5 Fakta Penting Tindik Puting Serta Cara Kenali Jika Ada Infeksi


Tindik puting bisa menjadi cara bagi sebagian orang untuk mengekspresikan diri. Namun sebelum melakukannya, pastikan Anda sudah tahu risikonya seperti rasa sakit intens saat prosedur dilakukan hingga adanya risiko infeksi.

0,0
24 Jul 2021|Azelia Trifiana
Sebelum tindik puting, perlu tahu risikonyaSebelum tindik puting, perlu tahu risikonya
Jika Anda bergidik atau mengernyitkan dahi saat membaca judul artikel ini, sangatlah wajar. Sebab prosedur tindik puting merupakan salah satu yang paling menyakitkan. Tak heran, sebab puting adalah bagian tubuh yang penuh dengan serabut saraf.Meski demikian, tak sedikit orang yang punya cukup nyali untuk melakukan piercing puting. Berbeda dengan tindik hidung atau tindik vagina, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan sebelum melakukannya.

Fakta seputar tindik puting

Untuk mengetahui lebih jauh sekaligus sebagai bayangan bagaimana prosedur tindik puting, berikut ini beberapa fakta yang menarik diselami lebih dalam:

1. Rasa sakitnya berbeda untuk tiap orang

Tiap orang punya toleransi dan sensitivitas berbeda terhadap rasa sakit di puting mereka. Artinya, seberapa sakitnya prosedur ini bisa berbeda antara satu orang dan lainnya. Namun secara umum, tindik puting merupakan prosedur yang menyakitkan.Sebagai perbandingan, tindik puting lebih sakit ketimbang tindik telinga, namun tidak melebihi rasa sakit ketika mendapatkan tindik penis atau klitoris.Tak hanya itu, berbagai faktor lain seperti mood, tingkat stres, hingga siklus haid juga turut berperan dalam rasa sakit saat prosedur dilakukan.

2. Durasi rasa sakitnya pun berbeda

Selain skala rasa sakit, menarik juga mengetahui berapa lama nyeri ini berlangsung. Ada yang hanya merasakan sakit selama beberapa detik. Namun bagi mereka yang sensitif, mungkin saja rasa nyeri bertahan hingga tiga hari.Sensitif dalam hal ini bisa jadi orang yang bisa mengalami orgasme lewat rangsangan payudara. Jadi, sebaiknya antisipasi rasa nyeri berlangsung setidaknya hingga dua hari setelah prosedur dilakukan.Selama perawatannya tetap bersih dan dilakukan secara hati-hati, rasa sakit akan mereda setelah beberapa hari.

3. Pilih jasa yang tepat

Ada banyak sekali jasa tindik puting atau piercer di luar sana. Bagi yang baru mencoba, pastikan mencari orang yang profesional dan berpengalaman. Cari tahu bagaimana kesan dari klien yang sudah pernah menggunakan jasanya.Penting juga untuk survei ke lokasi studio dan lihat peralatannya. Studio sebaiknya memiliki sirkulasi udara baik. Peralatan juga harus dalam kondisi steril.Tak ada salahnya juga memiliki beberapa pilihan piercer. Setelah itu, buat janji untuk berkonsultasi. Menanyakan sertifikasi adalah hal yang bisa disampaikan di sini.

4. Risiko infeksi

Setelah melakukan piercing puting, idealnya hanya area puting saja yang sakit. Bukan seluruh payudara. Apabila rasa sakit terasa meluas ke payudara, bisa jadi merupakan indikasi infeksi.Beberapa gejala lain yang mungkin muncul ketika mengalami infeksi adalah:
  • Sakit luar biasa di payudara
  • Tindikan membengkak dan hangat disentuh
  • Muncul ruam kemerahan pada kulit
  • Keluar cairan kehijauan atau kecokelatan dari puting
  • Demam
  • Bau tak sedap di tindikan
  • Tubuh terasa ngilu

5. Reaksi tubuh menolak perhiasan

Ada pula kemungkinan tubuh menolak perhiasan yang digunakan dalam tindik puting. Artinya, sistem imun tubuh menganggap perhiasan itu sebagai benda asing dan melakukan mekanisme untuk menolaknya.Proses ini akan diawali dengan migrasi, yaitu ketika tubuh mulai mendorong perhiasan keluar. Secara bertahap dalam hitungan hari atau minggu, gejala lain akan ikut muncul.Beberapa gejala itu adalah:
  • Perhiasan semakin dekat ke permukaan kulit
  • Jaringan kulit sekitarnya menipis
  • Perubahan posisi tindikan
  • Lubang terasa lebih besar
  • Perhiasan terasa longgar
  • Semakin banyak perhiasan yang tampak di bawah kulit
Apabila hal ini terjadi, Anda bisa saja bertanya kepada piercer. Namun, akan jauh lebih baik berdiskusi dengan tenaga medis profesional untuk tahu penanganan yang tepat.

Adakah cara mengurangi rasa sakit?

Setelah membaca beberapa fakta di atas dan masih bulat keputusan untuk melakukan tindik puting, saatnya lanjut ke informasi berikutnya. Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mengurangi atau mencegah rasa sakit berlebihan, di antaranya:
  • Gunakan koyo anestesi

Menggunakan koyo anestesi atau spray anestesi 20-25 menit sebelum tindakan tindik putting. Tujuannya agar puting dan area sekitarnya terasa kebas sehingga rasa sakit berkurang saat proses tindik dilakukan.
  • Tidak minum alkohol

Adalah pantangan besar untuk mengonsumsi alkohol sebelum melakukan tindik puting. Bukan hanya saat sedang mabuk, orang yang mengonsumsi alkohol beberapa hari sebelumnya juga akan membuat fisik dan emosi jauh lebih sensitif.
  • Lakukan setelah haid

Bagi perempuan yang berencana tindik puting, sebaiknya tunggu setelah haid berakhir. Sebab, payudara cenderung lebih sensitif beberapa hari sebelum haid. Jadi, sebaiknya jadwalkan tindik puting sepekan setelah haid.
  • Minum parasetamol

Jika rasa nyeri muncul beberapa hari setelah proses tindik, Anda bisa mengonsumsi obat seperti paracetamol dan acetaminophen untuk meredakannya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk meredakannya.

Catatan dari SehatQ

Untuk meredakan nyeri, Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan acetaminophen. Selain itu, mengaplikasikan kompres es juga dapat meredakan nyeri. Namun, pastikan tidak menekannya terlalu kencang.Tak kalah penting, selalu konsultasikan dengan dokter apabila muncul reaksi seperti demam, keluar cairan berbau tidak sedap, muntah, hingga menggigil. Bisa jadi, itu indikasi terjadinya infeksi.Jika Anda ingin tahu lebih lanjut seputar persiapan sebelum tindik puting atau area tubuh lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit wanitakesehatan wanitaorgan intim wanita
Healthline. https://www.healthline.com/health/nipple-piercing-pain
Diakses pada 12 Juli 2021
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/nipple-piercing-safety
Diakses pada 12 Juli 2021
Health. https://www.health.com/condition/skin-conditions/nipple-piercing
Diakses pada 12 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait