Epilepsi pada Anak bisa Berpengaruh pada Perkembangannya

Epilepsi pada anak bisa berpengaruh terhadap perkembangan perilakunya
Epilepsi pada anak bisa menimbulkan efek berbeda, pada tiap penderitanya

Sebagai penyakit yang menyerang sistem saraf dan otak, epilepsi pada anak bisa menyebabkan berbagai gangguan pada masa perkembangannya. Meski begitu, tidak semua kondisi epilepsi bisa menimbulkan pengaruh serupa.

Pengaruh epilepsi pada anak bergantung pada usia serta jenis epilepsi yang dialami. Bagi beberapa anak, memiliki epilepsi tidak akan mengganggu kesehariannya. Namun bagi anak lainnya, kondisi ini bisa menimbulkan rasa malu, bahkan hingga terisolasi dari teman sebayanya.

Karena itu, penting bagi para orangtua untuk mengenali lebih jauh dampak dari penyakit ini terhadap Si Buah Hati. Dengan begitu, Anda dapat memberikan pendampingan yang tepat untuk anak.

[[artikel-terkait]]

Pengaruh epilepsi pada anak untuk perkembangannya

Kondisi epilepsi pada anak serta pengobatannya dapat memengaruhi perkembangan maupun kegiatannya sehari-hari, seperti:

1. Perilaku

Bagi beberapa anak, mengalami epilepsi dan mengonsumsi obat dalam jangka waktu lama pada epilepsi tidak akan memengaruhi perilakunya. Namun, pada beberapa kasus, orangtua mungkin menyadari anak menjadi lebih mudah marah dan tidak ingin bersosialisasi.

Namun, tidak semua anak mengalami hal tersebut. Sebagian dari mereka dapat mengendalikan diri, meski mengalami epilepsi.

2. Kemampuan belajar

Kebanyakan anak dengan epilepsi, memiliki tingkat kecerdasan dan kemampuan berpikir yang sama dengan anak lainnya. Namun, beberapa anak lain mungkin mengalami kesulitan belajar, yang bisa disebabkan oleh:

  • Gangguan kesehatan tertentu
  • Faktor lain yang berhubungan dengan kejang, seperti kelelahan
  • Efek samping obat
  • Kondisi yang menjadi penyebab utama epilepsi yang dialami
  • Faktor emosional atau sosial

Jika epilepsi pada anak dirasa memengaruhi kemampuan belajarnya, maka Anda sebaiknya mengonsultasikannya kepada dokter.

3. Kesehatan fisik

Epilepsi pada anak seharusnya tidak menghalanginya untuk melakukan kegiatan fisik, seperti olahraga. Bahkan, olahraga dipercaya baik untuk perkembangan anak dengan kondisi ini.

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisiknya, olahraga juga baik untuk kesehatan emosi anak, termasuk pengaruhnya untuk mengontrol kejang. Anda juga tidak perlu khawatir untuk membiarkan anak berolahraga, karena kegiatan ini jarang memicu kejang.

Berbagai jenis olahraga juga dapat dilakukan, selama tidak membuat anak terlalu lelah dan dehidrasi, hingga mengalami penurunan kadar gula darah.

Langkah yang bisa dilakukan untuk mendampingi epilepsi pada anak

Dampak dari kondisi epilepsi pada anak terhadap kehidupannya mungkin akan sulit untuk diprediksi. Meski begitu, sebagai orangtua, Anda dapat membantu Si Kecil untuk menerima kondisinya dan membuatnya berpikiran lebih terbuka terhadap penyakit ini.

Langkah yang dapat Anda lakukan di antaranya:

  • Jika dirasa sudah waktunya, Anda dapat mulai menjelaskan kepada anak mengenai epilepsi yang dialaminya. Beritahukan juga jenis-jenis obat yang perlu ia konsumsi.

  • Ketahui dosis, waktu pemberian, serta efek samping dari obat yang perlu dikonsumsi oleh Si Kecil. Berikanlah obat pada anak sesuai petunjuk dokter.

  • Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter, sebelum memberikan obat-obatan lain, untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

  • Bantu anak untuk menghindari berbagai pemicu kejang. Pastikan anak tidur cukup, karena kurang tidur bisa memicu kejang.

  • Pastikan kontrol ke dokter secara berkala.

Pada beberapa kasus epilepsi pada anak, konsumsi obat tidak harus dilakukan seumur hidup. Berkonsultasilah dengan dokter, apabila Si Kecil sudah tidak pernah kejang selama satu atau dua tahun terakhir.

Jika kejang pada anak terkontrol dengan baik, Anda mungkin tidak perlu membatasi kegiatannya. Hanya saja, Anda tetap perlu memerhatikan keselamatannya, dengan memastikan ia memakai alat pelindung saat berolahraga. Pastikan anak Anda ada yang mengawasi, ketika sedang berenang.

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed