Fakta Seputar Orgasme Wanita, Dari Jenis hingga Cara Mencapainya

Orgasme wanita bisa dicapai asal stimulasi dilakukan dengan tepat
Mengawali dengan foreplay bisa menjadi salah satu cara mencapai orgasme wanita

Orgasme wanita bukanlah mitos. Sebagai proses biologis, pengetahuan mengenai hal ini terhitung masih jarang ditemui, jika dibandingkan dengan orgasme pada pria.

Memang, tidak semua wanita dapat dengan mudah mencapai orgasme. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa hanya 25% wanita yang selalu merasakan orgasme saat melakukan hubungan seksual secara vaginal. Meski begitu, bukan berarti orgasme wanita mustahil untuk dicapai.

Mengenal jenis-jenis orgasme wanita

Orgasme wanita terdiri dari beberapa jenis

Ada beberapa jenis orgasme wanita yang dapat dicapai. Masing-masing akan menghasilkan sensasi yang berbeda di tubuh.

• Orgasme klitoral

Orgasme klitoral, dapat dicapai dengan stimulasi di klitoris. Sensasi yang muncul pada jenis ini, dapat dirasakan di permukaan kulit, seperti rasa geli di kulit, yang menyebar hingga ke otak.

• Orgasme vaginal

Berbeda dari stimulasi klitoris, stimulasi vaginal menghasilkan sensasi yang lebih dalam, dan dinding vagina akan berdenyut.

• Orgasme anal

Orgasme wanita yang dicapai melalui seks anal, akan diawali dengan rasa seperti ingin buang air kecil. Namun, sensasi yang muncul tidak dirasakan di sekitar area genital. Sensasi tersebut akan muncul di area sekitar otot anus.

• Orgasme kombo

Saat vagina, terutama area G-spot dan klitoris mendapatkan stimulasi secara bersamaan, maka orgasme yang dirasakan biasanya akan lebih hebat. Bahkan, saat wanita orgasme hebat, ejakulasi juga bisa terjadi.

• Orgasme titik rangsang

Tidak hanya vagina, titik rangsang wanita juga tersebar di seluruh bagian tubuh, seperti telinga, puting, dan leher. Menstimulasi titik tersebut dapat menghasilkan orgasme wanita.

Tahapan orgasme wanita

Ada empat tahap kepuasan seksual yang berkaitan dengan orgasme wanita

Saat seorang wanita mengalami orgasme, akan ada empat tahap fisiologis yang dilewati, yaitu:

Excitement

Saat wanita dirangsang secara fisik maupun psikologis, pembuluh darah di area genitalnya akan membesar. Hal ini akan memicu pembesaran pada vagina. Cairan vagina juga akan keluar. Di samping itu, detak jantung dan tekanan darah akan meningkat.

Pembesaran pembuluh darah yang terjadi, akan membuat bagian tubuh lain seperti leher dan dada menjadi terlihat memerah.

Plateau

Saat peningkatan aliran darah di vagina bagian bawah mencapai puncaknya, maka vagina akan mengeras. Begitu juga dengan payudara, yang ukurannya akan membesar hingga 25%. Saat tahap ini terjadi, klitoris biasanya terlihat lebih masuk ke tulang kemaluan.

• Orgasme

Setelah melalui tahap excitement dan plateau, orgasme wanita dapat terjadi. Saat orgasme, otot-otot di area genital akan berkontraksi.

Orgasme pada wanita biasanya bertahan lebih lama, dibandingkan dengan orgasme pria, yaitu sekitar 13-51 detik. Jika stimulasi diteruskan, wanita dapat mengalami orgasme untuk yang kedua kali.

• Resolusi

Setelah orgasme, tubuh akan kembali pada kondisi semula. Pembesaran di area genital akan mereda, dan detak jantung berangsur-angsur kembali normal.

Cara mencapai orgasme wanita

Berciuman bisa menjadi salah satu cara agar wanita dapat orgasme

Perlu diingat, orgasme wanita tidak ada hubungannya dengan ukuran penis maupun “skill” seksual. Kunci orgasme wanita ada pada foreplay dan mengenali titik rangsangnya. Mencari posisi seks yang dapat mempercepat orgasme, juga membantu wanita dalam mencapai klimaks saat berhubungan seksual.

Lebih lanjut, berikut ini tips untuk mencapai orgasme wanita.

1. Lakukan stimulasi mental

Untuk wanita, stimulasi secara mental sama pentingnya dengan stimulasi secara fisik. Anda dapat menulis surat cinta, rayuan-rayuan romantis, maupun cara lainnya yang membuat pasangan menantikan saat berdua dengan Anda.

Menyalakan lilin, menata bunga, dan menyalakan musik yang pas untuk sesi bercinta, dapat membuat atmosfer menjadi lebih mendukung. Bagi banyak wanita, kedekatan secara emosional juga dapat membuat orgasme menjadi lebih mudah tercapai.

2. Gunakan sentuhan lembut

Membelai pasangan dengan lembut, dapat meningkatkan gairahnya sebelum hubungan seksual dimulai. Memeluk, memegang tangan atau paha pasangan dapat dilakukan sebagai permulaan.

Menyentuh titik rangsang wanita saat berciuman juga akan meningkatkan gairah wanita sebelum berhubungan seksual, sehingga orgasme akan lebih mungkin tercapai.

3. Stimulasi lebih jauh dengan ciuman

Ciuman adalah langkah foreplay yang penting. Tidak hanya bibir, Anda dapat menambah sensasi dengan mencium area lain seperti leher bagian belakang, atau bahkan bahu pasangan.

4. Bisikkan kata-kata romantis

Saat melakukan foreplay, jangan lupa untuk berbicara padanya. Wanita akan merasa senang apabila Anda memujinya. Dengan begitu, ia akan lebih terbuka dan siap bersenang-senang.

5. Fokus pada klitoris

Banyaknya ujung saraf di klitoris membuatnya menjadi salah satu organ seksual paling penting yang harus distimulasi agar orgasme wanita dapat tercapai. Stimulasi menggunakan sentuhan atau permainan lidah, akan membuatnya merasa terangsang.

6. Cari G-spot

Selain klitoris, bagian vagina yang memiliki banyak ujung saraf adalah G-Spot. G-spot berada di bagian atas dinding vagina. Menemukan G-spot, dapat membuat wanita lebih mudah mencapai orgasmenya.

7. Coba berbagai posisi

Posisi seks yang paling sering digunakan, dengan pria berada di atas wanita, ternyata bukanlah posisi yang membuat wanita menjadi mudah orgasme.

Posisi lain seperti woman on top (perempuan di atas laki-laki), menyamping, dan sembari duduk, disebut bisa lebih mungkin membantu orgasme wanita tercapai.

Penelitian tentang kegemaran seksual wanita

Sebuah penelitian dilakukan di Amerika Serikat untuk melihat keberagaman seksual pada pria dan wanita. Di dalamnya, terdapat juga data tentang 10 besar perilaku yang disenangi wanita saat berhubungan seksual.

Hasilnya, sebagian besar wanita yang menjadi responden dalam penelitian ini menyenangi hubungak seks secara vaginal. Lebih lengkap, berikut ini 10 besar perlakuan seksual, yang paling disenangi wanita menurut sampel penelitian tersebut.

  • Seks secara vaginal
  • Lebih sering cuddling atau berpelukan
  • Lebih sering berciuman saat berhubungan seksual
  • Mengatakan hal yang romantis saat berhubungan seksual
  • Dipijat atau memijat sebelum berhubungan seksual
  • Berhubungan seksual dengan lembut
  • Merasakan seks oral oleh pasangan
  • Menonton film romantis
  • Mengubah suasana kamar menjadi lebih romantis
  • Menggunakan pakaian dalam yang dirasa seksi

Meski begitu, perlu diingat bahwa tidak semua wanita merasakan hal yang sama. Agar tidak salah paham dengan pasangan seputar preferensi perilaku seksual mereka, komunikasi yang baik menjadi kuncinya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/types-of-orgasms
Diakses pada 23 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/232318.php#the-female-orgasm
Diakses pada 23 Oktober 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/mens-health/female-orgasm-secrets.aspx
Diakses pada 23 Oktober 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/sexual-health/the-female-orgasm.aspx
Diakses pada 23 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319671.php#1
Diakses pada 23 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed