6 Emosi Dasar Manusia, Mana yang Paling Dominan?


Setiap pilihan, tindakan, dan persepsi pasti dipengaruhi emosi dasar manusia. Pada tahun 1970an, psikolog Paul Eckman mengidentifikasi perasaan ini menjadi 6 kategori. Hingga kini, jenis-jenis emosi dan penjabarannya pun terus berkembang.

(0)
08 Dec 2020|Azelia Trifiana
6 emosi dasar manusiaKebahagiaan adalah salah satu emosi dasar manusia yang paling dominan
Setiap pilihan, tindakan, dan persepsi pasti dipengaruhi emosi dasar manusia. Pada tahun 1970an, psikolog Paul Eckman mengidentifikasi perasaan ini menjadi 6 kategori. Hingga kini, jenis-jenis emosi dan penjabarannya pun terus berkembang.Tak hanya Eckman, psikolog lain juga berusaha mengenali apa saja yang dirasakan seorang manusia. Dengan memahami fungsi emosi lebih detail, tentu membantu dalam banyak aspek. Mulai dari pengambilan keputusan hingga interaksi sosial dengan orang lain.

Mengenal emosi dasar manusia

Enam jenis emosi yang dikategorikan oleh Paul Eckman adalah:
  1. Kebahagiaan
  2. Kesedihan
  3. Ketakutan
  4. Muak
  5. Marah
  6. Kaget
Tak hanya berhenti sampai di situ, psikolog Robert Plutchick mengagas konsep “wheel of emotions” yaitu jenis emosi yang muncul ketika ada beberapa perasaan berpadu.Menurut teorinya, ketika ada gabungan beberapa jenis emosi dasar manusia, maka bisa muncul jenis perasaan baru. Contohnya rasa bahagia dan percaya bisa berpadu menjadi cinta dan kasih sayang.Lebih jauh lagi, penelitian tahun 2017 yang dirilis di Proceedings of National Academy of Sciences mendeteksi lebih banyak lagi jenis emosi. Dalam studi ini, manusia bisa memiliki 27 kategori yang berbeda.Bila disimpulkan, ada gradiasi perasaan yang dialami manusia. Ini pula yang membuat interaksi sosial menjadi penuh warna.

Mengenali emosi dasar manusia

Untuk mengenal lebih jauh lagi tentang emosi dasar manusia, berikut penjabarannya:

1. Kebahagiaan

dua perempuan tersenyum
Senyum adalah salah satu ekspresi bahagia
Dari seluruh jenis emosi, kebahagiaan adalah yang paling dicari. Penjelasannya adalah kondisi emosional nyaman dengan ciri merasa puas, senang, bersyukur, memenuhi kebutuhan, dan mengenali diri sendiri.Sejak tahun 1960-an, studi seputar kebahagiaan terus berkembang utamanya dalam cabang psikologi positif. Beberapa cara mengekspresikan kebahagiaan bisa berupa:
  • Ekspresi wajah: Tersenyum
  • Bahasa tubuh: Rileks
  • Intonasi suara: Berbicara dengan menyenangkan
Meski demikian, perlu diingat bahwa apa itu kebahagiaan bisa berbeda antara satu orang dan lainnya. Persepsi masyarakat juga turut berperan membentuk parameter bahagia. Menariknya, kebahagiaan juga dianggap berkaitan dengan kondisi tubuh sehat.

2. Kesedihan

Murung adalah ekspresi perasaan sedih
Ciri-ciri utama kesedihan adalah perasaan kecewa, sedih, tak berdaya, mood buruk, dan tidak minat. Dari waktu ke waktu, seseorang bisa merasakan emosi ini. Apabila berlangsung terus menerus, bisa berubah menjadi depresi.Beberapa cara mengekspresikan kesedihan bisa berupa:
  • Menangis
  • Mood buruk
  • Tubuh lesu
  • Tidak banyak bicara
  • Menarik diri dari orang lain

3. Ketakutan

Saat takut otak akan memunculkan respon fight or flight
Termasuk emosi dasar manusia yang kuat, ketakutan turut berperan dalam pertahanan diri seorang individu. Ketika menghadapi ancaman, akan muncul respons fight or flight. Itulah mengapa otot menjadi tegang, detak jantung lebih cepat, dan pikiran pun jauh lebih waspada.Beberapa ekspresi dari emosi ini bisa berupa:
  • Ekspresi wajah: Mata membesar
  • Bahasa tubuh: Berusaha menghindar atau bersembunyi
  • Reaksi fisiologis: Detak jantung dan napas lebih cepat
Cara seseorang bereaksi terhadap rasa takut berbeda-beda. Tak hanya itu, pemicunya bisa berbeda terutama pada orang dengan phobia spesifik.Di sisi lain, ada pula individu yang gemar mencari sumber ketakutan seperti pada olahraga ekstrem. Adrenalin yang muncul dari pengalaman ini membuatnya merasa senang dan antusias.

4. Muak

jijik termasuk ekspresi muak
Rasa Jijik termasuk ekspresi muak
Ada beberapa ciri yang ditunjukkan seseorang ketika merasa muak, di antaranya:
  • Bahasa tubuh: Memalingkan wajah dari objek pemicu
  • Reaksi fisik: Muntah
  • Ekspresi wajah: Mengernyitkan hidung
Pemicu munculnya rasa muak sangat beragam. Mulai dari rasa, bentuk, atau aroma yang menjijikkan. Hal yang umum memicu reaksi muak atau jijik adalah kondisi kotor, infeksi, darah, hingga kematian.Tak hanya objek, perilaku yang dianggap tidak bermoral atau kejam juga bisa membuat seseorang merasa muak.

5. Kemarahan

Mata melotot adalah ekspresi khas dari perasaan marah
Rasa yang muncul ketika mengalami kemarahan adalah frustrasi, bermusuhan, dan antagonisme menggebu-gebu terhadap orang lain. Ketika ada hal yang memicu rasa marah, manusia akan berupaya melindungi dirinya sendiri.Beberapa hal yang menunjukkan rasa marah di antaranya:
  • Ekspresi wajah: Muram atau menatap tajam
  • Bahasa tubuh: Berdiri tegak atau pergi
  • Intonasi suara: Berteriak atau membentak
  • Respons fisiologis: Wajah memerah dan keringat dingin
  • Perilaku agresif: Menendang, memukul, atau melemparkan barang
Tak selalu berupa emosi negatif, rasa marah bisa jadi hal yang baik. Jika digunakan dengan tepat, kemarahan dapat menjadi hal konstruktif dalam sebuah hubungan. Ini juga memicu seseorang menemukan solusi atas sebuah masalah.

6. Kaget

wanita terkejut membaca pesan di hp
Mata terbelalak adalah ciri khas perasaan terkejut
Rasa kaget umumnya berlangsung singkat ketika mengalami hal di luar ekspektasi. Perasaan ini bisa positif, negatif, atau netral. Beberapa hal yang menunjukkan reaksi kaget di antaranya:
  • Ekspresi wajah: Alis naik, mata melebar, mulut terbuka
  • Respons fisik: Melompat
  • Reaksi verbal: Berteriak
Rasa kaget bisa membuat seseorang mengingat suatu kejadian lebih lama. Sebut saja kejadian 9/11 yang mengejutkan dan hingga kini masih menjadi hal yang teringat jelas karena membuat kaget.

Ada banyak lagi teori seputar emosi dasar manusia yang terus berkembang. Hal ini sangat berpengaruh terhadap cara berinteraksi dengan orang lain hingga mengambil keputusan.Untuk tahu bagaimana kompleksnya emosi serta cara validasinya dengan tepat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di .
gangguan mentalkesehatan mentalpola hidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/an-overview-of-the-types-of-emotions-4163976
Diakses pada 23 November 2020
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0277953615301222?via%3Dihub
Diakses pada 23 November 2020
PNAS. https://www.pnas.org/content/114/38/E7900
Diakses pada 23 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait