedera ini dapat muncul di pergelangan kaki, lutut, maupun pergelangan tangan.

Untuk menentukan tahap pengobatan, tingkat keparahan cedera yang Anda alami perlu diketahui terlebih dulu.

Tingkat keparahan cedera ligamen

Ketika ligamen cedera, Anda akan merasakan sakit, bengkak, hingga memar di sekitar bagian yang cedera tersebut. Namun intensitas gejala ini akan sangat bergantung pada tingkat keparahannya. Secara umum, cedera ligamen dikelompokkan menjadi tiga tingkat di bawah ini:

  • Tingkat 1 yang tergolong ringan: Ligamen sedikit tertarik dan terdapat sedikit robekan. Anda akan mengalami rasa sakit yang ringan dan bengkak yang tidak terlalu besar di sekitar ligamen yang cedera.
  • Tingkat 2 yang tergolong sedang: Ligamen robek sebagian dan ada rasa nyeri serta bengkak yang terlihat dengan jelas. Jika dokter menggerakkan telapak kaki di bagian pergelangan kaki yang cedera, otot pergelangan kaki akan terasa sakit.
  • Tingkat 3 yang tergolong parah: Ligamen robek sepenuhnya sehingga menimbulkan nyeri dan bengkak yang signifikan. Ketika dokter menarik atau mendorong area telapak kaki, Anda akan merasa keseimbangan tubuh menjadi terganggu.

Setelah mendeteksi tingkat keparahan cedera yang Anda alami, dokter akan menentukan perawatan yang sesuai. Penanganan ini bisa dengan perawatan sendiri di rumah maupun operasi.

3 Fase penyembuhan ligamen tanpa operasi

Ketika pergelangan kaki terkilir, Anda sebaiknya ke dokter untuk menjalani terapi penyembuhan. Umumnya, dokter dapat melakukan penyembuhan ligamen tanpa operasi, sekalipun Anda menderita cedera yang parah.

Dokter akan merekomendasikan Anda untuk menjalani tiga fase penyembuhan ligamen tanpa operasi berikut ini:

  • Fase 1: Beristirahat dan memastikan pergelangan kaki tidak dipaksa melakukan aktivitas apapun, termasuk berjalan apalagi berolahraga. Langkah ini bertujuan agar bengkak maupun nyeri cepat hilang.
  • Fase 2: Setelah nyeri dan bengkak hilang, Anda akan dilatih untuk kembali berjalan dengan cara mengembalikan kekuatan dan fleksibilitas pergelangan kaki.
  • Fase 3: Setelah Anda bisa berjalan, dokter akan menganjurkan serangkaian latihan ringan. Namun pergelangan kaki tetap belum boleh melakukan gerakan memutar. Jenis gerakan ini bisa perlahan-lahan dilakukan jika pergelangan kaki sudah benar-benar sembuh.

Ketiga fase tersebut biasanya akan memakan waktu dua minggu pada penyembuhan cedera ligamen tingkat 1. Namun jika Anda menderita cedera ligamen tingkat 2 atau 3, waktu pemulihan otomatis akan lebih lama, yaitu bisa mencapai 6-12 minggu.

Sangat penting untuk mengikuti program penyembuhan ligamen tanpa operasi ini dari awal hingga tuntas di tahap akhir. Ketiga fase tersebut dirancang sedemikian rupa agar pergelangan kaki Anda tidak mudah untuk mengalami cedera yang sama di kemudian hari.

Anda mungkin akan merasa pergelangan kaki sudah berfungsi normal sebelum fase ketiga. Tetapi menghentikan rehabilitasi justru berisiko membuat Anda menderita sakit yang lebih kronis, misalnya jalan yang pincang maupun artritis di pergelangan kaki.

Untuk mencegah kaki terkilir di kemudian hari, Anda harus lebih memerhatikan kondisi saat berolahraga. Sebelum memulai, pastikan Anda telah melakukan pemanasan. Setelah selesai, lakukan langkah pendinginan atau peregangan.

Jangan memaksakan diri untuk terus melakukan aktivitas fisik bila kaki Anda sudah terasa sakit. Pastikan juga Anda mengenakan sepatu yang nyaman di kaki serta berolahraga di tempat dengan permukaan yang datar.

Lakukan ini untuk percepat penyembuhan ligamen tanpa operasi

Selain menuruti anjuran dan fase penyembuhan dari dokter, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mempercepat penyembuhan cedera ligamen pada pergelangan kaki:

  • Sebisa mungkin, istirahatkan kaki yang cedera.
  • Mengompres bagian cedera dengan es batu berlapis handuk atau kompres instan yang dijual di toko-toko terdekat. Langkah ini berfungsi mengurangi peradangan yang menyebabkan bengkak.
  • Membungkus area yang bengkak dengan perban atau bebat khusus. Pastikan agar jangan terlalu ketat karena dapat menghalangi aliran darah.
  • Mengangkat pergelangan kaki cedera agar posisinya lebih tinggi dari jantung. Langkah ini dilakukan supaya peredaran darah lebih lancar sekaligus mengurangi peradangan.

Anda juga bisa mengonsumsi obat antinyeri, seperti ibuprofen atau naproxen. Namun langkah ini tentunya harus dilakukan setelah pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter.

Dengan mematuhi anjuran dan instruksi dari dokter, penyembuhan ligamen tanpa operasi bukan tidak mustahil untuk dilakukan. Semoga bermanfaat!

American Orthopaedic Foot and Ankle Society. http://legacy.aofas.org/footcaremd/conditions/ailments-of-the-ankle/Pages/Ankle-Sprain.aspx
Diakses pada 26 Juni 2019

American Academy of Orthopaedic Surgeons. https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/sprained-ankle/
Diakses pada 26 Juni 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/ligament-vs-tendon#sprains-vs.-strains
Diakses pada 26 Juni 2019

WebMD. https://www.webmd.com/pain-management/ankle-sprain#3-7
Diakses pada 26 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed