Fakta di Balik Mitos Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan di Trimester Pertama

(0)
17 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ciri-ciri hamil anak perempuan yang banyak beredar biasanya adalah mitosHamil anak perempuan baru bisa dideteksi saat usia kandungan 10 minggu
Anda mungkin sering mendengar pendapat yang menghubungkan beberapa hal sebagai ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama, seperti mual hingga munculnya jerawat. Lalu, bagaimana dunia medis melihat hal ini?Dari sudut pandang ilmiah, jenis kelamin janin baru bisa diketahui secepat-cepatnya saat usia kehamilan Anda mencapai 11 minggu melalui tes darah noninvasif (NIPT) yang dilakukan saat kandungan Anda berusia 10 minggu. Tes NIPT sebetulnya bertujuan mendeteksi potensi kelainan kromosom, misalnya Down Syndrome, tapi tes ini juga dapat melihat ada atau tidaknya kromosom Y alias laki-laki pada janin.Jika Anda tidak ingin melakukan NIPT, jenis kelamin janin bisa terdeteksi lewat pemeriksaan ultrasonografi (USG) saat usia kandungan 14 minggu. Namun, hasilnya baru dikatakan akurat ketika kandungan Anda memasuki usia 18 minggu.Metode lain yang terbukti secara medis untuk mengetahui ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama adalah dengan pemeriksaan CVS di usia 10 minggu dan hasilnya keluar dua pekan kemudian. Namun, ibu hamil tidak disarankan untuk melakukan tes ini karena sifatnya yang sedikit invasif dan sedikit berisiko mengakibatkan keguguran.

Beragam mitos ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama

Pernahkah Anda mendengar bahwa wajah kusam saat hamil muda merupakan ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama? Begitu pula ketika ibu hamil ngidam makanan tertentu atau mengalami mood swing?Nah, berikut beberapa anggapan seputar ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama dan penjelasannya dari segi medis.

1. Muncul jerawat dan kulit menjadi kusam

Ketika jerawat yang biasanya tidak ada justru hadir saat Anda hamil, kulit pun menjadi berminyak dan kusam, banyak orang menghubungkannya sebagai ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama. Faktanya, jerawat dan perubahan kondisi kulit lumrah dialami oleh ibu hamil karena perubahan hormon, bukan tergantung jenis kelamin janin.

2. Ngidam makanan manis

Tidak sedikit ibu hamil yang percaya ngidam makanan manis menandakan kehamilan dengan janin perempuan, sedangkan ngidam makanan asin atau asam adalah pertanda janin laki-laki. Faktanya, ngidam kerap dihubungkan sebagai tanda Anda kekurangan mineral tertentu dan tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin janin.

3. Perubahan mood secara drastis

Moodswing alias perubahan suasana hati yang sangat drastis kerap dihubungkan sebagai ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama. Namun, tahukah Anda bahwa sebagian besar ibu hamil memang mengalami moodswing, terlepas bayinya berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.Perubahan suasana hati ini sangat dipengaruhi oleh perubahan hormon yang melejit terutama di fase awal kehamilan. Dengan kata lain, hal tersebut bukanlah ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama.

4. Mual berlebihan

Mual alias morning sickness adalah hal lumrah yang terjadi di awal masa kehamilan. Namun, beberapa orang percaya mual yang berlebihan merupakan salah satu ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama. Faktanya, mual berhubungan dengan peningkatan kadar hormon kehamilan (hCG), bukan karena jenis kelamin janin Anda.Mual juga dapat menandakan janin Anda berkembang dengan baik. Hanya saja, Anda patut waspada bila mual berlebihan mengakibatkan Anda kekurangan cairan atau tidak bisa makan/minum sama sekali sehingga Anda harus minum obat antimual atau menjalani rawat inap di rumah sakit demi mendapat ‘makanan’ lewat infus.

5. Bentuk perut bulat

Di akhir trimester pertama, perut buncit pada ibu hamil sudah mulai terlihat. Saat inilah banyak orang masih percaya bahwa bentuk perut hamil yang bulat merupakan ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama, sedangkan perut yang lebih lonjong adalah tanda janin laki-laki.Padahal, klaim ini sama sekali tidak berdasar. Bentuk perut selama masa kehamilan bukan dipengaruhi jenis kelamin janin, melainkan tipe tubuh ibu hamil itu sendiri, kenaikan berat badan, level kebugaran, maupun kekuatan otot sang calon ibu.Jenis kelamin janin Anda sebetulnya sudah terbentuk ketika sel telur bertemu dengan sel sperma saat pembuahan. Jika Anda penasaran dengan jenis kelamin janin, sebaiknya berkomunikasi dengan dokter mengenai cara yang aman untuk mengetahuinya.Tidak perlu menebak berdasarkan mitos ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama karena semua hal tersebut belum terbukti secara medis.
trimester pertama kehamilan
Baby Center. https://www.babycenter.com/0_when-and-how-can-i-find-out-my-babys-sex_20004784.bc
Diakses pada 3 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/signs-of-having-baby-girl
Diakses pada 3 Juli 2020
WebMD. https://www.webmd.com/baby/features/battle-morning-sickness
Diakses pada 3 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322368
Diakses pada 3 Juli 2020
Live Science. https://www.livescience.com/45582-boy-or-girl.html
Diakses pada 3 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait