10 Fakta Anak Ketiga, Mulai dari Menyenangkan hingga Unik

(0)
29 Apr 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Fakta anak ketiga cenderung lebih tenang dan menyenangkanAnak ketiga cenderung unik dan menyenangkan
Setelah sebelumnya membahas fakta anak pertama dan kedua, topik mengenai fakta anak ketiga juga tak kalah menarik. Dilansir dari Psychology Today, Alfred Adler, seorang psikiater sekaligus penemu teori urutan lahir, memercayai bahwa kepribadian dipengaruhi oleh urutan kelahiran.Namun, perlu diingat bahwa belum ada penelitian valid yang menjelaskan bahwa sifat seseorang berdasarkan urutan kelahiran dalam keluarga, sehingga tidak dapat dijadikan patokan. Sebenarnya, karakter seseorang berdasarkan dari pola asuh, lingkungan  dan genetik. Anak pertama dipercaya cenderung mandiri dan anak kedua lebih mudah beradaptasi, sifat anak ketiga disebut-sebut manja dan suka cari perhatian karena usianya yang lebih muda. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak berbagai fakta anak ketiga berikut ini.

10 fakta anak ketiga yang unik dan menarik

Anak ketiga memiliki sifat dan karakter yang berbeda dari kakak-kakaknya. Berikut adalah beberapa fakta anak ketiga yang perlu Anda ketahui:

1. Cenderung lebih tenang

Anak ketiga lahir ketika orangtua telah berpengalaman dalam membesarkan anak. Mereka juga lebih rileks saat mengurusnyaAlhasil, anak ketiga cenderung tumbuh menjadi pribadi yang lebih tenang dan santai. Tak jarang, ia juga dapat menghadapi persoalan dengan kepala dingin.

2. Menyenangkan dan disukai banyak orang

anak ceria dan murah senyum
Anak ketiga ceria dan murah senyum
Fakta anak ketiga selanjutnya adalah mereka merupakan pribadi yang menyenangkan. Karakter anak ketiga cenderung ceria dan murah senyum sehingga disukai banyak orang. Ia dapat mencairkan suasana dan nyaman diajak berbincang.

3. Suka cari perhatian

Karena merasa cemburu ketika orangtua memerhatikan kakak-kakaknya, anak ketiga cenderung suka mencari perhatian. Ia akan berusaha keras agar mendapatkan perhatian dari orangtuanya. Cara mereka mencari perhatian pun kadang agak nyeleneh, seperti bersikap usil atau merengek untuk membuat orangtua fokus terhadapnya.

4. Manja

Fakta tentang anak ketiga berikutnya adalah manja. Jika anak ketiga merupakan bungsu, orangtua dan kakak cenderung memanjakannya. Hal ini bisa membuat ia menjadi bergantung pada mereka dan selalu merasa dilindungi. Sifat anak ketiga yang manja ini bahkan bisa terbawa hingga ia beranjak dewasa.

5. Unik dan berjiwa bebas

Fakta anak ketiga perempuan maupun laki-laki cenderung unik dan memiliki pemikiran yang berbeda dari kakak-kakaknya. Ia mungkin senang membuat lelucon atau mengubah warna rambut untuk membentuk identitas yang unik. Selain itu, ia juga lebih berjiwa bebas.

6. Tidak suka dibanding-bandingkan

anak merenung tidak suka dibandingkan
Anak tidak suka dibanding-bandingkan
Tidak suka dibanding-bandingkan dengan kakaknya merupakan salah satu fakta anak ketiga. Saat melihat sang kakak bisa melakukan sesuatu yang ia tidak bisa, hal ini dapat membuatnya merasa rendah diri. Apalagi jika orangtua kerap membandingkannya.

7. Berjiwa kompetitif

Fakta anak ketiga selanjutnya adalah berjiwa kompetitif. Anak ketiga cenderung menjadi kompetitif karena mencoba menyamai kakak-kakaknya. Ia tidak mau tertinggal, dan akan berusaha mendapat pujian dari orangtua.

8. Kreatif dan berani mengambil risiko

Karena jiwa kompetitifnya, anak ketiga cenderung lebih kreatif dan berani mengambil risiko ketimbang anak pertama atau kedua. Ia juga dapat mencoba apa saja dan belajar banyak hal dari orang-orang di sekitarnya.

9. Berpikir sederhana

Fakta tentang anak ketiga selanjutnya adalah berpikir sederhana. Ketika memikirkan suatu hal, ia tidak menyukai yang rumit atau bertele-tele dan akan langsung pada intinya. Ini juga merupakan kelebihan yang dimilikinya. 

10. Sedikit egois

Karena anak ketiga cenderung memusatkan perhatiannya pada diri sendiri, hal ini membuatnya sedikit egois. Ia juga mungkin merasa keinginannya harus selalu dituruti tanpa memikirkan hal lain.Perlu diingat bahwa tidak semua anak ketiga memiliki karakter yang sama persis seperti di atas. Oleh sebab itu, tidak perlu berlebihan dalam menyikapi fakta anak ketiga ini. Terdapat berbagai faktor lain yang dapat memengaruhi sifat dan karakter seorang anak, misalnya pola pengasuhan orangtua dan lingkungan. Selain itu, faktor genetik juga mungkin berperan.

Pola asuh untuk anak ketiga

Terlepas dari fakta anak ketiga, orangtua harus menerapkan pola asuh yang tepat untuk mereka. Bentuk-bentuk pola asuh yang bisa diterapkan pada anak ketiga, yakni:
  • Luangkan waktu berdua dengannya, misalnya bermain, membacakan buku, atau berjalan-jalan.
  • Ajarkan anak lebih mandiri, contohnya dengan menyiapkan baju sendiri tanpa bantuan yang lain.
  • Libatkan ia saat berdiskusi keluarga dan hargai pendapatnya.
  • Mendukung apa yang ia minati dan memuji pencapaiannya.
  • Beri beberapa tanggung jawab, seperti membantu membereskan rumah atau mencabut tanaman liar di halaman.
  • Ajarkan anak membuat keputusan yang sesuai dengan usianya
  • Berikan ia dukungan saat mendapat masalah atau merasa rendah diri
  • Dalam mendidik anak, terapkan aturan yang tepat dan hindari kekerasan.
Pola asuh yang baik dapat membuat anak ketiga tumbuh menjadi pribadi yang baik juga. Jadi, pastikan Anda mengasuh dan mendidik mereka dengan tepat.Sementara, jika Anda ingin berdiskusi seputar masalah kesehatan anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips parentingtips mendidik anakgaya parenting
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/how-raise-happy-cooperative-child/201805/birth-order-and-the-third-child
Diakses pada 15 April 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/kids-health/helping-your-first-overcome-oldest-child-syndrome/
Diakses pada 15 April 2021
BBC. https://www.bbc.com/news/uk-43627515
Diakses pada 15 April 2021
Parents. https://www.parents.com/baby/development/social/birth-order-and-personality/
Diakses pada 15 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait