Fakta Menarik Seputar Vitamin D untuk kesehatan


Vitamin D dikenal sebagai vitamin matahari karena tubuh bisa memproduksinya lewat bantuan sinar matahari. Vitamin D memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Utamanya, membantu memperkuat tulang dan juga meningkatkan kinerja sistem imun tubuh.

0,0
18 Oct 2021|Marco Anthony
Wanita bangun pagiSinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D dalam tubuh
Vitamin D adalah salah satu vitamin yang popularitasnya tidak kalah dengan vitamin C. Vitamin satu ini juga dikenal sebagai vitamin matahari karena tubuh bisa memproduksinya lewat bantuan sinar matahari.
Vitamin D memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Utamanya, membantu memperkuat tulang dan juga meningkatkan kinerja sistem imun tubuh. Oleh karena keberadaannya sangat penting bagi tubuh, tak ada salahnya Anda mengetahui informasi mengenai vitamin D, baik mitos dan fakta yang terkait  dengannya.

Mitos seputar vitamin D

1. Mengonsumsi vitamin D berlebihan adalah baik

Karena perannya yang penting dan dapat menjaga kesehatan tubuh, ada yang beranggapan mengonsumsi suplemen vitamin D dalam jumlah banyak dapat akan meningkatkan kinerjanya. Padahal sama seperti hal baik lainnya, sesuatu yang berlebihan malah dapat berdampak negatif.Dalam hal ini, jika kadar vitamin D dalam tubuh berlebihan maka dapat menyebabkan keracunan vitamin D. Terlalu banyak vitamin D meningkatkan kemampuan tubuh menyerap kalsium secara berlebihan sehingga menyebabkan penumpukan kalsium.Beberapa gejala keracunan vitamin D adalah, rasa mual, sakit tulang, rasa lemah di seluruh badan hingga, rasa sakit di ginjal.Normalnya dosis aman mengonsumsi vitamin D adalah 1000-4000 IU per hari. Seiring bertambahnya usia kebutuhannya akan meningkat. Hindari mengonsumsi vitamin D dengan dosis di atas 4000 IU tanpa anjuran dokter. Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter untuk menentukan dosis vitamin D yang Anda butuhkan setiap harinya.

2. Vitamin D bisa didapatkan dari makanan saja

Memenuhi asupan harian vitamin D (lebih spesifik lagi vitamin D3) untuk tubuh memang bisa didapatkan lewat makanan dan sinar ultraviolet dari matahari. Namun, hal ini sedikit sulit dilakukan karena tidak banyak makanan yang mengandung vitamin D.Beberapa makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan salmon, jamur portobelo, susu, keju, hingga oatmeal. Meski begitu beberapa makanan tersebut pun hanya memberikan asupan vitamin D yang sangat kecil bagi tubuh.Jika Anda merasa jarang makan jenis makanan tersebut dan tidak memiliki banyak waktu terpapar sinar matahari, mengonsumsi suplemen D bisa menjadi cara untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

3. Vitamin D dapat membantu menurunkan berat badan

Anggapan ini juga yang mungkin mendorong beberapa seseorang mengonsumsi vitamin D dalam jumlah banyak. Faktanya, saat ini belum ada penelitian yang menemukan hubungan antara vitamin D dan penurunan berat badan.Namun asupan vitamin D yang cukup dapat menjaga tubuh Anda tetap sehat selama Anda menjalani program penurunan berat badan.

Fakta seputar vitamin D

1. Berjemur membantu tubuh memproduksi vitamin D

Sinar matahari adalah sumber terbaik vitamin D. Sinar ultraviolet B membantu tubuh mengubah kolesterol di dalam tubuh menjadi vitamin D3.Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur sekitar 5 hingga 30 menit antara pukul jam 10 pagi hingga jam 4 sore. Namun hindari terlalu lama terpapar sinar matahari karena dapat menyebabkan keriput dan kanker kulit.

2. Vitamin D meningkatkan sistem imun tubuh

Vitamin D berperan mengatur kinerja sistem imun tubuh manusia. Menurut sebuah studi tahun 2009 pemberian suplemen D3 yang dilakukan pada 167 anak di musim dingin menunjukkan penurunan risiko terserang influenza.Vitamin D3 juga dapat mengurangi risiko peradangan pada beberapa sel darah putih dan juga meningkatkan produksi sel imun yang berfungsi untuk melawan mikroba.

3. Kekurangan vitamin D menyebabkan depresi

Sebuah studi menunjukkan bahwa ada hubungan antara kekurangan vitamin dan depresi. Analisis pada tahun 2013 menemukan bahwa peserta penelitian yang mengalami depresi memiliki kandungan vitamin D yang rendah. Selain itu studi tadi juga menemukan bahwa orang dengan kadar vitamin D yang rendah lebih rentan mengalami depresi.

Konilife D1000 bantu penuhi kebutuhan vitamin D

konilife d1000
Konilife d1000
Meski vitamin D cukup mudah didapatkan dengan berjemur dan dengan mengonsumsi makanan tertentu, beberapa orang memiliki gaya hidup yang tidak memungkinkan untuk melakukan salah satunya. Mengonsumsi suplemen vitamin D bisa menjadi cara yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian.Salah satu suplemen vitamin D yang bisa Anda konsumsi adalah Konilife D1000. Konilife D1000 mengandung vitamin D3 1000 IU yang akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda.Konilife D1000 terbuat dari bahan-bahan alami berkualitas dan diproduksi dengan teknologi tinggi sehingga Anda dapat menongsumsinya dengan aman.

Jaga kondisi tubuh di tengah pandemi

Vitamin D adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Fungsinya yang meningkatkan sistem imun menjadi semakin penting di tengah kondisi pandemi. Pastikan asupan vitamin D Anda terpenuhi, jika perlu konsumsi suplemen vitamin D seperti Konilife D1000 agar daya tahan tubuh tetap terjaga.
vitaminvitamin dhidup sehatadv konilife d1000
Healthline.https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-d-dosage
Diakses pada 28 September 2021
Healthline.https://www.healthline.com/health/depression-and-vitamin-d#overview
Diakses pada 28 September 2021
Healthline.https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-d-dosage
Diakses 28 September 2021
Every Day Health. https://www.everydayhealth.com/vitamin-d/vitamin-d-myths-and-facts/
Diakses pada 28 September 2021
Harvard.Edu. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-d/
Diakses pada 28 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait