Fakta di Balik Mitos Manfaat Sereh untuk Rahim

(0)
09 Aug 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat sereh untuk rahim belum terbukti secara medisBanyak orang memercayai bahwa sereh bermanfaat untuk rahim
Sereh atau serai dikenal sebagai tanaman dengan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun ketika membicarakan manfaat sereh untuk rahim, maka tumbuhan yang memiliki aroma khas ini tidak serta-merta aman dan boleh dikonsumsi seperti layaknya Anda minum obat-obatan herbal.Sudah menjadi rahasia umum bahwa ibu hamil harus sangat memerhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Apa yang dimakan ibu sangat berpengaruh pada pertumbuhan janin sehingga ibu hamil sangat disarankan untuk makan makanan sehat dan dibantu dengan vitamin maupun suplemen kehamilan.Sementara itu, sereh dikenal luas sebagai tumbuhan yang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat sereh yang paling terkenal adalah dapat menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.Selain itu, sereh juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal pengaruh buruk radikal bebas serta menurunkan risiko penyakit yang menyertainya, seperti diabetes dan kanker. Sayangnya, penelitian menunjukkan ibu hamil sebaiknya tidak minum atau makan sereh dalam jumlah yang banyak, apalagi sampai menjadikannya obat herbal.

Fakta di balik mitos manfaat sereh untuk rahim

Faktanya, sereh memang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan di dalamnya, salah satunya karena kandungan minyak atsiri yang membuat aromanya khas.Minyak atsiri pada sereh sendiri terdiri atas berbagai zat fitokimia, seperti sitrat, sitronelol, limonene, sitronelal, borneol, transmetilsoegenol, beta-kadinen, elemol, dan kariofilen oksida.Selain itu, sereh juga mengandung senyawa lain seperti geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol, dan metileugenol. Semua bahan ini dipercaya dapat menghadirkan manfaat sereh yang telah disebutkan sebelumnya.Anda pun mungkin pernah mendengar manfaat sereh untuk rahim, seperti menghilangkan morning sickness alias mual pada ibu hamil, hingga mencegah hipertensi yang memicu kontraksi dan preeklampsia. Benarkah demikian?

1. Konsumsi sereh bisa menghilangkan mual? MITOS

Sebagian ibu hamil percaya salah satu manfaat sereh untuk rahim adalah dapat menghilangkan morning sickness. Hal ini didasarkan atas kandungan minyak atsiri dalam sereh seperti citral, geraniol, citonellal, metil heptanenon, dipenten, eugenol kadinen, kadinol dan limonene yang digadang-gadang dapat mencegah muntah, masuk angin, dan melancarkan sirkulasi cairan limpa dan darah.Namun, penelitian mengatakan bahwa meredakan mual saat hamil dengan sereh terbukti kurang efektif. Ketidakefektifan ini disebabkan oleh bau sereh yang menyengat, padahal ibu hamil cenderung sensitif terhadap bau sehingga efektivitas sereh dalam mengatasi morning sickness menjadi berkurang.

2. Konsumsi sereh bisa menurunkan tekanan darah ibu hamil? MITOS

Naiknya tekanan darah pada ibu hamil memang dikhawatirkan memicu komplikasi kehamilan seperti preeklampsia yang akan memasak Anda melahirkan janin secara prematur. Namun bagi ibu hamil yang terlanjur memiliki hipertensi, minum air rebusan sereh bukanlah jalan keluarnya.Justru, minum sereh dalam jumlah banyak berpotensi membahayakan janin. Pasalnya, tanaman ini mengandung zat yang dapat menstimulasi peluruhan rahim dan kerap digunakan sebagai pelancar menstruasi. Dengan kata lain, konsumsi sereh berlebihan justru meningkatkan risiko Anda mengalami keguguran.Ketika Anda mengalami kenaikan tekanan darah selama hamil, selalu konsultasikan solusinya dengan dokter. Hanya minum obat yang direkomendasikan dokter, selalu pantau tekanan darah Anda (termasuk saat berada di rumah), dan jalani pola hidup sehat agar terhindar dari preeklampsia.

Bolehkah ibu hamil mengonsumsi sereh?

Meski manfaat sereh untuk rahim masih dipertanyakan, bahkan terkesan membahayakan, ibu hamil tetap boleh mengonsumsi sereh selama digunakan sebagai bumbu aromatik penyedap makanan. Sereh biasanya digunakan untuk menambah aroma pada nasi uduk hingga ayam bumbu lengkuas.Pada beberapa ibu hamil, sereh yang telah diolah menjadi minyak esensial juga disebut-sebut dapat menghilangkan mual dan membuat tubuh lebih rileks. Cara pakai minyak esensial sereh ini biasanya dengan cara di-infuse menggunakan alat khusus atau dicampurkan beberapa tetes ke dalam baskom berisi air panas.Bagi Anda yang ingin tetap menjadikan sereh sebagai minuman atau wedang, Anda bisa mencampurnya dengan jahe. Wedang jahe dan sereh terbukti ampuh mengatasi mual dan muntah, terutama pada ibu hamil yang masih berada di trimester pertama.Aroma jahe yang lebih ramah pada ibu hamil dapat menetralisir bau sereh yang menyengat, tetapi sebaiknya tidak meminum wedang ini terlalu banyak dan tidak dilakukan setiap hari. Bila Anda memiliki pertanyaan seputar makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan, konsultasikan dengan dokter karena kondisi setiap kandungan berbeda-beda.
menjaga kehamilantanaman obat
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/lemongrass-tea
Diakses pada 27 Juli 2020
Media Neliti. https://media.neliti.com/media/publications/227230-efektivitas-konsumsi-jahe-dan-sereh-dala-dd69afa7.pdf
Diakses pada 27 Juli 2020
WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-719/lemongrass
Diakses pada 27 Juli 2020
CDC. https://www.cdc.gov/bloodpressure/pregnancy.htm
Diakses pada 27 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait