Enzim Protease, Si Pemecah Protein yang Sangat Penting untuk Tubuh

Enzim protease memiliki tiga jenis, yakni pepsin, tripsin, dan chymotrypsin.
Fungsi enzim protease sangatlah penting untuk sistem pencernaan protein.

Enzim protease, yang juga dikenal dengan nama peptidase, proteinase, ataupun proteolitik, termasuk dalam kelompok enzim yang sangat vital untuk kesehatan manusia. Enzim protease juga mengemban tugas penting dalam berbagai macam proses di dalam tubuh kita.

Berbeda dari "saudaranya", lipase atau amilase yang memecah lemak dan karbohidrat, enzim protease memproses protein menjadi asam amino. Jadi, tubuh dapat mencernanya sebagai energi. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai fungsinya.

Enzim protease dan fungsinya

Enzim protease diproduksi di dalam pankreas dan lambung. Terkadang, enzim protease juga ditemukan di dalam buah seperti pepaya dan nanas. Fungsi utama dari enzim protease adalah memecah protein menjadi asam amino, sehingga tubuh bisa menggunakannya sebagai “bahan bakar” untuk energi sehari-hari.

Namun, memecah protein menjadi asam amino bukanlah satu-satunya fungsi enzim protease. Masih ada banyak fungsi enzim protease yang sangat dibutuhkan tubuh.

Enzim protease juga bertanggung jawab dalam pembelahan sel tubuh, pembekuan darah, menjaga sistem imun tubuh, hingga daur ulang protein.

Sama seperti manusia, tumbuhan juga membutuhkan enzim protease untuk tumbuh dan melindungi diri dari hama seperti serangga.

Menariknya, manusia dapat mengambil banyak manfaat dari enzim protease yang ditemukan dalam tumbuhan. Tidak heran jika banyak suplemen enzim protease yang bersumber dari tumbuhan.

Beragam jenis enzim protease

Enzim protease dapat diibaratkan sebagai “seorang ibu”, yang memiliki beberapa anak dengan fungsi berbeda-beda. Ketiga “anak” enzim protease adalah pepsin, tripsin, dan chymotrypsin. Sebelum mengenal fungsi enzim protease, pahamilah berbagai fungsi dari ketiga jenis enzim protease tersebut.

  • Pepsin

Pepsin adalah enzim yang memiliki tugas dalam memecah protein besar menjadi kecil, sehingga dapat larut dan dicerna oleh tubuh.

  • Tripsin

Tripsin adalah enzim yang mencerna protein. Di usus halus, enzim tripsin akan meneruskan proses pencernaan makanan dan memecah protein. Enzim ini diproduksi tubuh di dalam pankeas.

  • Chymotrypsin

Chymotrypsin adalah enzim pencernaan yang mengandung residu serin aktif, yang berguna untuk mencerna protein dari makanan yang dikonsumsi tubuh.

Sama seperti ibunya, ketiga jenis pepsin ini memecah protein dari makanan seperti daging hingga telur menjadi asam amino. Setelah itu, barulah tubuh dapat menyerap dan mencernanya dengan baik.

Enzim protease dalam makanan

Nanas
Enzim protease dalam nanas

Fungsi enzim protease yang sangat dibutuhkan tubuh itu, membuat banyak orang berbondong-bondong mencari makanan yang mengandung enzim protease.

Sebenarnya, pepaya dan nanas adalah buah-buahan yang mengandung enzim protease paling populer.
Pepaya memiliki enzim papain (proteinase papaya), yang dapat ditemukan dalam daun hingga daging buahnya.

Kemudian nanas, buah yang memiliki rasa asam dan manis ini juga mengandung enzim bromelain, yang juga termasuk dalam kelompok enzim protease. Enzim protease dalam buah nanas dapat ditemukan pada kulit dan dagingnya. Anda bisa menikmati nanas dalam bentuk jus.

Selain pepaya dan nanas, masih banyak makanan lain yang mengandung enzim protease, di antaranya:

Selain enzim protease yang dikandung dalam makanan, ada juga enzim protease yang tersedia dalam bentuk suplemen.

Enzim protease dalam suplemen

Suplemen yang mengandung enzim protease biasanya tersedia dalam bentuk pil, kapsul, hingga serbuk. Beberapa suplemen hanya mengandung satu enzim protease, sedangkan yang lainnya mengandung berbagai macam enzim protease seperti tripsin, pepsin, chymotrypsin, bromelain, hingga papain.

Umumnya, enzim protease yang ditemukan dalam suplemen, diambil dari hewan maupun tumbuhan. Misalnya, enzim protease dari hewan biasanya diambil dari babi dan sapi. Sementara itu, enzim protease dari tumbuhan biasanya berasal dari pepaya dan nanas.

Sebelum mengonsumsi suplemen enzim protease, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

Catatan dari SehatQ:

Pentingnya fungsi enzim protease di dalam sistem pencernaan dan hidup manusia, membuatnya dicari banyak orang, bahkan para peneliti sudah berhasil membuat enzim protease dalam bentuk suplemen yang bisa dikonsumsi banyak orang.

Bagi Anda yang ingin menyehatkan sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi seperti protein, alangkah baiknya mengonsumsi buah-buahan seperti pepaya dan nanas.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/proteolytic-enzymes
Diakses pada 27 Mei 2020

Enzy Science. https://enzyscience.com/blogs/news/what-are-protease
Diakses pada 27 Mei 2020

Science Direct. https://www.sciencedirect.com/topics/biochemistry-genetics-and-molecular-biology/pepsin
Diakses pada 27 Mei 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/trypsin-function
Diakses pada 27 Mei 2020

Proteopedia. https://proteopedia.org/wiki/index.php/Chymotrypsin
Diakses pada 27 Mei 2020

 

Artikel Terkait