logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

13 Fakta Anak Kedua dan Sifatnya yang Bisa Anda Kenali

open-summary

Anak kedua dipercaya mudah bergaul, suka menegakkan keadilan, dan tidak mudah menyerah. Penting bagi orangtua untuk memperhatikan fakta anak kedua ini agar bisa lebih memahami sifat dan karakter anak.


close-summary

3

(29)

30 Des 2019

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Fakta anak kedua memiliki kepribadian yang mudah bergaul dan tidak mudah menyerah

Anak kedua memiliki kepribadian yang berbeda dari kakak dan adiknya

Table of Content

  • 13 fakta anak kedua memiliki sifat yang menarik
  • Apakah semua anak kedua memiliki sifat atau karakter yang sama?
  • Catatan dari SehatQ

Tahukah Anda bahwa urutan lahir anak dipercaya bisa mempengaruhi sifat dan kepribadiannya? Hal ini tentunya juga akan mempengaruhi bagaimana orangtua membesarkan dan berkomunikasi dengan mereka. Jika Anda ingin mengetahui fakta anak kedua, artikel ini mungkin bisa menjadi panduan.

Advertisement

Teori urutan kelahiran diperkenalkan oleh seorang dokter sekaligus ahli psikologi bernama Alfred Adler pada abad ke-20. Teori ini mengklaim bahwa urutan kelahiran seorang anak membentuk perkembangan dan kepribadiannya. 

Selain itu, Alfred juga percaya bahwa keluarga, masyarakat, dan aspek sosial memainkan peran utama dalam membentuk kepribadian anak. Penting untuk memahami sifat maupun kepribadian anak agar bisa menerapkan pola asuh dan pendekatan emosional yang tepat untuknya.

13 fakta anak kedua memiliki sifat yang menarik

Berikut fakta anak kedua yang dapat Anda perhatikan:

1. Kompetitif

Anak kedua diapit oleh anak pertama dan bungsu. Maka dari itu, ia akan lebih kompetitif untuk bersaing mendapatkan perhatian dari orangtuanya daripada anak yang lain.

Anak kedua cenderung merasa bukan anak yang difavoritkan oleh orangtua dan perlu memperlihatkan kemampuan yang tidak dimiliki saudara lainnya. Hal tersebut menumbuhkan sifat anak kedua yang kompetitif

2. Merasa rendah diri

Berikutnya, fakta anak kedua perempuan maupun laki-laki adalah mereka cenderung memiliki self-esteem yang rendah karena kurangnya perhatian di rumah dan merasa berbeda dari saudara-saudaranya. Namun, tentunya tidak semua sifat anak kedua seperti itu.

3. Cenderung memberontak

anak memberontak
Anak kedua akan memberontak untuk menarik perhatian orangtua

Karena merasa diperlakukan tidak adil, terkadang anak kedua, terutama laki-laki, cenderung melakukan perlawan agar apa yang ia inginkan terpenuhi. 

Hal inilah yang membuatnya dianggap menjadi anak pemberontak dan susah diatur. Namun, itu mungkin hanya menjadi siasatnya untuk menarik perhatian orangtua.

4. Memiliki hubungan yang kuat dengan teman

Anak kedua dianggap memiliki hubungan yang erat dengan teman-temannya. Mereka biasanya mencari hubungan lain di luar keluarga intinya karena cenderung merasa diabaikan oleh orangtuanya.

5. Lebih aktif

Anak kedua disebut-sebut lebih aktif daripada anak pertama. Sebagai kakak, anak pertama cenderung akan menjaga sikapnya, berbeda dengan anak kedua yang merasa bebas melakukan apa saja. 

Anak yang sering bergerak aktif tentunya membawa manfaat bagi dirinya sendiri karena bisa terhindar dari risiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

6. Mudah bergaul

Salah satu sifat anak kedua disebut mudah berkompromi sehingga lebih mudah untuk mengikuti aliran percakapan dan menjalin hubungan dengan orang lain dibandingkan dengan anak sulung.

7. Lebih mudah beradaptasi

Menurut Alfred Adler, pencetus kepribadian berdasarkan urutan kelahiran, karakter anak kedua lebih cenderung bisa beradaptasi dalam kehidupan sehari-hari. Fakta anak kedua laki-laki maupun perempuan yang juga menarik adalah mereka dinilai senang menyenangkan orang lain.

8. Suka menegakkan keadilan

Salah satu ciri-ciri anak kedua yang menarik adalah mereka lebih cenderung menjadi penegak keadilan dan selalu berusaha untuk memahami kebutuhan tiap orang. Sifat anak kedua dalam hal ini adalah mudah berempati dengan orang-orang yang ditindas.

9. Pandai negosiasi

Anak kedua dianggap lebih mudah untuk bernegosiasi dan memanipulasi. Mereka mampu melihat suatu masalah dari berbagai sisi dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan penilaiannya. Fakta anak kedua ini menjadikan mereka lebih mungkin untuk berkompromi dan sabar.

10. Menjadi mediator

anak dan orangtua
Anak kedua bisa menjadi penengah dalam keluarga

Tidak hanya pandai bernegosiasi, kelebihan anak kedua juga cenderung menjadi penengah dalam keluarga dan menyeimbangkan hubungan antar saudara. Hal ini juga dikarenakan sifat anak kedua perempuan maupun laki-laki yang cenderung cinta damai.

11. Cenderung tidak berorientasi pada keluarga

Selanjutnya, fakta tentang anak kedua adalah cenderung tidak berorientasi pada keluarga. Rasa memiliki anak kedua terhadap keluarga mungkin tidak sekuat saudara kandungnya yang lain. 

Hal itu bisa terjadi karena ia merasa tidak dipedulikan oleh orangtua yang lebih memperhatikan kakak atau adiknya.

12. Lebih mandiri

Anak kedua tidak merasa memiliki tanggung jawab sebesar anak pertama dan tidak bergantung pada keluarga seperti anak bungsu. Hal inilah yang membuat sifat anak kedua lebih bisa memecah dirinya dari bagian keluarga dan menjadi lebih independen.

13. Tidak mudah menyerah

Anak kedua tidak gampang tertekan dan lebih cenderung tidak menekankan ekspektasi berlebih pada dirinya sendiri. Alhasil, ia menjadi pribadi yang tak mudah menyerah dalam mencapai sesuatu. Hal ini merupakan karakter anak kedua yang positif.

Terkadang, anak kedua tidak mendapat perhatian yang cukup dari orangtua. Perlakuan tersebut dapat berdampak hingga anak menjadi dewasa. 

Misalnya, ia bisa mengalami kesulitan dalam membina hubungan dengan orang lain. Selain itu, ia juga sering kali dituntut untuk bersikap lebih dewasa.

Baca Juga

  • Ide Sensory Play Menyenangkan untuk Menstimulasi Sensor Motorik Anak
  • Hilangkan Kebiasaan Merengek pada Anak dengan 8 Tips Ini
  • Manfaat Beramal dan Cara Mengajarkannya pada Anak

Apakah semua anak kedua memiliki sifat atau karakter yang sama?

Tidak semua anak kedua memiliki karakter yang sama. Daftar di atas merupakan ciri-ciri umum anak kedua dan bukanlah sebuah prediksi yang akurat. Beberapa anak bisa menunjukkan kepribadian yang berbeda.

Ini karena kepribadian anak dipengaruhi oleh kasih sayang yang ditunjukkan kepadanya, lingkungan bergaulnya, faktor genetik, dan banyak lagi. Jadi, cobalah menyikapinya dengan bijak.

Pastikan Anda memberi kasih sayang yang adil kepada setiap anak. Jika terlalu banyak pilih kasih dan keberpihakan pada salah satu anak, hal tersebut bisa memicu kecemburuan dan menjadi masalah dalam keluarga.

Catatan dari SehatQ

Sebagai orangtua, Anda haruslah memberikan kasih sayang yang sesuai dengan karakter anak masing-masing. Terlepas dari urutan kelahirannya.

Apabila orangtua memiliki masalah hubungan dengan anak kedua, jangan sungkan untuk mengunjungi psikolog anak atau psikiater. Hal ini bisa membantu Anda mendapat solusi yang tepat.

Ingin bertanya lebih lanjut seputar perkembangan anak? tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

tips parentingibu dan anakgaya parenting

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved