Expired Date Bukan Satu-satunya Istilah Tanggal Kedaluwarsa pada Makanan

(0)
17 Aug 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Expired date umumnya dicantumkan di kemasan bagian bawahExpired date biasanya tertera pada kemasan bagian bawah
Anda terkadang terpaksa membuang makanan karena sudah kedaluwarsa alias melewati expired date. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua tanggal yang tertera di kemasan berarti makanan ini sudah tidak aman dikonsumsi?Anda mungkin menyadari bahwa ada banyak sekali istilah untuk tanggal kedaluwarsa, seperti 'baik digunakan sebelum', 'gunakan sebelum', ataupun 'tanggal dikemas'. Mari kenali arti di balik istilah-istlah ini agar Anda dapat menggunakan makanan dengan lebih bijak.

Istilah tanggal kedaluwarsa tak hanya expired date

Berikut adalah ragam istilah umum tanggal kedaluwarsa yang digunakan pada kemasan makanan:
  • 'Baik digunakan sebelum' atau 'best before'

Tanggal ini menunjukkan batas suatu produk masih terjamin kualitasnya, seperti rasanya yang masih dalam kondisi terbaik.Setelah tanggal tersebut, kualitas produk akan menurun. Namun bukan berarti produk ini tidak aman untuk dimakan. Umumnya, produk masih boleh dikonsumsi selama kemasannya tetap utuh.
  • 'Gunakan sebelum' alias 'use by' atau 'expired date'

Expired date menunjukkan batas suatu produk untuk dikonsumsi. Bila melewati tanggal ini, kualitas dan kandungan produk akan menurun serta berisiko untuk kesehatan.Tanggal ini biasa dicantumkan pada produk-produk yang mudah rusak dalam penyimpanan jangka panjang. Misalnya, daging dan beberapa jenis keju.
  • 'Tanggal dikemas' atau 'pack date'

Tanggal ini menunjukkan waktu saat produk dikemas, baik oleh produsen maupun pengecer. Tanggal dikemas umumnya ditemukan pada makanan dalam kemasan.Bentuk keterangan ini bisa berupa tanggal (tanggal-bulan-tahun) atau kode tertentu, sehingga bisa saja membingungkan. Pack date dapat digunakan sebagai tanggal penarikan makanan.
  • 'Tanggal masuk toko' atau 'sell by date'

Tanggal ini ditujukan untuk toko sebagai durasi mereka dapat memajang produk di etalase. Pasalnya, pelanggan disarankan untuk membeli produk sebelum kedaluwarsa. Jadi masuk toko menjadi patokan bagi toko untuk menarik produknya dari rak-rak etalase jika sudah lewat.Setelah melewati sell by date, makanan tidak lagi berada dalam kualitas terbaiknya. Kesegaran dan rasanya mungkin telah berkurang. Meski begitu, ada sebagian makanan yang masih aman dikonsumsi sesudah tanggal ini.

Durasi penyimpanan makanan sebelum kedaluawarsa

Tak hanya mengenali berbagai istilah tanggal kedaluwarsa dan expired date pada kemasan yang mesti Anda pelajari. Mengetahui durasi umum dalam menyimpan makanan juga penting supaya tetap segar. Kedua aturan ini dapat membantu Anda untuk mengonsumsi sajian dengan lebih baik dan bijak.Berikut durasi umum untuk menyimpan berbagai jenis makanan:
  • Susu

Susu umumnya masih aman diminum pada seminggu setelah 'sell by date'. Simpan produk di kulkas sebelah dalam, yaitu lokasi terdingin.
  • Telur

Telur biasanya masih aman disimpan selama 3-5 minggu setelah Anda membelinya. Namun kualitasnya mungkin mulai menurun setelah disimpan selama seminggu.Sama seperti susu, bahan pangan ini juga seharusnya disimpan pada kulkas sebelah dalam.
  • Daging ayam dan makanan laut

Daging ayam dan makanan laut aman untuk dikonsumsi dalam 1-2 hari setelah dibeli dan disimpan di kulkas. Jika Anda tidak ingin menggunakannya dalam kurun waktu tersebut, bekukanlah bahan pangan ini.
  • Daging sapi dan babi

Daging sapi dan daging babi tergolong aman dimakan dalam 3-5 hari sesudah dibeli dan disimpan di kulkas. Jika ingin menyimpannya lebih lama, bekukan dalam freezer.
  • Makanan kaleng

Makanan kaleng bisa disimpan hingga 18 bulan.Meski begitu, bila makanan sudah berbau tak enak, berjamur, mengalami perubahan tekstur, atau terasa busuk sebelum durasi penyimpanan tersebut, Anda sebaiknya segera membuangnya.

Tips aman membeli produk makanan

Anda dapat menerapkan beberapa cara berikut sebelum membeli dan mengonsumsi produk makanan:
  • Pilih produk yang belum lewat tanggal kedaluwarsa atau expired date
  • Hindari produk yang menunjukkan tanda kerusakan, seperti kaleng menggembung, berkarat, penyok, ataupun bocor
  • Segera konsumsi produk bila kemasannya sudah dibuka
  • Produk yang mudah rusak sebaiknya segera disimpan di kulkas, seperti daging dan makanan laut
  • Produk yang dibekukan umumnya bisa dikonsumsi lebih lama dari batas kedaluwarsa pada kemasan karena pembekuan menghambat proses pembusukan
  • Buang produk bila ada tanda kebusukan, seperti warna yang menggelap dan bau tak sedap
Saat membeli makanan, ternyata tidak hanya kandungannya yang perlu Anda cermati. Tanggal kedaluwarsa atau expired date yang tertera pada kemasan pun tidak boleh luput dari perhatian Anda. Tanggal ini bisa menunjukkan apakah makanan masih aman dikonsumsi atau tidak.Anda juga perlu tahu bagaimana cara tepat dan durasi yang aman untuk menyimpan makanan. Pasalnya, tiap jenis makanan butuh penanganan yang berlainan. Dengan ini, Anda dapat mengonsumsi sajian secara tepat dan bijak.
makanan sehatkeracunan makanan
Badan Intelijen Negara. http://www.bin.go.id/awas/detil/211/4/29/07/2013/awas-makanan-kadaluarsa
Diakses pada 17 Agustus 2020
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/trash-it-or-eat-it-the-truth-about-expiration-dates/
Diakses pada 17 Agustus 2020
WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/features/do-food-expiration-dates-matter#1
Diakses pada 17 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait