EVOO untuk Bayi, Sebaiknya Dimasak Atau Dikonsumsi Langsung?

Ketika bayi menginjak usia 6 bulan, boleh saja menambahkan EVOO untuk bayi pada makanannya
EVOO untuk bayi termasuk salah satu jenis bahan yang sebaiknya diperkenalkan ketika bayi mulai makan pendamping ASI

Tak hanya untuk kulit dan rambut saja, extra virgin olive oil atau EVOO untuk bayi juga bermanfaat jika dikonsumsi Si Kecil. Baik itu yang memulai MPASI dini maupun MPASI saat berusia 6 bulan, tak ada salahnya menambahkan EVOO sebagai tambahan sumber lemak yang baik.

Olive oil adalah minyak yang diproses dari buah zaitun (Olea europaea). Disebut extra virgin ketika olive oil dibuat tanpa ada tambahan zat kimia atau pemanasan di suhu tertentu. Selain itu, EVOO juga diambil dari pohon zaitun yang dipanen tepat waktu dan bebas penyakit.

Kandungan nutrisi minyak zaitun

Dalam satu sendok makan minyak zaitun, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 119 
  • Lemak: 13,50 gram
  • Lemak jenuh: 2 gram
  • Vitamin E: 1,8 mg
  • Vitamin K: 8,1 mikrogram

Ketika bayi menginjak usia 6 bulan, boleh saja menambahkan EVOO untuk bayi pada makanannya. Namun ingat, pemberiannya harus sesuai takaran. 

Untuk bayi, jangan berikan lebih dari ¼ sendok teh untuk setiap 2 ons makanan bayi. Jika berlebihan, dikhawatirkan bayi rentan mengalami diare. Namun jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat, bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh Si Kecil.

Manfaat EVOO untuk bayi

EVOO untuk bayi termasuk salah satu jenis bahan yang sebaiknya diperkenalkan ketika bayi mulai makan pendamping ASI atau susu formula. Beberapa manfaat dari menambahkan EVOO untuk bayi adalah:

  • Memastikan kalori tercukupi

Kandungan EVOO untuk bayi adalah lemak yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan Si Kecil, bahkan hingga remaja. Setidaknya, konsumsi EVOO untuk bayi sesuai porsi dapat memenuhi 30% kebutuhan kalori harian.

  • Baik untuk otak

EVOO juga mengandung omega-3 yang bisa memaksimalkan fungsi otak. Tak hanya itu, EVOO untuk bayi juga membantu perkembangan saraf dan struktur retina. Semua hal ini sangat penting dan ditentukan pada usia awal perkembangan anak. 

  • Mengatasi konstipasi

Tak perlu khawatir berlebihan jika bayi ASI jarang BAB selama kenaikan berat badannya masih normal. Namun untuk membantu membuat perut Si Kecil lebih nyaman, EVOO untuk bayi juga bisa mengatasi konstipasi.

Fungsi EVOO sebagai substansi laksatif dan membuat kotoran menjadi lebih lunak. Namun ingat, pemberian EVOO untuk bayi tidak boleh berlebihan karena justru dapat mengakibatkan diare.

Meski demikian, manfaat yang satu ini belum didukung penelitian ilmiah. Untuk itu, tetap tanyakan kepada dokter spesialis anak untuk tahu langkah penanganan konstipasi yang paling tepat.

  • Mengandung lemak tunggal tak jenuh

EVOO untuk bayi juga mengandung lemak tunggal tak jenuh, jenis lemak yang sangat bagus untuk perkembangan Si Kecil. Utamanya, lemak tunggal tak jenuh bermanfaat untuk jantung dan pankreas bayi.

  • Sumber nutrisi

Extra virgin olive oil juga merupakan sumber nutrisi vitamin seperti vitamin A, C, D, E, K, dan juga B. Tak hanya itu, EVOO untuk bayi juga merupakan sumber antioksidan yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Bagaimana cara penggunaannya?

Cara terbaik memberikan EVOO untuk bayi adalah dengan menambahkan ¼ sendok teh pada setiap 2 ons makanan bayi. Artinya, berapa kuantitas EVOO untuk bayi yang diberikan bergantung pada porsi makanan. Apalagi, porsi ini bisa bervariasi setiap anak bergantung pada usia mereka.

Dianjurkan pula untuk tidak memberikan EVOO untuk bayi lewat proses pemanasan karena dikhawatirkan mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya. Anda bisa menambahkan EVOO untuk bayi saat makanan sudah hampir jadi dan mengaduknya hingga rata.

Memang EVOO untuk bayi boleh digunakan untuk proses pemanasan atau untuk menggoreng, namun tetap akan lebih baik jika dikonsumsi langsung. Sebisa mungkin, berikan EVOO untuk bayi bukan minyak zaitun biasa karena masih alami dan tidak diberi tambahan zat kimia apapun.

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/best-ways-to-use-olive-oil-for-your-baby/
Diakses 25 Februari 2020

Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/key-benefits-using-olive-oil-babies_0075212/#gref
Diakses 25 Februari 2020

Baby Destination. https://www.babydestination.com/amazing-benefits-of-olive-oil-for-baby-food
Diakses 25 Februari 2020

Artikel Terkait