Esketamine Nasal Spray, Harapan Baru Untuk Penderita Depresi

Salah satu efek dari esketamine nasal spray adalah meredakan gejala-gejala depresi dengan cepat
Esketamine nasal spray dianggap sebagai obat antidepresi yang efektif untuk kasus depresi berat.

Dunia medis tengah menyambut obat antidepresi baru, yaitu esketamine nasal spray. Penelitian klinis fase 3 menunjukkan obat ini aman dan efektif untuk terapi depresi berat. Meskipun telah disetujui FDA dan dijual di beberapa rumah sakit juga klinik, keamanan penggunaan obat ini masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli. 

Depresi merupakan gangguan kesehatan jiwa yang sering terjadi. Ibarat fenomena gunung es, jumlah orang yang mengalami depresi jauh lebih banyak daripada yang dilaporkan atau memeriksakan diri ke dokter. Depresi menyebabkan ketidakmampuan dalam kehidupan sosial, dan yang paling bahaya adalah kecenderungan penderita untuk bunuh diri.

Obat antidepresi yang sudah ada memiliki banyak keterbatasan, di antaranya waktu mulai kerja yang lama serta angka remisi yang rendah. Esketamine nasal spray digadang sebagai obat antidepresi baru dengan kerja yang cepat dan efektif untuk kasus depresi berat yang tahan terhadap pengobatan.

Efek Esketamine Nasal Spray pada penderita depresi

Esketamine, secara kimiawi adalah bentuk lain dari ketamine, yaitu obat anestesi yang sudah umum digunakan. Penelitian menunjukkan bahwa obat ini dapat meredakan gejala-gejala depresi dengan cepat, seperti keinginan untuk bunuh diri, bahkan dalam 24 jam setelah penggunaan pertama. 

Penelitian terhadap esketamine nasal spray dilakukan melibatkan hampir 200 penderita depresi sedang-berat yang tidak dapat dikontrol dengan dua obat antidepresi. Penelitian ini adalah penelitian randomized, double-blind clinical trial (RCT), dan sudah mencapai fase ketiga, yaitu fase untuk meneliti efektivitas dan keamanan obat:

  • Kelompok intervensi mendapatkan esketamine nasal spray 56 atau 84 gram, 2 kali seminggu, bersamaan dengan obat antidepresi yang belum pernah dikonsumsi sebelumnya
  • Sedangkan kelompok kontrol mendapatkan obat semprot hidung kosong (plasebo), bersamaan dengan obat antidepresi

Hasil menunjukkan bahwa kelompok intervensi, setelah 1 bulan, menunjukkan perbaikan yang bermakna dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Peneliti Michael E. Thase menyebutkan bahwa obat ini menjadi harapan baru bagi para penderita depresi berat yang seringkali merasa kehilangan harapan akibat obat yang sudah ada saat ini tidak dapat banyak membantu.

Meski demikian, belum semua tenaga medis setuju mengenai penggunaan esketamine nasal spray dalam praktek mereka.

[[artikel-terkait]]

Keamanan dan masalah harga Esketamine Nasal Spray

Para ahli belum sepakat mengenai dosis obat, risiko pemberian, serta potensi timbulnya gejala putus obat setelah pemakaian obat dihentikan. Selain itu, dikhawatirkan juga obat ini berpotensi untuk disalahgunakan. Dibutuhkan pedoman dan protokol terapi untuk mengatur penggunaan obat ini.

Diperkirakan satu dosis esketamine nasal spray 56 mg bernilai hampir US$600, atau sekitar Rp8,6 juta; dan untuk 84 mg bernilai hampir US$ 900 atau sekitar Rp12,9 juta. Untuk terapi selama 1 bulan dibutuhkan biaya antara Rp 67-98 juta. Tentunya harga yang mahal akan menjadi masalah karena tidak semua penderita depresi mampu untuk membeli obat tersebut.

Seringkali memang bukti sahih yang didapat dari penelitian, tidak selalu dapat langsung diterapkan. Apakah esketamine nasal spray akan segera tersedia untuk terapi depresi berat? Hanya waktu yang dapat menjawab.

FDA. https://www.fda.gov/news-events/press-announcements/fda-approves-new-nasal-spray-medication-treatment-resistant-depression-available-only-certified
Diakses 20 Juni 2019

Daly EJ, Singh JB, Fedgchin M, et al. Efficacy and safety of intranasal esketamine adjunctive to oral antidepressant therapy in treatment-resistant depression: A randomized clinical trial. JAMA Psychiatry. 2018;75(2):139-148. https://jamanetwork.com/journals/jamapsychiatry/article-abstract/2666767
Diakses pada Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325254.php
Diakses pada Mei 2019

Medscape. https://www.medscape.com/viewarticle/913320
Diakses pada Mei 2019

Kelley KJ. FDA approves intranasal esketamine as adjunctive treatment of depression. https://www.jwatch.org/fw115136/2019/03/09/fda-approves-intranasal-esketamine-adjunctive-treatment
Diakses pada Mei 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed