Mengenal Empath dan Tanda-tandanya


Empath adalah seseorang yang punya rasa empati sangat tinggi. Orang dengan kondisi ini sering mengikuti gerakan atau emosi orang lain secara tak sadar, ikut merasakan rasa sakit orang lain, hingga kesulitan untuk tidak peduli dengan orang lain.

0,0
Empath adalah seseorang yang punya rasa empati sangat tinggiSeorang empath biasanya mempunyai kemampuan lebih dalam mengenali emosi orang lain
Ketika mendengar atau melihat orang yang sedang kesusahan, rasa empati seringkali muncul dalam diri seseorang. Beberapa bahkan merasakan empati terlalu dalam, serta menganggap apa yang terjadi dengan orang lain sebagai pengalamannya sendiri.Jika Anda termasuk salah satu orang yang mengalaminya, kondisi tersebut bisa menjadi tanda empath. Orang dengan kondisi ini menganggap rasa sakit dan kebahagiaan orang lain sebagai kesedihan maupun bahagianya juga.

Apa itu empath?

Empath adalah seseorang yang mempunyai perasaan empati di atas rata-rata. Empati sendiri merupakan kemampuan seseorang untuk dapat mengerti atau memahami apa yang dirasakan oleh orang lain secara emosional.Kemampuan seorang empath untuk merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain melampaui empati. Tidak hanya mengerti dan memahami, mereka benar-benar ikut masuk dan merasakan apa yang orang lain rasakan dengan emosi sangat dalam.

Tanda-tanda seorang empath

Ada sejumlah kondisi yang menjadi tanda bahwa Anda merupakan seorang empath. Tanda-tanda tersebut bisa dilihat melalui sifat, sikap, dan tingkah laku mereka. Berikut beberapa di antaranya:
  • Mengikuti gerakan dan emosi orang lain secara tidak sadar

Seorang empath seringkali mengikuti gerakan orang lain secara tidak sadar, mulai dari postur, tingkah laku, hingga ekspresi wajah. Contohnya, saat melihat jari orang lain tertusuk jarum, ia akan bereaksi seolah jarum tersebut menusuk jarinya.Orang dengan kondisi ini juga secara tidak sadar kerap mengikuti emosi orang lain. Menurut hasil pemindaian MRI, otak seorang empath akan menyalakan sirkuit saraf yang sama ketika mengamati orang lain dengan berbagai emosi. Kondisi tersebut kemudian membuat mereka ikut merasakan apa yang orang lain rasakan.
  • Ikut merasakan rasa sakit yang dialami orang lain

Sebuah studi berjudul “The Science of Empathy”, disebutkan bahwa orang dengan rasa empati sangat tinggi ikut merasakan rasa sakit yang dirasakan orang lain. Dalam studi tersebut, peneliti memberikan sengatan listrik kepada 16 orang wanita. Saat sengatan listrik diberikan, pasangan mereka mengaku ikut merasakan sengatan listrik, padahal sedang berada di ruangan berbeda. Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.
  • Cepat mengenali emosi orang lain

Seorang empath biasanya mempunyai kemampuan lebih dalam mengenali emosi orang lain. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan yang akurat dalam menilai ekspresi wajah orang lain, mulai dari bahagia, merasa terancam, dan lain-lain.
  • Sulit untuk tidak peduli dengan orang lain

Ketika melihat orang lain dalam masalah, orang yang mempunyai rasa empati sangat tinggi akan merasa kesulitan untuk bersikap tidak peduli. Umumnya, mereka akan tergerak untuk membantu orang lain. Jika tidak dapat memberikan bantuan, mereka mungkin akan kecewa dengan diri sendiri.
  • Sangat peka terhadap suara, bau, dan sensasi

Tak cuma sensitif dengan emosi, seorang empath biasanya mempunyai tingkat kepekaan yang tinggi terhadap suara, bau, dan sensasi. Kepekaan terhadap suara, bau, dan sensasi terkadang ikut berpengaruh terhadap emosi mereka.

Kesulitan menjadi empath

Seorang empath biasanya memiliki hubungan yang baik dengan orang lain berkat tingginya rasa empati mereka. Meski begitu, ada beberapa kesulitan yang mungkin dialami oleh orang-orang dengan kondisi ini dalam hidupnya.Ketika orang lain bercerita terkait pengalaman menyedihkan atau menyakitkan, emosi negatif juga akan ikut mereka rasakan. Kondisi tersebut dapat membuat mereka mengalami kelelahan emosional.Selain itu, sulit bagi orang dengan kondisi ini untuk memilah emosi mereka sendiri dan orang lain. Saat tidak dapat membantu orang lain yang kesusahan, seorang empath juga cenderung akan merasakan kesedihan mendalam. 

Catatan dari SehatQ

Empath adalah seseorang yang punya rasa empati di atas rata-rata. Orang dengan kondisi ini umumnya sering mengikuti gerakan atau emosi orang lain secara tidak sadar, ikut merasakan rasa sakit orang lain, hingga kesulitan untuk tidak peduli dengan orang lain.Meskipun biasanya memiliki hubungan yang baik dengan orang lain, menjadi seorang empath mungkin akan terasa sulit bagi beberapa orang. Orang dengan kondisi ini berisiko mengalami kelelahan emosional dan kesulitan untuk membedakan emosi sendiri dengan orang lain.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
menjalin hubunganberpikir positif
Healthline. https://www.healthline.com/health/what-is-an-empath
Diakses pada 15 September 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/what-is-an-empath
Diakses pada 15 September 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5513638/
Diakses pada 15 September 2021
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-an-empath-and-how-do-you-know-if-you-are-one-5119883
Diakses pada 15 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait