Face Shield dan Masker Filter Tak Sepenuhnya Efektif Cegah Penularan Covid-19

(0)
15 Sep 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Face shield tanpa masker tidak efektif cegah penularan virus coronaFace shield tanpa masker tak efektif cegah Covid-19
Penggunaan face shield dan masker filter kini makin marak. Sayangnya, mulai banyak orang yang tidak lagi mengedepankan fungsi dan hanya mengutamakan kenyamanan saat melakukan usaha mencegah Covid-19.Tidak jarang sekarang kita melihat orang yang menggunakan face shield saja tanpa masker. Alasannya supaya nyaman bernapas. Padahal, penggunaan face shield harus selalu dibarengi dengan menutup area wajah dengan masker yang tepat.Jenis masker yang digunakan pun tak boleh sembarangan. Masker medis dan masker kain saat ini masih menjadi pilihan utama yang terbukti efektif mencegah penyebaran Covid-19. Sementara itu, penggunaan masker yang memiliki filter udara, justru tidak disarankan.

Riset terbaru: face shield tanpa masker dan masker filter tak mempan cegah Covid-19

Pada sebuah riset terbaru yang meneliti tentang perbedaan jarak persebaran droplet saat seseorang memakai berbagai penutup wajah, didapatkan hasil bahwa penggunaan face shield tanpa masker tetap bisa menyebarkan droplet hingga jarak yang cukup jauh.Selain itu, penggunaan masker yang memiliki tambahan filter untuk mengeluarkan udara juga terbukti tidak efektif untuk cegah penyebaran Covid-19. Mengapa bisa begitu?

• Alasan face shield tanpa masker tidak efektif cegah Covid-19

Penggunaan face shield memang bisa digunakan untuk menambah proteksi diri agar terhindar dari cipratan droplet. Namun, perlindungan ini tidak akan sempurna apabila face shield tidak digunakan bersamaan dengan masker.Pada uji coba ini, dengan menggunakan teknologi dan simulasi khusus, para peneliti mencoba merekam persebaran droplet para pengguna face shield tanpa masker.Hasilnya, jika orang yang menggunakan face shield tanpa masker terbatuk atau bersin, maka droplet pertama-tama akan jatuh ke bawah atau ke tanah.Sebagian droplet tersebut juga akan tertinggal di ujung face shield, dan kemudian menyebar hingga kurang lebih 1 meter dari posisi orang tersebut berada. Droplet juga bisa menyebar ke arah depan, belakang, dan samping.

• Alasan masker filter tidak efektif cegah Covid-19

Saat ini, juga sudah banyak beredar masker yang menggunakan teknologi filter udara. Artinya, udara yang dihembuskan bisa keluar sehingga tidak menumpuk di dalam masker. Teknologi ini dinilai bisa membuat pengguna lebih nyaman dan tidak merasa sesak.Masker jenis ini, memang bisa menyaring udara yang dihirup. Namun sayangnya, tidak bisa menyaring udara yang diembuskan.Saat pengguna masker ini bersin, batuk, atau berbicara, droplet yang keluar dari masker tersebut akan langsung keluar masker dan menyebar ke lingkungan sekitarnya. Hal ini tentu tidak akan efektif menekan penyebaran Covid-19.
Informasi lengkap seputar corona virus (Covid-19)
Gejala baru Covid-19: Apa itu sebenarnya Happy Hypoxia?• Covid-19 cluster kantor: Tips menghindari penyebaran Covid-19 di kantor• Vaksin corona: Sudah sampai mana perkembangan vaksin corona?

Cara menggunakan face shield yang benar agar efektif cegah Covid-19

Face shiled bisa membantu mengurangi penyebaran Covid-19 selama Anda menggunakannya dengan benar. Pastikan Anda juga menggunakan masker yang tepat selama memakai alat pelindung ini.Setelah masker terpasang, perhatikan tahap-tahap dan tips berikut ini untuk menggunakan face shield dengan tepat.
  • Jangan sentuh bagian depan face shield yang akan menutupi wajah. Saat memegang face shield, pegang bagian belakang atau talinya saja.
  • Gunakan jari-jari untuk meregangkan karet face shield.
  • Setelah face shield terpasang, pastikan bagian wajah tertutupi dengan baik.
  • Pastikan face shield terpasang dengan kencang.
  • Jangan sentuh bagian wajah maupun menaikkan penutup face shield selama menggunakannya.
  • Saat akan melepas face shield, cuci tangan terlebih dahulu.
  • Tetap jangan sentuh bagian wajah. Lepas face shield dengan memegang bagian belakang atau talinya.
  • Jika face shield yang digunakan adalah sekali pakai, langsung buang begitu selesai digunakan. Sebelum dibuang, rusak bagian face shield agar tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Apabila face shield tersebut bisa disterilisasi, ikuti cara membersihkan yang tertera di kemasan.

Memilih masker yang efektif untuk cegah Covid-19

Jika mengacu pada hasil penelitian di atas, masker yang efektif untuk mencegah penyebaran droplet adalah masker medis dan masker katun dengan jahitan rapat.Selain kedua masker tersebut, penggunaan masker jenis lain tetap memungkinkan penyebaran droplet. Sehingga ada baiknya jika Anda memikirkan ulang jika ingin menggunakannya.Saat menggunakan masker, jangan lupa memperhatikan hal-hal berikut ini.
  • Cuci tangan sebelum memasang dan melepas masker.
  • Jangan pegang bagian tengah masker.
  • Saat memasang dan melepas, sentuhlah bagian talinya saja.
  • Pastikan masker menutupi hidung, mulut, hingga dagu.
  • Kencangkan masker di bagian hidung.
  • Jangan menurunkan masker saat bicara, batuk, atau bersin.
  • Jangan sentuh masker selama digunakan.
  • Jangan turunkan masker hingga di bawah hidung.
  • Langsung buang masker sekali pakai ke tempat sampah tertutup. Sebelum membuangnya, rusak masker agar tidak didaur ulang orang tak bertanggung jawab.
  • Langsung cuci masker kain setelah memakainya, dengn menggunakan bahan-bahan seperti detergen atau disinfektan.
Selama caranya tepat, penggunaan masker maupun face shield bisa sangat membantu mengurangi penyebaran Covid-19. Karena itu, perhatikan betul langkah-langkah di atas, agar Anda dan keluarga senantiasa terhindar dari infeksi virus berbahaya ini.
infeksi virusinfeksi paru-parucoronavirus
Live Science. https://www.livescience.com/face-shield-visualization-covid-19-spread.html
Diakses pada 2 September 2020
John Hopkins. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/coronavirus/proper-mask-wearing-coronavirus-prevention-infographic
Diakses pada 2 September 2020
Australian Government. https://www.health.gov.au/sites/default/files/documents/2020/07/coronavirus-covid-19-face-shields-a-quick-guide.pdf
Diakses pada 2 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait