Mengenal Aturan Ruang Tunggu Rumah Sakit yang Harus Ditaati


Ruang tunggu rumah sakit memiliki peraturan yang harus Anda taati demi kenyamanan bersama. Hal ini berlaku baik pada pasien maupun pendamping pasien yang sakit.

(0)
08 Dec 2019|Azelia Trifiana
Etika ruang tunggu rumah sakitRuang tunggu rumah sakit harus tersedia dengan kapasitas memadai
Bagi pasien yang ingin berobat ke rumah sakit baik itu lewat jalur BPJS Kesehatan, asuransi swasta, maupun mandiri, tentu ada prosedur yang harus dipenuhi. Salah satunya saat berada di ruang tunggu rumah sakit, para pasien harus patuh terhadap tata tertibnya.Ruang tunggu rumah sakit adalah salah satu ruangan wajib yang harus disediakan oleh rumah sakit. Ini menjadi ruangan tempat pasien menunggu giliran, baik untuk diperiksa hingga keperluan lainnya seperti mengambil obat atau menunggu hasil laboratorium.

Tata tertib pasien di ruang tunggu rumah sakit

Meskipun tidak tertulis seperti halnya jam besuk, tentu ada tata tertib yang harus dipatuhi pasien saat berada di ruang tunggu rumah sakit. Ada hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pasien.Beberapa kondisi yang membuat seseorang harus berada di ruang tunggu rumah sakit, di antaranya:
  • Menunggu pasien yang sedang menjalani prosedur operasi
  • Menunggu pasien yang berada di ruang instalasi gawat darurat
  • Menunggu giliran pemeriksaan dokter
  • Menunggu hasil laboratorium
  • Menunggu proses resep obat dari instalasi farmasi
Masih banyak lagi keperluan yang mungkin membuat seseorang harus berada di ruang tunggu rumah sakit. Bisa jadi bagi sebagian orang, hal ini bukan aktivitas favorit karena harus berada di rumah sakit untuk durasi yang cukup lama.Meski demikian, perlu disadari bahwa Anda tidaklah sendiri berada di rumah sakit. Ada orang lain yang juga punya keperluan di rumah sakit.Untuk menjaga kenyamanan, berikut ini beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berada di rumah sakit:
  • Matikan nada dering ponsel

Matikan nada dering ponsel Anda saat berada di ruang tunggu rumah sakit. Hal ini juga berlaku ketika Anda sedang menonton video atau mendengarkan lagu, gunakanlah earphone sehingga tidak mengganggu orang lain.Ketika menerima telepon pun, sebaiknya menjauh agar tidak mengganggu orang lain. Intinya adalah jangan menciptakan kebisingan di ruang tunggu rumah sakit.
  • Tidak berbicara terlalu keras

Usahakanlah untuk tidak berbicara terlalu keras saat Anda sedang berada di ruang tunggu rumah sakit. Jangan sampai orang lain yang berjarak cukup dekat dengan Anda bisa mendengar apa yang sedang dibicarakan. Hal ini bisa mengganggu orang lain.
  • Jangan mengeluhkan waktu tunggu

Berada di ruang tunggu mungkin terasa membosankan, tapi jangan berlebihan mengeluhkan waktu tunggu yang tersita. Keluhan demi keluhan hanya akan membuat suasana menjadi tidak nyaman. Lakukan aktivitas sambil Anda menunggu, seperti membaca, mendengarkan musik atau mengisi TTS.
  • Kenali peraturan

Ruang tunggu rumah sakit satu dan lainnya bisa berbeda peraturan. Salah satunya terkait dengan makan dan minum. Apakah dibolehkan atau tidak? Cari tahu terlebih dahulu sebelum Anda makan dan minum di ruang tinggu.
  • Hormati orang lain

Wajar jika di waktu-waktu sulit atau saat panik dan diharuskan menunggu, seseorang tidak bisa peduli pada sekitar. Meski demikian, pastikan Anda tetap menghormati dan respek terhadap orang lain. Kita tidak pernah tahu apa yang sedang mereka hadapi saat itu.

Syarat ruang tunggu rumah sakit

Bagi pihak rumah sakit, hal yang harus dipenuhi tidak hanya memastikan rumah sakit memiliki ruang tunggu saja. Menurut aturan Kementerian Kesehatan RI, ada beberapa persyaratan ruang tunggu rumah sakit yang harus dipenuhi, seperti:
  • Ruang tunggu harus tersedia dengan kapasitas memadai
  • Luas ruang tunggu sesuai dengan kapasitas pelayanan (perhitungan: 1-1,5 m2 per orang)
  • Pertukaran udara alami atau mekanik dalam ruangan harus baik
  • Total pertukaran udara sedikitnya 6 kali per jam
  • Ruang tunggu harus terkena pencahayaan alami
  • Harus menyediakan alat atau fasilitas disinfektan tangan
Selain beberapa syarat di atas, ruang tunggu rumah sakit untuk pasien tidak menular dengan pasien menular harus dipisah. Utamanya, bagi pasien anak-anak dan juga kebidanan harus memiliki ruang tunggu khusus yang steril.Ruang tunggu rumah sakit juga harus tersedia di setiap bagian yang berbeda-beda. Tak hanya untuk poli pemeriksaan saja, tapi juga ruangan lain seperti radiodiagnostik, rehabilitasi medik, atau ruang penerimaan di bagian depan rumah sakit.Kapasitas dan luas ruang tunggu rumah sakit harus memadai sesuai dengan kebutuhan pelayanan. Jangan sampai ruang tunggu tidak bisa menampung jumlah pasien sehingga pasien harus menunggu di area yang tidak seharusnya.Jangan ragu bertanya kepada pihak rumah sakit apabila ada yang mengganjal dan ingin Anda tanyakan. Taati aturan selama berada di ruang tunggu rumah sakit. Apabila ada orang lain yang dirasa mengganggu, ada baiknya menghindari konfrontasi langsung.Selama Anda bisa menghormati tata tertib dan hak orang lain, sedikit memanjakan diri dengan menonton vlogger favorit di YouTube atau memejamkan mata sejenak tak jadi masalah.
bpjs kesehatanasuransi swastarumah sakit
Chicago Now. http://www.chicagonow.com/little-merry-sunshine/2015/11/hospital-waiting-room-etiquette/
Diakses 5 Desember 2019
Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/is-there-such-a-thing-as_b_558650
Diakses 5 Desember 2019
Kementerian Kesehatan RI. https://www.persi.or.id/images/regulasi/permenkes/pmk42018.pdf
Diakses 5 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait