Faktor yang Membuat Produktivitas Kerja Karyawan Semakin Optimal


Kesehatan mental karyawan menjadi faktor yang memengaruhi produktivitas kerja. Lingkungan kerja juga memiliki peran penting untuk mencapai tujuan tersebut.

0,0
23 Nov 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kesehatan mental karyawan menjadi faktor yang memengaruhi produktivitas kerjaRekan kerja yang saling mendukung dan membantu proses pekerjaan akan membuat produktivitas meningkat
Pekerja atau karyawan dituntut untuk memiliki produktivitas yang tinggi. Produktivitas ini yang membuat tujuan bisnis dari setiap perusahaan bisa tercapai. Sayangnya, masih sedikit perusahaan yang memerhatikan faktor yang memengaruhi produktivitas kerja para karyawannya.
Produktivitas ini tentunya sangat erat hubungannya dengan kesehatan mental seseorang. Sudah seharusnya perusahaan menjaga mental setiap karyawannya dengan berbagai cara.

Faktor yang bisa memengaruhi produktivitas kerja

WHO mencatat bahwa faktor gangguan kesehatan mental di kantor berhubungan dengan interaksi, baik sesama karyawan maupun dengan pihak perusahaan. Karyawan bisa saja merasa sangat stres dan tertekan dengan perilaku sesama karyawan dalam pekerjaannya.Di sisi lain, perusahaan juga mengambil peran penting dalam masalah ini. Lingkungan kerja dan hubungan dengan atasan menjadi momok besar dalam kesehatan mental dan produktivitas. Bukan hanya itu, dukungan dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari juga bisa menjadi faktor yang memengaruhi kesehatan mental.Berikut beberapa faktor yang bisa mempengaruhi produktivitas kerja karyawan:

1. Lingkungan kerja

Faktor lingkungan paling besar pengaruhnya terhadap seseorang. Bisa saja seorang karyawan menjadi sangat betah bekerja bertahun-tahun karena alasan lingkungan kerja yang nyaman. Hal ini menyangkut suasana, rekan kerja, dan pastinya tempat kerja itu sendiri.Rekan kerja yang saling mendukung dan membantu proses pekerjaan akan membuat produktivitas meningkat. Di samping itu, pembagian pekerjaan yang jelas pun membuat seseorang lebih paham tugas dan kewajibannya. Selain itu, tempat kerja yang nyaman, bersih, dan sehat menjadi pendukung produktivitas.

2. Dukungan kesehatan

Faktor kesehatan menjadi hal yang utama untuk mencapai tujuan. Karyawan atau pekerja yang cakap sekalipun tidak akan bisa bekerja secara produktif bila tidak sehat. Karena itu, perusahaan bertanggung jawab terhadap kesehatan karyawan.Sederhananya, produktivitas bisa lebih tinggi saat orang tidak khawatir dengan kesehatan mereka. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam memenuhi faktor ini. Memberikan tunjangan kesehatan merupakan salah satunya.Bukan hanya itu, perusahaan pun wajib memberikan waktu libur yang proporsional. Dengan istirahat yang cukup, produktivitas karyawan juga akan terus meningkat. Selain itu, kesehatan fisik dan mental setiap orang pun terjaga.

3. Dukungan perusahaan

Selain dukungan kesehatan, perusahaan melalui atasan juga harus aktif berkomunikasi dengan karyawan. Komunikasi yang buruk akan membuat produktivitas kerja pun menurun.Tidak perlu membuat obrolan dengan intensitas tinggi. Cukup buat komunikasi dua arah tentang kebutuhan dari karyawan untuk membantu tetap produktif. Mungkin saja ada hal-hal yang mengganjal hingga seseorang jadi tidak semangat dalam menyelesaikan pekerjaannya.Bagi sebuah perusahaan, karyawan atau pekerja merupakan investasi jangka panjang. Membuatnya tetap produktif akan membawa keuntungan berlipat di masa depan.Baca juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja supaya Anda Lebih Efisien

4. Pelatihan diri

Produktivitas bisa ditingkatkan dengan pelatihan. Pelatihan ini terkait dengan hard maupun soft skill. Pemberian kesempatan untuk berkembang ini juga yang membuat seorang karyawan mau mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Karyawan yang lebih terlatih akan bisa membantu perusahaan dan bisnis bertumbuh.

5. Melakukan rutinitas yang sehat

Rutinitas menjadi hal yang tidak kalah penting dalam menunjang produktivitas. Setiap orang pasti memiliki rutinitasnya, tapi tidak semua orang punya rutinitas yang sehat. Karena itu, perusahaan juga bisa berinisiatif untuk mengajak rutinitas sehat tersebut.Datang dan pulang tepat waktu menjadi salah satu rutinitas yang bisa bantu produktivitas lebih baik. Berikan juga hari libur yang tepat supaya karyawan bisa melakukan hobi atau bersantai. Jika memang memungkinkan, ajak karyawan melakukan olahraga bersama pada waktu tertentu.Baca juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja supaya Anda Lebih Efisien

Catatan dari SehatQ

Karena produktivitas penting, Anda perlu tahu faktor yang bisa memengaruhinya. Selain kesehatan fisik, kondisi mental juga berperan dalam membantu produktivitas tetap baik. Dukungan yang baik dan jam kerja yang tepat akan membuat produktivitas lebih baik.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar produktivitas dan kesehatan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
gangguan mentalkesehatan mentallembur
WHO https://www.who.int/teams/mental-health-and-substance-use/promotion-prevention/mental-health-in-the-workplace
Diakses pada 10 November 2021
Journals LWW https://journals.lww.com/joem/Abstract/2004/07000/The_Relationship_Between_Health_Risks_and_Work.18.aspx
Diakses pada 10 November 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/your-productivity-doesnt-determine-your-worth-heres-how-to-let-that-sink-in#Sometimes,-we-cant-be-productive
Diakses pada 10 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait