Masker penghilang komedo belum tentu efektif atasi masalah komedo
Masker penghilang komedo dipercaya mampu mengatasi masalah kulit ini

Anda mungkin sudah familiar dengan iklan-iklan tentang pemakaian masker penghilang komedo. Masker ini mengklaim dapat mengatasi masalah Anda secara instan dengan mengangkat komedo bahkan hanya dalam sekali pakai. Benarkah demikian?

Komedo alias blackhead adalah lesi kecil dan berwarna hitam yang muncul di permukaan kulit, mulai dari wajah hingga leher. Lesi ini merupakan melanin (pigmen yang berperan dalam pewarnaan kulit) yang telah teroksidasi sehingga menyebabkan kepalanya berwarna hitam.

Komedo bisa jadi merupakan jenis jerawat dengan keparahan sedang maupun timbul sendiri tanpa didahului oleh jerawat itu sendiri. Perawatan komedo yang keliru dapat mengakibatkan kondisi ini bertambah parah, bahkan dapat menimbulkan jerawat yang terinfeksi bakteri.

Jenis masker penghilang komedo dan efektivitasnya

Terdapat banyak jenis masker yang beredar di pasaran, namun setidaknya terdapat dua jenis masker penghilang komedo yang sering digunakan, yaitu:

  • Masker tanah liat

Masker tanah liat dianggap sebagai salah satu produk kecantikan yang direkomendasikan untuk pemilik kulit berminyak. Masker penghilang komedo ini bekerja dengan membersihkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Salah satu kandungan dalam masker tanah liat yang baik digunakan untuk mengusir komedo adalah sulfur yang dapat mengangkat sel kulit mati penyebab komedo. Masker penghilang komedo ini dapat digunakan seminggu sekali.

  • Masker charcoal

Masker yang mengandung charcoal (activated carbon) disebut-sebut dapat menyerap minyak berlebih yang menyebabkan terjadinya komedo. Activated charcoal merupakan bahan alami yang dipanaskan dengan gas sehingga menciptakan banyak pori-pori dalam arang tersebut.

Pori-pori inilah yang dapat menyerap minyak maupun racun yang terdapat pada kulit sehingga masker charcoal banyak diklaim sebagai masker penghilang komedo yang efektif. Charcoal juga dapat mengangkat kulit mati dan menghilangkan kusam.

Sama seperti masker tanah liat, masker charcoal juga bisa digunakan seminggu sekali.

Banyak orang yang mengklaim masker penghilang komedo memang dapat menyelesaikan masalah kulit mereka tersebut. Namun, prinsip penggunaan masker ini sebetulnya mirip dengan pore strip, yakni ikut mengangkat elemen kulit lain yang bisa jadi bermanfaat bagi wajah Anda.

Elemen yang dimaksud contohnya minyak alami dan folikel rambut. Tak pelak, penggunaan masker penghilang komedo yang bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi sehingga merangsang produksi minyak berlebih yang justru akan menimbulkan jerawat.

Cara menghilangkan komedo yang direkomendasikan

Komedo adalah salah satu masalah kulit yang paling sering ditemui, baik pada pria maupun wanita. Tidak sedikit orang yang tergoda untuk langsung memencet komedo keluar dari kulit, namun langkah itu berpotensi menimbulkan masalah kulit lebih lanjut.

Selain menggunakan masker penghilang komedo, ada beberapa langkah menghilangkan komedo lainnya yang dapat Anda tempuh, yaitu:

  • Menggunakan salep yang diresepkan dokter, yaitu salep yang mengandung retinoid, seperti tretinoin atau tazarotene.
  • Menggunakan losion yang mengandung asam salisilat dan/atau ammonium lactate 12 persen. Obat yang bisa dibeli tanpa resep dokter ini bekerja dengan cara mengeksfoliasi kulit sehingga komedo lebih mudah dibersihkan ketika Anda mencuci muka.
  • Menggunakan ekstraktor komedo, yakni alat yang terbuat dari besi atau baja tahan karat dengan ujung bulat dengan fungsi menekan kulit hingga komedo keluar. Alat lain yang bisa Anda gunakan adalah penyedot komedo.

Cara terbaik untuk menghilangkan komedo yang tidak meradang adalah dengan melakukan ekstraksi menggunakan ekstraktor komedo. Hanya saja, cara ini sebaiknya dilakukan oleh dermatologis atau dokter kecantikan agar tidak merusak kulit dan justru menimbulkan munculnya jerawat.

Meskipun demikian, ekstraksi komedo ini pun tidak menjamin komedo tak akan muncul lagi pada kulit. Anda tetap harus menjaga kebersihan kulit untuk meminimalisir kemunculan kembali komedo dalam jumlah yang banyak.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/71615
Diakses pada 25 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-blackheads
Diakses pada 25 Maret 2020

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-269/activated-charcoal
Diakses pada 25 Maret 2020

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/blackheads/article.htm
Diakses pada 25 Maret 2020

Artikel Terkait