10 Fakta Tentang Warna Mata Orang Indonesia Ini Belum Banyak yang Tahu

Warna mata orang Indonesia paling banyak adalah coklat tua
Warna mata orang Indonesia kebanyakan adalah coklat tua

Tahukah Anda jika warna mata orang Indonesia kebanyakan adalah cokelat gelap? Bukan hitam seperti yang selama ini dikira banyak orang. Warna mata coklat memang merupakan warna mata yang paling umum di dunia. Sekitar 80% orang di dunia memilkinya.

Tidak hanya di Indonesia, warna mata cokelat gelap juga menjadi warna dominan di Asia Tenggara, Afrika, dan Asia Timur. Sementara itu, cokelat muda paling banyak ditemukan pada orang-orang dari negara Asia Barat, Benua Amerika, dan Benua Eropa.

Selain hal di atas, masih banyak fakta lain seputar warna mata orang Indonesia yang bisa Anda ketahui, seperti di bawah ini.

Fakta menarik seputar warna mata orang Indonesia

Tahukah Anda alasan di balik warna mata orang Indonesia yang kebanyakan berwarna gelap? Atau ternyata orang yang memiliki warna mata gelap dinilai lebih berisiko kena katarak? Kedua hal tersebut hanyalah contoh dari sekian banyak fakta menarik, seperti di bawah ini.

1. Bagian mata yang berwarna disebut iris

Ada dua bagian mata yang bisa terlihat secara kasat mata, yaitu iris dan sklera. Sklera adalah bagian mata yang berwarna putih. Sementara itu, iris adalah bagian berwarna di bola mata yang bisa berwarna macam-macam, mulai dari coklat gelap, biru, hingga hijau.

2. Warna mata orang Indonesia gelap karena banyak sinar matahari

Kebanyakan warna mata orang Indonesia serta orang-orang yang tinggal di daerah tropis adalah cokelat gelap. Semakin gelap warna mata seseorang, artinya pigmen yang dimilikinya pun semakin banyak. Warna iris yang gelap akan melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan sinar matahari yang terlalu terang.

Sementara itu, orang-orang yang berada di wilayah yang tidak terlalu banyak menerima sinar matahari, cenderung memiliki mata berwarna lebih terang. Ini akan membuat mereka lebih mudah melihat dalam kondisi yang gelap dan dingin.

3. Saat bayi, warna mata masih bisa berubah

Bayi ternyata masih bisa mengalami perubahan warna mata. Sebab, produksi melanin yang memberikan warna pada mata akan optimal saat seorang anak berusia 1 tahun. Jadi, di usia bayi, warna mata masih bisa terlihat lebih terang. Memasuki usia 3 tahun, anak sudah akan memiliki warna mata yang tetap.

4. Warna mata tidak sepenuhnya diturunkan dari orangtua

Faktor utama yang menentukan warna mata seseorang memang dari orangtua. Namun, ini bukanlah satu-satunya faktor. Faktor lainnya yang berpengaruh adalah produksi melanin.

Anak bisa saja memiliki warna mata yang sama sekali berbeda dari kedua orangtuanya. Hanya saja, jika orangtua memiliki mata gelap, seperti kebanyakan warna mata orang indonesia, maka kemungkinan besar anaknya pun akan memiliki warna yang sama.

5. Orang yang berwarna mata gelap biasanya lebih bisa dipercaya

Tahukah Anda jika berdasarkan penelitian, memiliki warna mata gelap membuat seseorang terlihat lebih bisa dipercaya? Namun, penelitian ini juga menyimpulkan bahwa faktor lain seperti karakter wajah orang yang memiliki warna mata gelap, berperan besar untuk membuat mereka terlihat lebih terpercaya.

6. Orang dengan warna mata gelap lebih tahan dengan suara bising

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang memiliki warna mata gelap lebih jarang mengalami gangguan pendengaran dibandingkan dengan pemilik mata berwarna terang.

Hal ini dipercaya disebabkan oleh jumlah melanin yang lebih banyak di area mata dan telinga mereka. Melanin tersebut memberikan sedikit perlindungan untuk telinga saat suara mulai bising.

7. Katarak lebih mudah terjadi pada mata yang berwarna gelap

Orang yang memiliki warna mata gelap, disebut berisiko dua kali lebih besar terkena katarak. Sebuah penelitian di Australia mendapatkan kesimpulan ini. Meski begitu, dibutuhkan lebih banyak penelitian lain untuk memastikannya.

8. Warna mata gelap lebih jago olahraga

Orang yang memiliki warna mata gelap, disebut lebih mahir dalam olahraga yang mengandalkan reaksi, seperti tinju, menjadi pemain bertahan dalam sepak bola atau rugby, dan olahraga yang melibatkan aktivitas memukul bola.

Sementara itu, orang dengan warna mata yang terang, lebih mahir melakukan olahraga yang membutuhkan kontrol sejak awal hingga akhir, seperti golf, bowling, atau baseball.

9. Wanita yang punya warna mata gelap lebih tidak tahan sakit

Pada sebuah studi yang mempelajari tentang toleransi nyeri pada saat proses persalinan, didapatkan hasil bahwa wanita yang dengan warna mata gelap, cenderung tidak tahan menghadapi rasa nyeri.

10. Warna mata bisa tandakan penyakit tertentu

Tidak hanya warna iris, warna sklera juga bisa menjadi penanda suatu penyakit. Pada orang yang punya kerusakan hati misalnya, warna mata akan berubah menjadi kuning (jaundice) akibat tingginya kadar bilirubin di tubuh.

Catatan dari SehatQ

Warna mata orang Indonesia rata-rata adalah cokelat gelap. Warna ini didapatkan dari banyaknya melanin karena melimpahnya sinar matahari di negara ini. Melanin yang ada di mata akan melindungi kita dari paparan sinar matahari berlebih dan kerusakan akibat sinar ultraviolet. Untuk menjaga kesehatan mata, jangan lupa untuk selalui penuhi kebutuhan vitamin harian dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

All About Vision. https://www.allaboutvision.com/conditions/eye-color.htm
Diakses pada 27 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-health/eye-color-percentages
Diakses pada 27 Maret 2020

WebMD. https://www.webmd.com/eye-health/ss/slideshow-eye-color-health
Diakses pada 27 Maret 2020

Artikel Terkait