Energy Vampire Sedot Energi Korbannya Tanpa Ampun, Pahami Cara Menghadapinya


Energy vampire adalah orang yang secara sengaja menguras energi Anda baik secara fisik maupun psikologis, untuk membantu menyelesaikan masalahnya. Cara menghadapi orang dengan sifat ini yaitu dengan menerapkan batasan, tidak menanggapi, hingga menjauhinya.

0,0
04 Aug 2021|Bayu Galih Permana
Energy vampire adalah orang yang secara sengaja menguras energi Anda baik secara fisik maupun psikologisSeorang energy vampire seringkali tak mau mengakui kesalahannya
Vampir selama ini dikenal sebagai makhluk yang menyedot darah korbannya. Tak hanya di film atau buku cerita, makhluk ini ternyata benar-benar ada di dunia nyata. Bedanya, bukan darah yang disedot melainkan energi korbannya.Dikenal dengan istilah energy vampire, mereka dapat muncul di mana saja, baik lingkungan keluarga, pertemanan, bahkan pasangan Anda sendiri bisa jadi salah satunya. Jika dibiarkan begitu saja, orang-orang tersebut dapat mengakibatkan kelelahan fisik dan mental.

Tanda-tanda energy vampire

Tanda-tanda energy vampire dapat dilihat dari sikap dan perilakunya setiap hari. Beberapa sikap dan perilaku yang bisa menjadi tandanya, antara lain:

1. Tidak bertanggung jawab

Seorang energy vampire seringkali bersikap licik dan tak bertanggung jawab. Umumnya, mereka tidak mau mengakui kesalahan yang diperbuat. Bahkan, terkadang mereka akan melemparkan kesalahan tersebut ke orang lain. 

2. Bersikap dramatis

Ketika terlibat dalam suatu masalah, energy vampire biasanya akan bersikap dan berperilaku dramatis. Hal tersebut dilakukan dengan harapan orang-orang mau membantu memperbaiki atau menyelesaikan masalah yang ia buat.

3. Acuh terhadap masalah orang lain dan mengalihkan fokus ke dirinya

Saat Anda terlibat dalam suatu masalah, seorang energy vampire akan bersikap acuh dan tidak peduli. Bahkan, ia lalu akan mengalihkan fokus ke dirinya. Hal tersebut tentunya akan membuat energi Anda semakin terkuras.Sebagai contoh, Anda bercerita tidak mendapatkan bayaran yang sesuai ketika bekerja. Ketika mendengar hal tersebut, seorang energy vampire mungkin akan mengatakan kalimat seperti “Aku tahu kamu tidak dibayar dengan baik, tapi setidaknya pekerjaanmu menyenangkan. Kamu harus membantu mencarikanku pekerjaan baru ya”.

4. Memanfaatkan kebaikan orang lain

Orang yang sensitif dan baik adalah target utama dari energy vampire. Saat menyampaikan keluh kesahnya, orang yang baik biasanya akan menawarkan bantuan. Dari situlah, ia lalu terus menghubungi dan memanfaatkan kebaikan orang tersebut setiap kali ada masalah.

Bagaimana cara menghadapi energy vampire?

Berhadapan dengan energy vampire memang bisa menguras fisik dan psikologis. Akibatnya, risiko Anda mengalami masalah kesehatan seperti sakit jantung, depresi, hingga gangguan kecemasan pun akan turut meningkat.Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, berikut beberapa cara menghadapi energy vampire yang bisa Anda terapkan:
  • Terapkan batasan

Supaya tak terjebak dalam permainan energy vampire, terapkan batasan. Hindarilah tempat dan acara yang memungkinkan Anda bertemu dengannya. Jika ia merupakan teman kerja, batasi interaksi dengan mengobrol saat membahas pekerjaan saja.
  • Ubah ekspektasi mereka

Energy vampire akan terus datang jika Anda berhasil memenuhi ekspektasi mereka. Maka dari itu, coba ubah ekspektasi mereka terkait diri Anda. Saat mereka bercerita soal masalahnya, tanggapi dengan seperlunya tanpa menawarkan nasihat. Dengan begitu, mereka akan menjauh dengan sendirinya dan mulai meninggalkan Anda.
  • Jangan ditanggapi

Ketika energy vampire mencoba untuk menghubungi untuk menceritakan masalahnya, cobalah untuk tidak menanggapinya. Sampaikan saja alasan bahwa Anda tengah sibuk atau tidak enak badan untuk mendengarkan cerita mereka. Jika sikap ini Anda lakukan secara terus-menerus, mereka akan mencari tempat lain seiring berjalannya waktu. 
  • Kelola emosi

Energy vampire akan terus melancarkan aksinya ketika Anda tidak berhasil mengelola emosi untuk memenuhi permintaan mereka. Untuk mencegah hal tersebut, bersikaplah kaku ketika mereka bercerita soal masalahnya. Dengan begitu, energi Anda tidak akan terbuang dengan sia-sia.
  • Jauhi energy vampire

Salah satu cara yang tepat untuk menghadapi energy vampire adalah menjauhinya. Meski terlihat jahat, langkah ini perlu dilakukan untuk melindungi fisik dan psikologis Anda sendiri.Jika Anda mengalami masalah kesehatan tertentu akibat energy vampire segera berkonsultasi dengan dokter. Langkah ini penting dilakukan untuk mencegah kondisi Anda bertambah parah.

Catatan dari SehatQ

Energy vampire adalah orang yang secara sengaja menguras energi Anda baik secara fisik maupun psikologis, untuk membantu menyelesaikan masalahnya. Cara menghadapi orang dengan sifat ini yaitu dengan menerapkan batasan, tidak menanggapi, hingga menjauhinya.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan mental
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/energy-vampires
Diakses pada 4 Agustus 2021
Mind Body Green. https://www.mindbodygreen.com/0-7212/energy-vampires-who-they-are-how-to-ditch-them.html
Diakses pada 4 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait