Fakta Orang Pendiam yang Mengejutkan dan Jarang Diketahui


Tak sedikit yang berasumsi bahwa orang pendiam selalu terlihat kikuk dan antisosial. Jika Anda berpendapat serupa, fakta orang pendiam ini akan mengejutkan Anda

0,0
07 Nov 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Fakta orang pendiam tidak selamanya antisosial atau kikukSeorang pendiam tidak selamanya antisosial
Pada dasarnya, kebanyakan orang tidak benar-benar bersifat pendiam (introvert) atau terbuka (extrovert) seluruhnya. Kepribadian seseorang umumnya merupakan gabungan kedua sifat tersebut. Hanya saja, salah satu sifat di antara keduanya dapat lebih dominan dalam kepribadian seseorang. Sehingga, orang tersebut lantas dikenal sebagai orang berkepribadian introvert atau extrovert.
Orang pendiam kerap kali diidentikkan sebagai orang pemalu atau bahkan misterius. Tidak sedikit yang berasumsi bahwa orang pendiam selalu terlihat kikuk dan antisosial. Jika Anda memiliki pendapat serupa, fakta orang pendiam berikut ini akan mengejutkan.

Fakta orang pendiam

Banyak sekali mitos mengenai orang introvert yang nyatanya sama sekali tidak benar. Berikut adalah fakta orang pendiam atau introvert yang mungkin akan mengubah pendapat Anda.

1. Ada beberapa tipe orang pendiam

Orang pendiam tidak bisa disamakan semuanya. Berdasarkan hasil penelitian Jonathan M. Cheek, seorang Profesor Psikologi Kepribadian dari Wellesley College, kepribadian orang pendiam terbagi menjadi empat tipe.
  • Sosial

Pendiam secara sosial adalah karakter umum yang diidentikkan dengan fakta orang pendiam yang banyak dikenal. Mereka lebih menyukai kelompok kecil daripada kelompok besar. Mereka juga mungkin merasa lebih senang menyendiri.
  • Berpikir

Pendiam karena pikiran adalah orang pendiam yang introspektif dan bijaksana. Tipe ini gemar melamun dan kaya akan imajinasi serta memiliki kapasitas kreativitas yang tinggi. Berbeda dengan pendiam secara sosial, fakta orang pendiam ini tidak selalu menghindari lingkungan sosial.
  • Cemas

Tipe pendiam ini kerap merasa gelisah dan mawas diri. Mereka juga terlalu pemalu saat bertemu orang baru. Tipe ini juga sering kali mencemaskan hal-hal tentang kemungkinan atau kesalahan apa yang bisa terjadi.
  • Menahan

Fakta orang pendiam dengan tipe ini lebih suka berpikir sebelum berbicara dan bertindak. Tipe ini mempertimbangkan banyak hal sebelum mengambil keputusan dan tidak hanya mengikuti dorongan hati saja.

2. Orang pendiam tidak benci bersosialisasi

Orang pendiam kerap dianggap sebagai seseorang yang benci bersosialisasi. Padahal, hal tersebut tidaklah benar. Orang yang pendiam juga bisa mendatangi keramaian dan berkenalan dengan orang baru.Hanya saja, orang pendiam cenderung lebih banyak mengamati dan memerhatikan, ketimbang menjadi pusat perhatian sepanjang waktu. Mereka juga tidak suka berbasa-basi dan kerap berbicara langsung pada tujuan. Namun, ini bukan berarti orang pendiam kasar atau benci bersosialiasi.

3. Orang pendiam senang berteman

Fakta orang pendiam selanjutnya adalah mereka juga senang berteman dengan orang lain. Mungkin orang yang pendiam atau introvert lebih banyak terlihat sendirian.Faktanya, mereka juga senang beraktivitas atau melakukan kegiatan yang mereka sukai bersama teman. Akan tetapi, orang pendiam biasanya lebih nyaman menghabiskan waktu bersama orang-orang yang sudah dikenal atau dipercaya olehnya.

4. Pendiam bukanlah gangguan kesehatan mental

Tidak sedikit yang mengaitkan sikap pendiam dengan berbagai kondisi gangguan kesehatan mental. Orang dengan gangguan kesehatan mental mungkin saja memiliki sifat pendiam, tetapi pendiam bukanlah jenis gangguan kesehatan mental.Di sisi lain, tidak sedikit jenis gangguan kesehatan mental diderita orang dengan sifat extrovert. Sehingga, sifat pendiam atau terbuka tidak bisa dijadikan indikasi kondisi kesehatan mental seseorang secara pasti.

5. Orang pendiam bisa populer

Fakta orang pendiam bisa populer mungkin mengejutkan. Pasalnya, orang populer identik dengan orang dengan sifat extrovert. Padahal kenyataannya banyak sekali orang pendiam yang sangat populer.Beberapa orang pendiam yang terkenal di dunia adalah Albert Einstein, Bill Gates, Steven Spielberg, Sir Isaac Newton, Abraham Lincoln, Barrack Obama, JK. Rowling, Warren Buffett, Michael Jordan, Mahatma Gandhi dan Fredric Chopin.Orang pendiam umumnya memiliki pemikiran mendalam. Mereka juga bisa menjadi sangat kreatif saat menghabiskan waktu sendirian. Maka tidak mengherankan jika orang pendiam bisa menghasilkan karya-karya mengagumkan dan membuat nama serta sosoknya dikenal oleh banyak orang.

6. Orang pendiam memiliki kepercayaan diri tinggi

Orang yang lebih banyak diam dan menikmati waktunya sendiri, bukan berarti memiliki kepribadian lemah. Fakta orang pendiam yang harus Anda tahu, mereka umumnya tidak pernah dengan mudah terbawa arus. Orang pendiam dapat memiliki kepercayaan diri tinggi dan berkepribadian kuat.Orang pendiam cenderung memiliki pemikiran dan tujuannya sendiri. Mereka juga kerap menganalisa sesuatu secara mendalam, sebelum ikut-ikutan dengan orang lain. Mereka juga kerap mendedikasikan waktunya untuk melakukan sesuatu yang mereka sukai, walaupun hal itu bukanlah aktivitas yang disetujui atau digemari banyak orang.--Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah-masalah kesehatan, Anda bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan mentalgangguan kecemasan
Healthline. https://www.healthline.com/health/what-is-an-introvert
Diakses 24 Oktober 2020
Wellesley College. https://www.wellesley.edu/psychology/faculty/cheek#:~:text=Jonathan%20M.,Cheek&text=Professor%20of%20Personality%20Psychology.,%2Dconcept%2C%20and%20identity%20orientations.
Diakses 24 Oktober 2020
Psych2go. https://psych2go.net/10-interesting-facts-introverts/
Diakses 24 Oktober 2020
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/things-you-didnt-know-about-introverts-4065384
Diakses 24 Oktober 2020
Inc. https://www.inc.com/john-rampton/23-amazingly-successful-introverts-throughout-history.html
Diakses 24 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait