Jenis-jenis yogurt yang menyehatkan bagi tubuh
Traditional Yogurt dan Greek Yogurt adalah jenis yogurt yang populer

Siapa yang tidak kenal makanan satu ini. Yogurt merupakan makanan yang dihasilkan dari fermentasi susu dan mengandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan dan untuk diet. Manfaat yogurt juga sudah tidak diragukan lagi, pasalnya yogurt sudah menjadi olahan makanan sehat andalan secara turun temurun di beberapa negara.

Yogurt memiliki rasa yang asam dan dapat diolah menjadi beragam menu makanan sehat seperti dicampur dalam salad, smoothies, atau biji-bijian untuk sarapan. Manfaat yogurt untuk kesehatan didapat dari kandungan protein, karbohidrat, probiotik, vitamin, dan mineral di dalamnya.

Tetapi tahukah Anda, jika yogurt tidak hanya terdiri satu jenis saja. Ada berbagai jenis yogurt bisa Anda coba dan masukkan ke dalam menu camilan Anda. Apa saja jenisnya?

Beragam Jenis Yogurt

  • Yogurt Tradisional

Yogurt tradisional memiliki bentuk yang lebih berair dibandingkan Greek Yogurt. Yogurt jenis ini punya tekstur yang lembut dan rasa asam yang khas. Yogurt tradisional mengandung kalsium yang tinggi sehingga cocok untuk menjadi camilan yang sehat bagi Anda dan juga anak-anak. Untuk mendapatkan sensasi manis, Anda dapat menambahkannya dengan sirup maple atau sirup cokelat.

  • Greek yogurt

Di antara semua jenis yang lain, Greek Yogurt adalah yang paling populer. Greek yogurt memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan yogurt tradisional dan rasanya susunya lebih dominan.  Di samping itu Greek yogurt juga mengandung protein lebih banyak namun rendah gula dan karbohidrat dibandingkan yogurt dari susu sapi lainnya.

Greek yogurt juga bisa dijadikan bahan-bahan dasar untuk masakan Yunani. Oleh karena itu yogurt ini bisa jadi bahan baku dalam membuat makanan kas Mediterania.

  • Yogurt rendah lemak

Jika Anda sedang menjalani program diet, jenis yogurt inilah yang paling tepat untuk Anda konsumsi. Pasalnya, jenis yogurt ini kandungan gulanya lebih rendah.

  • Kefir

Yogurt satu ini memiliki bentuk yang lebih cair dibandingkan dengan jenis yogurt lainnya. Tak heran yogurt kefir dapat diminum. Kefir mengandung probiotiks yang menyehatkan untuk tubuh dan juga membantu penyerapan laktosa di pencernaan Anda.

  • Yogurt susu kedelai 

Bagi orang dengan intoleransi laktosa, mengonsumsi yogurt bisa membuat sakit perut akibat laktosa dari susu sapi. Namun tak perlu bersedih karena Anda bisa memakan yogurt yang terbuat dari susu kedelai. Selain bebas dari laktosa, yogurt ini tinggi protein dan rendah kolesterol sehingga bisa menjadi camilan yang sehat.

Sayangnya, cukup sulit untuk menemukan produk yogurt susu kedelai tanpa tambahan gula yang di jual di pasaran. Ditambah lagi varian rasanya kurang banyak.

Khasiat yogurt untuk kesehatan

Beragam nutrisi yang terdapat pada yogurt, membuat makanan ini menjadi salah satu pilihan asupan sehat yang bisa dikonsumsi untuk semua usia. Agar tidak semakin penasaran, simak manfaat yogurt berikut ini.

  • Baik untuk sistem pencernaan

Yogurt mengandung probiotik yang dipercaya baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Probiotik merupakan komponen bakteri baik yang dapat membantu meredakan berbagai gangguan pencernaan, seperti perut kembung, diare, dan konstipasi.

  • Kaya akan nutrisi

Yogurt mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Yogurt mengandung banyak kalsium dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan tulang. Dalam satu cangkir yogurt dapat memenuhi 49% kebutuhan kalsium harian Anda.

  • Membantu mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium pada yogurt sangat baik untuk kesehatan tulang. Sehingga dapat membantu mencegah osteoporosis, manfaat yogurt ini juga akan lebih maksimal jika tubuh Anda memiliki asupan vitamin D yang cukup.

  • Dapat menjaga daya tahan tubuh

Kandungan probiotik yang ada pada yogurt juga dipercaya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi, yogurt juga mengandung vitamin dan mineral yang juga bisa mendukung tubuh untuk lebih kuat dan tahan terhadap penyakit.

  • Memelihara kesehatan jantung

Mengonsumsi yogurt setiap hari, dinilai baik untuk jantung. Hal ini dikarenakan, asupan yogurt dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik (LDL) dan menurunkan tekanan darah. Jika kadar kolesterol jahat Anda tinggi disertai dengan tekanan darah tinggi, dapat menyebabkan penyakit jantung.

  • Menjaga kesehatan vagina

Probiotik yang terdapat pada yogurt juga dapat membantu mengatasi infeksi jamur di vagina. Sebab dengan kandungan probiotik ini, yogurt dapat menurunkan ph di area vagina menjadi kembali normal, yaitu 4 hingga 4,5.

  • Mengurangi risiko diabetes

Yogurt jenis Greek dipercaya mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2 yang dapat mempengaruhi cara tubuh memproses gula darah.

  • Membuat infeksi menjadi lebih cepat sembuh

Manfaat yogurt lainnya adalah dapat mempercepat penyembuhan saat sakit dan membuat tubuh kebal terhadap infeksi. Manfaat ini di dapatkan dari kandungan zinc, selenium, dan magnesium di dalam yogurt.

  • Baik untuk diet

Kandungan protein yang tinggi pada yogurt, membuatnya baik untuk asupan diet. Kandungan protein pada yogurt mampu membuat Anda cepat merasa kenyang, sehingga akan mengurangi frekuensi dan porsi makan Anda.

Catatan dari SehatQ

Saat ini yogurt mudah untuk Anda temukan dimana-mana. Mulai dari pasar swalayan hingga toko Namun, jika Anda memiliki kondisi intoleransi laktosa atau alergi susu, Anda perlu berhati-hati sebelum mengonsumsi yogurt.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/7-benefits-of-yogurt#section3

Diakses pada 31 Maret 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323169

Diakses pada 31 Maret 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/295714

Diakses pada 31 Maret 2020

Artikel Terkait