6 Obat Ambeien Tradisional yang Bisa Anda Gunakan di Rumah

Lidah buaya sebagai obat alami peringan gatal ambeien
Lidah buaya dapat meringankan rasa gatal akibat ambeien

Ambeien atau wasir adalah peradangan atau pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus. Beberapa gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini, di antaranya rasa nyeri, gatal, hingga berdarah saat mengejan terlalu keras.

Ambeien merupakan salah satu penyakit yang umum dialami oleh banyak orang. Pada level tertentu, gejala ambeien yang ringan dapat sembuh sendiri tanpa diobati, Anda dapat mengobati ambeien dengan pilihan obat ambeien tradisional.

Mengobati ambeien dengan pilihan obat ambeien tradisional ini

Umumnya, ambeien dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari atau beberapa minggu. Meski demikian, pengobatan tetap diperlukan guna mengurangi rasa tidak nyaman dan mencegahnya kambuh.

Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ambeien dengan obat ambeien tradisional:

1. Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu jenis bahan alami yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan, termasuk ambeien atau wasir.

Tanaman aloe vera memiliki kandungan antiradang yang dapat membantu meredakan rasa gatal dan pembengkakan akibat gejala ambeien.

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya ke area anus. Namun, jika tanaman aloe vera tidak tersedia, Anda dapat mengoleskan produk gel terbuat dari lidah buaya murni. Pastikan kandungan lidah buayanya setinggi mungkin.

Meski belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk membuktikan keefektivitasan lidah buaya untuk obat tradisional ambeien, tetapi penggunaan aloe vera tergolong aman dilakukan.

Namun, sebelum mengoleskan lidah buaya ke area anus, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap gel aloe vera. Untuk memeriksa ada tidaknya reaksi alergi, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya ke area lengan bawah.

Kemudian, tunggu selama 24-48 jam, jika tidak ada reaksi alergi yang ditimbulkan maka lidah buaya aman untuk Anda gunakan. 

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu obat ambeien tradisional lain yang dapat Anda gunakan di rumah. Mengoleskan minyak kelapa dapat berfungsi untuk mengurangi iritasi dan pembengkakan.

Sebaiknya, gunakan minyak kelapa asli untuk mengobati ambeien, dibandingkan penggunaan krim atau lotion yang mengandung minyak kelapa.

3. Witch hazel

Jenis obat ambeien tradisional lainnya yang dapat Anda gunakan di rumah adalah witch hazel.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Inflammation, tanaman ini mengandung antioksidan dan antiradang. Kandungan tersebut yang berkhasiat mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat gejala ambeien.

Obat ambeien alami ini dapat Anda temukan dalam bentuk salep atau krim dan sabun yang mengandung ekstrak witch hazel.

4. Es batu

Obat ambeien alami berikutnya yang bisa Anda manfaatkan adalah kompres es batu. Mengompres es batu pada area anus dapat membantu mengurangi rasa nyeri, peradangan, dan pembengkakan sementara.

Anda cukup membungkus beberapa es batu menggunakan kain atau handuk bersih. Lalu, kompres area anus yang terasa sakit selama 15 menit. Lakukan langkah ini selama beberapa kali sampai gejala ambeien dirasa membaik.

5. Air hangat

Merendam area anus dengan air hangat merupakan pilihan obat ambeien tradisional lainnya. Langkah ini dapat membantu meredakan berbagai keluhan akibat ambeien, seperti gatal, iritasi, dan nyeri pada anus.

Anda bisa duduk di bak mandi berisi air hangat, lalu berendamlah selama 15 menit. Selanjutnya, keringkan area anus dengan lembut menggunakan handuk bersih. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari setiap selesai buang air besar.

Obat alami tradisional tergolong aman untuk digunakan. Ingatlah, untuk senantiasa berhati-hati sebelum menggunakan produk alami apa pun pada area anus Anda. Jika Anda mengalami alergi atau kondisi kesehatan tertentu, segera hentikan penggunaan.

Cara mengatasi ambeien dengan perubahan pola hidup

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kekambuhan gejala ambeien. Bagaimana caranya?

1. Perbanyak konsumsi cairan

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Permanente Journal, kekurangan asupan cairan dalam tubuh dapat berisiko terjadinya masalah pada anus, termasuk wasir.

Mencukupi kebutuhan asupan cairan dapat memudahkan Anda dalam mengeluarkan feses. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu mengejan terlalu keras.

2. Makan makanan yang mengandung banyak serat

Makan makanan dengan tinggi serat sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan Anda, terutama saat buang air besar. Serat dapat menyerap air yang membantu melunakkan feses sehingga Anda tidak akan mengejan terlalu keras.

Beberapa jenis makanan yang mengandung serat tinggi adalah:

  • Buah-buahan;
  • Sayur-sayuran berwarna hijau, seperti bayam, kangkung, brokoli;
  • Kacang-kacangan dan polong-polongan;
  • Biji-bijian utuh, seperti gandum dan beras merah.

3. Kenakan pakaian berbahan katun

Saat proses pemulihan ambeien, Anda dapat menggunakan pakaian yang longgar, seperti dari bahan katun. Ini bertujuan untuk mencegah area anus dari iritasi akibat keringat berlebih serta membantu mengurangi gejala wasir.

4. Jangan mengejan terlalu keras saat buang air besar atau terlalu lama duduk di toilet

Mengejan terlalu keras saat buang air besar dapat memperburuk gejala ambeien. Jika feses tidak keluar selama dua menit, Anda mungkin dapat melakukan buang air besar di waktu yang lain.

Terlalu lama duduk di toilet juga akan meningkatkan tekanan di anus dan dapat membuatnya bengkak.

Catatan dari SehatQ

Sejauh ini memang belum banyak penelitian yang dapat membuktikan efek samping dan keefektivitasan penggunaan obat-obatan ambeien alami tersebut. Perlu diingat pula bahwa obat ambeien alami tidak boleh dianggap sebagai pengganti untuk pengobatan medis.

Maka dari itu, Anda tetap dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Jika ambeien Anda sering kambuh, bahkan tidak membaik, setelah diobati dengan obat ambeien tradisional, segera periksakan diri ke dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-hemorrhoids
Diakses pada 29 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317114.php
Diakses pada 29 November 2019

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/hemorrhoid-treatments-and-home-remedies-89353
Diakses pada 29 November 2019

Web Md. https://www.webmd.com/digestive-disorders/hemorrrhoid-home-care#1
Diakses pada 29 November 2019

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/354214-how-to-use-garlic-for-hemorrhoids/
Diakses pada 29 November 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3214789/
Diakses pada 29 November 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5101094/
Diakses pada 29 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed